Pilihan Situs Crowdfunding Indonesia untuk Diajukan Sumber Dana

Melihat perkembangan perekonomian di Indonesia saat ini, perbandingan antara tenaga kerja dan lapangan pekerjaan yang tersedia sangat berbeda jauh yang membuat banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan.

Tingginya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak membuat sebagian dari mereka yang generasi muda mulai mencoba menjadi wirausahawan dengan membuka lapangan kerja baru yang inovatif. Selain didukung oleh kreativitas yang tinggi, pada masa ini terdapat berbagai macam fasilitas dan cara untuk dapat memulai sebuah usaha baru atau start-up. Salah satu fasilitas yang tersedia pada zaman modern ini adalah terdapatnya berbagai pilihan untuk menggalang dana.

Dari berbagai situs tersebut terdapat situs – situs dengan tipe crowdfunding yang dimana Anda dapat menaruh ide mengenai apa yang akan dibuat dengan kreatif yang tinggi. Ide dan konsep tersebut kemudian akan disebarluaskan ke masyarakat umum agar mereka bisa melihatnya dan memberikan sumbangan dana jika ide benar – benar unik dan menarik perhatian mereka.

Bila Anda tertarik untuk menggalang dana melalui situs jenis ini, maka perhatikan dulu sedikit trik dasar yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan ide dan memilih situs crowdfunding Indonesia.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Siapkan Proposal yang Menarik

proposal
Siapkan proposal yang menarik

Walaupun ide atau gagasan yang diajukan cemerlang dan unik, namun tanpa penyampaian yang tepat melalui proposal, maka orang – orang juga tidak akan tertarik untuk mendanainya. Dengan proposal yang menarik, orang – orang akan berusaha melihat visi dan misi dari ide yang Anda ajukan tersebut. Agar semakin menarik perhatian para calon donatur atau investor, tak ada salahnya buat konsep proposal dengan desain yang menarik juga.

2. Lakukan Monitoring Proposal

monitoring
Lakukan monitoring proposal

Setelah proposal tersebut berada di tangan crowdfounding, maka Anda perlu mengawasi perkembangannya mulai dari tanggapan hingga persetujuan untuk mendanai. Apabila tidak mencapai ekspektasi, mungkin ada kesalahan atau ide kurang menarik. Sebaiknya jangan menunda waktu untuk memperbaiki proposal tersebut, kemudian unggah kembali ke dalam situs crowfunding yang dipilih.

3. Lakukan Promosi Terhadap Ide

promosi
Lakukan promosi terhadap ide

Bila hanya menunggu tanpa melakukan apa – apa terhadap ide yang sudah diajukan ke salah satu situs crowdfunding, maka kemungkinan pendanaan terhadap ide tidak akan berjalan sesuai harapan. Untuk itu, perlunya melakukan promosi dan memberi tahu kepada masyarakat bahwa Anda serius untuk mewujudkan ide tersebut.

Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial mulai dari facebook, twitter, instagram, youtube.

Baca Juga: 6 Alasan Galang Dana Crowdfunding untuk Usaha Itu Sebuah Solusi

Pilih Situs Crowdfunding Terpopuler di Indonesia

Bila sudah memahami bagaimana trik dasar yang dibutuhkan untuk menggalang dana melalui situs crowdfunding, langkah berikutnya adalah menentukan situs manakan yang menjadi pilihan Anda. Berikut ini ada empat situs crowdfunding Indonesia yang bisa menjadi alternatif untuk menggalang dana, di antaranya:

1. Akseleran

Situs yang satu ini merupakan sebuah media bagi para calon pengusaha yang membutuhkan modal dengan menyalurkan dana dari para orang yang ingin berinvestasi kepada mereka yang membutuhkan modal. Dana yang diberikan oleh para investor tersebut dapat berupa pinjaman atau agunan.

Akseleran ini lebih memusatkan bantuannya kepada para wirausahawan yang ingin membangun Usaha Kecil Menengah (UKM), namun tidak memiliki modal yang memadai. Akseleran menawarkan bunga pinjaman yang kompetitif dengan berbagai fleksibilitas yang mereka tawarkan untuk memudahkan para pencari modal.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pencari modal dengan syarat yang terbilang fleksibel, Akseleran juga membuka peluang bagi mereka yang ingin berinvestasi walaupun hanya memiliki modal paling sedikit Rp100 ribu.

2. Gandengtangan

Seperti halnya akseleran, Gandengtangan juga situs pengumpulan dana. Dana tersebut diperoleh dari para investor lalu disalurkan kepada mereka yang proposalnya telah diterima oleh situs ini. Sebagian besar dari proposal yang muncul di situs adalah Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang membutuhkan pendanaan tidak begitu besar.

Uniknya, situs ini memiliki visi agar para investor dan pengusaha kecil dapat bergandengan tangan bersama demi membangun sebuah usaha menjadi lebih maju dengan sistem simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Melalui portal tersebut, Gandengtangan berupaya untuk lebih memajukan usaha – usaha mikro yang ada di Indonesia.

Hingga saat ini Gandengtangan sudah menyalurkan dana lebih dari Rp5,4 miliar kepada lebih dari 1.400-an pengusaha mikro di seluruh Indonesia.

Gandengtangan juga sudah memiliki lebih dari 11 ribu member yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Untuk Anda yang ingin menjadi investor di Gandengtangan, bisa dimulai dari jumlah yang sangat sedikit, yakni Rp50 ribu dan akan mendapatkan keuntungan sesuai persentase yang dijanjikan.

3. Kitabisa

Kitabisa merupakan salah satu situs crowdfunding yang cukup berbeda dengan dua situs sebelumnya. Situs ini memang menjadikan wadah penyalur dana bagi orang – orang yang ingin mengumpulkan dana tapi Kitabisa tidak hanya untuk penyalur modal usaha saja, situs yang baru saja berjalan ini juga memberikan pendanaan untuk berbagai macam keperluan lainnya seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan projek – projek lainnya.

Namun, Kitabisa tidak memberikan janji investasi kepada para penggelontor dana. Artinya, Kitabisa lebih berfokus kepada pencarian dana amal dan sukarela tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis – bisnis lainnya.

Untuk jenis modal usaha ini, Kitabisa tidak berdiri sendiri. Mereka melakukan kerjasama dengan sebuah lembaga crowdfunding lainnya yang bernama HIJAW milik Ivan Nanto yang dibantu dengan anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Hingga saat ini, situs yang telah memiliki member lebih dari satu juta orang di seluruh Indonesia ini sudah menyalurkan dana lebih dari Rp450 miliar ke dalam bentuk berbagai donasi dan zakat kepada sekitar 16 ribu campaign yang memberikan proposalnya kepada Kitabisa.

Baca Juga: Apa Perbedaan Peer-To-Peer (P2P) Lending dengan Crowdfunding? Ini Penjelasannya

4. Kolase

Kolase adalah salah satu situs crowdfunding yang terbilang unik. Situs ini bukan untuk modal usaha bisnis melainkan wadah yang memfasilitasi dan menjadi penyalur dana dari para donatur untuk para seniman – seniman demi mewujudkan karya mereka.

Situs ini mengajak semua orang yang merasa bahwa karya seni atau acara seni yang ingin dibuat buat atau sudah dapat menjual dan diterima di pasaran. Kolase mengajak para seniman untuk semakin percaya diri bahwa mereka dapat dikenal dan menjadi seorang seniman yang dikenal.

Jenis dari karya seni yang diterima oleh Kolase juga beragam. Mereka menerima proposal atau ide – ide mewujudkan karya seni seperti album musik, buku, acara live, konser, tur, hingga acara amal.

Kolase sudah menyalurkan total dana yang mencapai lebih dari Rp700 juta ke dalam 39 kolaborasi yang berhasil mereka ciptakan. Hingga saat ini, situs crowdfunding yang berfokus kepada seputar wilayah karya – karya seni  sudah memiliki member sebanyak 15.714 anggota di seluruh Indonesia.

Kapan Anda Akan Mulai?

Melihat banyaknya cara untuk mendapatkan pendanaan untuk berbagai jenis usaha ataupun kegiatan yang ingin dilakukan pastinya akan memberikan motivasi untuk memulai sesuatu yang baru. Apalagi di masa sekarang ini, setiap orang dituntut untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif di bidang yang disukai tentunya, baik meniti karir di bidang bisnis atau menjadi seniman.

Jadi, tunggu apa lagi, mulailah konsepkan ide – ide kreatif Anda untuk siap diwujudkan. Tidak perlu khawatir menyoal kekurangan modal, manfaatkan situs crowdfunding terpercaya untuk pinjaman modal.

Baca Juga: 11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha