Pilihan Investasi Menguntungkan yang Bisa Kamu Mulai Lakukan

Tahun 2017 sudah memasuki satu semester. Sudahkah Anda merasa perubahan positif pada diri Anda terjadi? Terutama pastinya dari segi keuangan, sudahkah semua sesuai dengan resolusi pribadi di awal tahun kemarin. Bila belum sebaiknya segera direvisi dan ditata ulang, mumpung tahun ini baru berumur separuh jalan.

Buat yang sudah punya pemasukan tetap, dan masih ingin mendapatkan tambahan pemasukan lagi, investasi rasa-rasanya adalah pilihan yang paling sempurna untuk itu. Selain uang tidak akan begitu saja meluncur deras karena habis tergerus kebutuhan. Berinvestasi juga akan membawa manfaat di masa mendatang kala terdesak kebutuhan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Investasi Menguntungkan, Tidak Perlu Dimulai dengan Modal Besar

Sukses di usia muda, jadi kaya dan punya banyak uang. Selanjutnya mau dikemanakan uang tersebut, beberapa mungkin menjawab ditabung, membeli rumah tinggal, mobil atau kendaraan lain, atau yang lebih ekstrem membeli kesenangan yang tertunda. Semua sah-sah saja untuk orang muda apalagi yang telah merasakan susahnya mencari uang dan menggapai impian. Kira-kira investasi apa saja yang cenderung membawa keuntungan selama tahun 2017 ini? Berikut ini rangkumannya.

1. Emas

emas
Emas

Sudah dari dulu emas dikenal sebagai salah satu bentuk investasi. Harganya yang cenderung jarang berfluktuasi, atau kalaupun fluktuatif emas cenderung mengalami kenaikan. Alasan ini tentu adalah yang paling sempurna kenapa sangat pas jadi investasi.

Di luar itu, dikala membutuhkan uang tunai, emas bisa langsung dijual untuk mendapatkan uang tunai. Tentu saja bila dengan cara ini bisa jadi menjual saat ada penurunan harga. Tapi setidaknya itu lebih baik ketimbang Anda sama sekali tidak punya simpanan atau investasi bukan?

2. Mobil dan Motor

mobil
Mobil

Belakangan ini aplikasi ojek online baik untuk mobil dan motor yang menjamur dan banyak diminati warga. Ada peluang investasi dari model bisnis seperti ini bagi mereka yang jeli dan punya kendaraan lebih dari satu. Dengan demikian mobil dan motor bukan hanya jadi benda simpanan yang teronggok di garasi dan tak menghasilkan. Dengan menyewakan kendaraan yang dimiliki, biaya untuk melakukan perawatan bisa diperoleh dari uang hasil rental kendaraan tersebut.

3. Rumah dan Tanah

rumah
Rumah

Rumah dan tanah merupakan aset penting dalam bidang properti. Keduanya sengaja dijadikan dalam satu topik. Ini karena meski ada sedikit perbedaan, kedua aset ini bisa jadi media investasi yang sangat menguntungkan bagi yang punya dana berlebih. Dengan membeli rumah atau tanah ada kemungkinan kenaikan harga pertahun yang cukup tinggi, berkisar antara 10-15% setiap tahunnya.

Sebagai contoh, bila pada tahun 2017 seseorang membeli tanah dengan harga 150 juta, ada kemungkinan di tahun berikutnya bisa dijual lagi dengan keuntungan minimal mengacu pada kenaikan harga properti sebesar 165-170 jutaan, dan bahkan bisa saja lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Manfaat Investasi Meski Dalam Skala Kecil

4. Apartemen

apartemen
Apartemen

Apartemen adalah salah satu bentuk investasi properti yang juga menguntungkan. Dari segi kepemilikan ada beberapa manfaat dalam berinvestasi dari sisi yang ini, pertama karena tentu saja bila dijual akan ada kenaikan dalam waktu beberapa tahun mendatang. Sedangkan di sisi yang lain, apartemen juga memiliki likuiditas yang cukup baik. Apartemen terutama yang berlokasi di daerah yang cukup strategis akan sangat tepat untuk bisa disewakan kembali.

Nilai sewa apartemen pertahun lebih mahal daripada rumah tinggal. Terlebih bila sudah dilengkapi dengan kebutuhan semacam perabot dan sejenisnya. Untuk itu, tidak ada salahnya pula bila mencoba menginvestasikan uang ke salah satu instrumen investasi yang satu ini. Memiliki apartemen juga bisa dipakai sendiri tentunya sama seperti fungsi dari rumah tinggal pada umumnya.

5. Reksa Dana

logo reksa dana
Logo Reksa Dana via blogspot.com

Kondisi perekonomian yang ditengarai sedang membaik, tingkat inflasi yang terukur serta fluktuasi kurs Rupiah cenderung stabil merupakan saat yang tepat untuk mencoba investasi yang satu ini. Terlebih untuk orang yang punya rencana keuangan jangka menengah dan panjang. Ditambah ada pilihan jenis reksa dana dalam bentuk saham, campuran atau pasar uang.

Secara prosentase, reksa dana saham berpotensi menuai hasil antara 18-25%, sementara untuk tipe pasar uang bisa ada pertumbuhan sekitar 5%. Tipe mana yang ingin dipilih semua bergantung pada kemauan masing-masing. Tapi sebagai tips, para pakar keuangan menyarankan untuk tidak bertaruh pada satu tipe investasi saja. Ini karena ada kemungkinan gagal yang lebih besar.

6. Obligasi

obligasi
Obligasi

Sama seperti reksa dana, obligasi juga diperkirakan akan jadi salah satu investasi yang terpopuler di tahun ini. Pertumbuhannya berkisar antara 7-12%, dengan keunggulan lain dimana suku bunganya cenderung stabil, ini karena suku bunga obligasi tidak terpengaruh dengan inflasi maupun harga pasar obligasi.

Baca Juga: Apa Itu Obligasi? Inilah Penjelasan Lengkapnya

7. Bisnis Kuliner atau Makanan

raincake bogor
Bisnis Kuliner via wordpress.com

Bisnis yang ini sangat pas dan cocok untuk siapa saja yang doyan dengan utak-atik resep. Sebab siapa sangka bahwa bisnis kuliner atau makanan adalah salah satu investasi yang  menguntungkan. Dari sekian banyak pengalaman, orang bisa menuai hasil yang cukup lumayan dengan berbisnis makanan atau membuka sebuah franchise kuliner tertentu.

Modalnya yang kecil, perkiraan modal awal sebesar 10 juta maka kita sudah bisa memulai tipe bisnis kuliner. Disisi lain, pangsa pasar makanan dan kuliner selalu terbuka lebar. Ini dikarenakan tipe bisnis ini yang menyentuh kebutuhan pokok manusia yaitu makan dan minum. Sisanya agar bisa survive di bisnis ini tentu diperlukan keberuntungan, tekad yang kuat serta gabungan antara kreatifitas dan kepekaan membaca kebutuhan pasar.

Lebih Cepat Lebih Baik

Mencoba berinvestasi ada baiknya dimulai sedari dini. Ini agar hasil yang kelak dipetik dapat memuaskan. Tentu saja dengan berbagai pertimbangan serta menyesuaikan kemampuan. Investasi yang baik tentu yang bisa mencapai likuiditas artinya ada pertumbuhan serta terdapat aliran dimana uang yang dikeluarkan akan bisa kembali dengan jumlah tertentu di masa yang akan datang.

Tentu saja, sebelum menjatuhkan pilihan pada satu instrumen investasi tertentu, kita perlu mempelajari dan peka terhadap perubahan yang terjadi. Terutama bila menyangkut investasi berbasis surat-surat berharga seperti obligasi, reksa dana atau saham serta sejenisnya. Terutama investasi dengan tipe saham, atau reksa dana. Seorang calon investor harus memahami kondisi pasar. Ini karena kondisi pasar menjadi satu patokan tindakan seperti apa yang harus diambil.

Baca Juga: 5 Jenis Sertifikat Properti yang Mesti Anda Punya