Pilihan Tempat untuk Olahraga Ekstrim yang Seru untuk Dicoba

Berlibur bisa dinikmati dengan berbagai cara yang menyenangkan, tentunya yang sesuai dengan minat kita masing-masing. Ada banyak destinasi liburan yang indah di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan, yang konon jumlahnya bahkan akan sulit untuk habis kamu kunjungi dalam kurun waktu setahun penuh. Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa, dan inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama pariwisata negeri kita.

Bagi kamu yang menyukai aktifitas olahraga adrenalin, ada banyak pilihan destinasi yang dapat kamu jadikan pertimbangan. Bukan wisata yang biasa-biasa saja, beberapa destinasi wisata ekstrim ini bahkan hanya ada di Indonesia. Artinya, kamu tidak akan menemukan destinasi yang serupa atau bahkan mirip di belahan bumi manapun.

Pada umumnya, sebagian destinasi wisata ekstrim ini sudah dikelola dengan baik dan profesional, sehingga kamu bisa melakukan kegiatan dengan nyaman di sana. Namun, pastikan kamu membawa perlengkapan yang memadai saat melakukan wisata seperti ini, agar keamanan kamu selama berwisata tetap bisa terjaga dengan maksimal.

Pilih Destinasi Terbaik

Ada banyak pilihan olahraga adrenalin yang dapat kamu temukan di berbagai wilayah, sehingga kamu akan leluasa untuk memilih salah satu yang paling sesuai dan diminati. Pastikan kamu memilih destinasi dan jenis olahraga adrenalin yang paling tepat, agar perjalanan wisata olahraga ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi diri kamu. Persiapkan dengan matang dan nikmati olahraga adrenalin pilihanmu dengan menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga adrenalin yang seru dan sangat layak untuk dicoba:

1. Menjelajahi Goa Jomblang

loader
Goa Jomblang via piknikasik.com

Yogyakarta memang memiliki berbagai destinasi wisata yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Untuk kamu yang menyukai olahraga adrenalin, kamu wajib mengunjungi destinasi yang satu ini saat ke Yogyakarta. Terletak di desa Pacarejo, Gunung Kidul, Goa Jomblang menyimpan keindahan yang luar biasa. Goa unik yang berbentuk vertikal ini harus kamu masuki dengan bantuan pemandu profesional, lengkap dengan peralatan yang memadai dan sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Berbeda dengan Gua lainnya, Gua Jomblang memang memiliki medan yang sangat sulit dan membutuhkan keahlian khusus ketika memasukinya, sebab kamu akan menuruninya dengan bantuan tali saja. Hal ini tentu akan memacu adrenalin, terutama bagi kamu yang tidak begitu menyukai ketinggian.

Namun, setelah turun dan tiba di dasar gua, kamu bisa menikmati keindahan yang luar biasa. Gua ini memiliki hutan purba yang khas, sebab minim dengan cahaya matahari. Dari dalam gua, kamu juga bisa menikmati keindahan cahaya matahari yang masuk melalui mulut gua, dan dijamin ini akan memberikan pengalaman menakjubkan buat kamu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

2. Berenang Bersama Hiu Paus di Botubarani

loader
Berenang Bersama Hiu Paus di Botubarani via blogspot.com

Jika selama ini kamu hanya menikmati liburan di laut dengan sensasi yang biasa-biasa saja, maka kamu perlu mencoba yang satu ini. Kamu bisa berenang bersama hiu paus yang terdapat di desa Botubarani, Gorontalo. Di sini ada 3 ekor hiu paus yang bisa kamu dekati dengan cara memancing kedatangan mereka menggunakan kulit udang.

Tidak perlu repot, umpan kulit udang ini bisa kamu dapatkan dari nelayan setempat di sana. Kamu akan menikmati sensasi serta pengalaman luar biasa saat berenang bersama binatang laut berukuran jumbo ini.

3. Panjat Tebing di Lembah Harau

loader  
Lembah Harau via phinemo.com

Olahraga yang satu ini, khusus buat kamu yang memiliki keahlian panjat tebing dan suka bergelantungan ekstrim di tebing-tebing yang tinggi menjulang. Lembar Harau terletak di Payakumbuh wilayah Sumatera Barat dan memiliki tingkat kesulitan yang terbilang tinggi, sehingga hanya kamu yang profesional saja yang dianjurkan untuk menikmati olahraga panjat tebing di lokasi ini.

Lembah dengan ketinggian mencapai 300 meter ini memiliki keindahan yang luar biasa dan terdiri dari beberapa bukit indah yang dihuni oleh habitat monyet berekor panjang. Di tempat ini, kamu juga bisa menemukan beberapa air terjun indah yang masih sangat alami. Kamu bisa melakukan panjat tebing dan sekaligus menikmati keindahan alami Lembah Harau yang menakjubkan secara bersamaan.

4. Mengunjungi Komodo di Taman Nasional Komodo

loader  
Taman Nasional Komodo

Kawasan ini akan menjadi destinasi pilihan bagi kamu yang menyukai aktifitas ekstrim di alam liar. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan ketika berwisata, terutama ke kawasan seperti Pulau Komodo yang masih dihuni oleh Komodo dan binatang lainnya secara liar (alami). Pastikan kamu akan selalu mengunjungi tempat seperti ini dengan menggunakan layanan pemandu wisata setempat.

Di kawasan yang terdiri dari beberapa pulau ini, kamu bisa menemukan binatang komodo dalam berbagai ukuran di Pulau Rinca. Komodo termasuk ke dalam binatang predator, jadi sangat penting untuk selalu waspada dan menjaga jarak aman ketika bertemu dengannya. Kamu bisa menikmati wisata alam liar ala Afrika di kawasan pulau yang terdapat di Nusa Tenggara Timur ini.

Baca Juga: 10 Tempat Berlibur Terbaik dan Termahal Di Dunia

5. Menikmati Bungee Jumping di Kuta

loader  
Bungee Jumping di Kuta Bali via blogspot

Keindahan Pulau Dewata tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Di sini kamu bisa menemukan berbagai destinasi wisata sekaligus, termasuk bungee jumping yang memacu adrenalin. Jika memiliki keberanian untuk mencoba olahraga ekstrim ini, maka kamu bisa mengunjungi Pantai Seminyak Bali dan melakukannya bungee jumping dengan peralatan yang sudah sangat memadai. Nikmati sensasi melompat dari ketinggian hingga 45 meter di tempat ini, dan rasakan sensasi adrenalin yang luar biasa.

6. Wisata ke Kuburan Trunyan

loader
Kuburan Trunyan via indonesiakaya.com

Lupakan pekuburan yang indah atau bahkan dilengkapi dengan jejeran nisan yang rapi. Di tempat ini kamu tidak akan menemukan kuburan seperti yang lazim kamu temukan di tempat lainnya. Trunyan memiliki keunikan sendiri yang tidak akan kamu temukan di tempat lainnya. Di sini jenazah tidak dimakamkan ke dalam tanah, melainkan hanya diletakkan pada bale terbuka yang terdapat di kawasan tersebut.

Bisa kamu bayangkan, bagaimana jenazah tersebut kemudian mengalami proses penguraian dan hanya menyisakan tengkorak serta tulang belulang saja, dan semua ini bisa kamu lihat secara langsung di alam terbuka. Jika kamu cukup berani, maka kamu wajib mengunjungi kawasan yang terletak di wilayah Gunung Batur ini.

7. Mendaki Gunung Semeru

loader  
Gunung Semeru

Menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru juga menjadi tempat yang tepat untuk kamu menguji adrenalin. Medannya terbilang sulit, sehingga sangat disarankan untuk memiliki keahlian mendaki saat mencoba menaiki gunung yang satu ini.

Persiapan mental dan juga fisik tentu akan sangat dibutuhkan untuk bisa mencapai titik tertinggi dan menikmati sensasi berada di atas awan. Saat melakukan pendakian di Gunung Semeru, kamu akan disuguhi dengan keindahan alam yang luar biasa, termasuk Danau Ranukumbolo yang terkenal itu.

Baca Juga: Ini Dia Ide Tempat Liburan Selama Musim Hujan

8. Menjajal Paralayang di Matantimali

loader  
Paralayang di Matantimali via rula.co.id

Suka ketinggian dan paralayang? Destinasi yang berada di Pegunungan Matantimali, kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat buat kamu. Lokasinya hanya berjarak 30 km dari kota Palu, sehingga kamu akan mudah mencapainya. Lokasi ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Kamu bisa menikmati sensasi berparalayang sepanjang tahun di tempat ini, sebab cuaca dan anginnya memang sangat mendukung.

9. Kereta Gantung, Yogyakarta

loader  
Kereta Gantung, Yogyakarta via spotunik.com

Ini bukan kereta gantung seperti yang bisa kamu temui di kawasan Eropa, namun jauh lebih sederhana dan menantang adrenalin kamu saat menaikinya. Berada di Pantai Timang, Gunung Kidul, kereta gantung ini hanya terdiri dari papan sederhana yang diikatkan pada tambang.

Kereta gantung ini pada awalnya hanya digunakan oleh nelayan setempat untuk mencapai pulau karang yang jaraknya sekitar 100 meter dan menjadi habitat lobster di kawasan tersebut. Berada 50 meter di atas laut berombak besar, sensasi menggunakan kereta gantung ini tentu akan sangat menakjubkan, mengingat masih ditarik secara manual. Jika kamu ingin merasakan sensasi ini, maka kamu wajib mencobanya.

10. Berselancar di Mentawai

loader  
Berselancar di Mentawai via wp.com

Kepulauan yang terdapat di kawasan Sumatera ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk berselancar. Bukan hanya peselancar lokal yang mendatanginya, namun sejumlah peselancar profesional dari luar negeri juga sering menikmati ombak di pantainya yang indah. Kawasan ini menjadi salah satu yang terbaik untuk surfing. Ada beberapa pulau kecil yang yang bisa kamu jadikan spot surfing, lengkap dengan keindahan yang luar biasa tentunya.

Lokasi Terbaik dengan Olahraga Pilihan

Memiliki hobi olahraga ekstrim dan memacu adrenalin, kamu tentu sering bermimpi untuk bisa mengunjungi berbagai lokasi baru yang menantang. Di Indonesia, kamu bisa menemukan banyak destinasi seperti ini, lengkap dengan kegiatan yang sangat beragam dan menyenangkan. Kunjungi destinasi pilihan kamu dan nikmati sensasi adrenalin yang menakjubkan di sana.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller