Pilihlah Kredit Motor Terbaru dengan Tips Lengkap Berikut Ini

Hingga saat ini, sepeda motor atau motor masih menjadi primadona alat transportasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini tentu tak lepas dari beberapa keuntungan, seperti harga terjangkau dan solusi menghemat ongkos, sehingga jumlah penggunanya meningkat dari tahun ke tahun. Penggunaan dan perawatannya yang terbilang praktis menjadi salah satu alasan mengapa motor memiliki segmen pasar yang cukup luas. Bukan hanya itu, ketersediaan tipe dan harga yang variatif tentu turut memengaruhi hal tersebut.

Bagi yang berniat untuk memiliki sepeda motor, Anda tentu wajib menyediakan sejumlah dana. Meskipun terbilang cukup banyak di pasaran, harga motor berada pada angka puluhan juta rupiah, tergantung tipe dan jenis yang akan dibeli. Ini patut menjadi pertimbangan sejak awal. Sebab apabila ketersediaan dana tidak mencukupi, salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah mengajukan kredit.

Baca Juga: Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport

Tips Membeli Motor Secara Kredit

Sebagaimana pengajuan kredit lainnya, beberapa hal harus dipertimbangkan dengan matang dan penuh perhitungan. Kredit merupakan sejumlah utang/kewajiban yang harus dipenuhi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sejak awal sehingga sangat penting bagi Anda untuk memastikan hal tersebut tidak akan mengganggu keuangan.

Tidak ada yang salah dengan pembelian motor ataupun barang lainnya secara kredit. Selama hal tersebut dilakukan dengan terencana dan sesuai dengan kondisi keuangan. Dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut, proses pengajuan hingga pelunasan kredit pasti akan bisa berjalan dengan lancar. Simak beberapa tips di bawah ini yang harus Anda pertimbangkan saat memilih untuk mengajukan kredit motor baru.

1. Pilih Motor yang Tepat dan Sesuai

Tipe Motor Terbaru

Berbagai Tipe Sepeda Motor via motoclinicdejuarez.com

 

Hal pertama yang wajib untuk dipahami sejak awal adalah mengenai kebutuhan Anda akan sepeda motor. Inilah yang menjadi faktor penentu bagi Anda dalam pengajuan kredit. Jadi, sangat penting untuk memahami kebutuhan Anda dengan tepat sejak awal agar pembelian ini dapat berjalan dan memberikan manfaat yang maksimal.

Pilih motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Artinya, kendaraan tersebut dapat memenuhi semua kebutuhan Anda sebagai alat transportasi. Sepeda motor yang Anda pilih harus bisa digunakan dengan maksimal untuk menunjang kelancaran aktivitas di luar rumah. Tidak harus selalu yang paling mahal. Sebab bisa jadi Anda hanya membutuhkan sepeda motor tipe matic sehingga anggota keluarga lainnya juga bisa menggunakannya jika sewaktu-waktu diperlukan.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Apa pun jenis motor dan tipe yang akan Anda pilih, memang harganya mesti sesuai dengan kemampuan keuangan Anda sekalipun pembeliannya dilakukan dengan cara kredit. Lihat dan ketahui dengan jelas bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Hal tersebut bertujuan agar berbagai kebutuhan lainnya tidak akan terganggu dengan adanya pembelian motor secara kredit.

Tidak perlu menghabiskan semua dana tabungan atau dana cadangan yang Anda miliki untuk pembelian sepeda motor. Sebab ada sejumlah hal penting lainnya yang masih membutuhkan dana. Jangan lakukan kesalahan dengan mengalokasikan semua dana yang Anda miliki untuk membeli sepeda motor. Hal ini akan berisiko besar terhadap keuangan Anda.

3. Lakukan Simulasi Awal

Kredit Motor Murah

Simulasi Kredit Sepeda Motor via cermati.com

 

Selalu pastikan untuk melakukan simulasi awal terhadap pengajuan kredit sepeda motor agar besaran biaya dan kemampuan keuangan dapat dilihat dengan jelas. Hal ini akan memberikan Anda gambaran yang jelas mengenai pembelian kredit yang akan Anda lakukan. Anda bisa mempertimbangkan beberapa jenis motor sekaligus dan memilih salah satu yang kira-kira paling sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan Anda.

Saat ini simulasi dapat dilakukan dengan mudah, tanpa perlu mendatangi leasing atau dealer. Anda dapat melakukannya sendiri melalui layanan internet dengan cara masuk ke website keuangan atau layanan perbankan lainnya. Di sana Anda bisa melakukannya secara online dan mudah.

4. Temukan Dealer dan Leasing Terbaik

Pastikan Anda memilih dealer terbaik di dalam pembelian ini. Setidaknya harus memiliki reputasi yang mumpuni dalam layanan tersebut. Tidak perlu sungkan menanyakan berbagai hal yang ingin Anda ketahui mengenai pembelian kredit yang akan Anda lakukan. Sebab sudah semestinya Anda memang harus memahami hal tersebut secara detail.

Pada umumnya, pihak dealer akan mereferensikan beberapa leasing yang bisa Anda pilih dan gunakan dalam pembelian tersebut. Namun, kalau Anda merasa kurang cocok dengan pilihan yang ditawarkan, tidak ada salahnya untuk mencari dan memilih leasing di luar referensi tersebut. Pilih leasing terbaik dengan penawaran yang paling menguntungkan. Artinya, berbagai syarat dan kebijakannya tidak akan menyulitkan. Beberapa poin di bawah ini patut Anda cermati di dalam pemilihan leasing tersebut, di antaranya:

  • Persyaratan pengajuan yang diterapkan

Jangan sampai Anda mengalami kesulitan dalam memenuhi hal ini. Hanya karena leasing meminta sejumlah syarat yang terlalu merepotkan dan menyulitkan bagi Anda, pengambilan sepeda motor secara kredit jadi urung dilakukan.

  • Besaran bunga dan biaya yang diterapkan

Pastikan Anda memilih leasing yang paling menguntungkan. Misalnya, leasing yang menawarkan bunga kredit yang ringan dan biaya yang masuk akal di dalam pengajuan kredit tersebut.

  • Tenor yang ditawarkan

Sesuaikan tenor dengan kemampuan keuangan Anda, setidaknya jumlah cicilan tidak akan menyulitkan dan mengganggu pos lainnya di dalam keuangan.

  • Uang muka yang diminta

Pada umumnya, leasing akan meminta uang muka sebesar minimal 25% dari harga motor tersebut. Namun, sebagian lainnya memiliki kebijakan tersendiri tentang hal ini. Jadi, ada baiknya Anda mencermatinya sejak awal.

5. Lengkapi Semua Persyaratan yang Diminta

Persyaratan Kredit Motor

Lengkapi Persayaratan Kredit Motor via focus7shot.com

 

Untuk mempermudah proses pengajuan kredit motor Anda, jangan lupa untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta pihak dealer atau leasing. Hal ini akan memengaruhi keputusan yang Anda terima. Jadi, pastikan semua persyaratan telah sesuai dan terpenuhi dengan baik.

6. Hindari Uang Muka yang Rendah

Meskipun pihak leasing atau dealer hanya meminta uang muka minimal 25%, hal ini tidak harus selalu jadi patokan bagi Anda. Jika ternyata memiliki uang muka yang lebih besar dari jumlah minimal tersebut, ada baiknya Anda membayarkan uang muka yang lebih besar. Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka besaran utang akan semakin kecil dan secara otomatis besaran bunga utang juga akan berkurang. Uang muka yang besar juga akan memungkinkan Anda untuk memilih tenor cicilan yang paling singkat sehingga kredit motor Anda bisa terlunasi dengan cepat.

7. Gunakan Asuransi Terpercaya

Asuransi Terpercaya

Pilih Asuransi yang Tepat via marxlayne.com

 

Jangan lupa untuk selalu menyertakan layanan asuransi di dalam pembelian kredit yang akan Anda lakukan. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin menimpa kendaraan dan Anda nantinya, baik kecelakaan maupun tindak kejahatan (pencurian atau penggelapan). Pilih dan gunakan layanan asuransi dari perusahaan terpercaya agar Anda memiliki jaminan yang kuat atas produk yang Anda pilih.

8. Bayar dengan Disiplin

Setelah pengajuan kredit motor Anda disetujui, hal lainnya yang paling penting untuk selalu Anda ingat adalah melakukan pembayaran cicilan secara teratur. Hindari menunggak cicilan apalagi sampai gagal bayar. Sebab hal ini akan menyebabkan besarnya bunga yang harus dibayarkan ditambah dengan denda yang harus ditanggung. Bukan hanya itu, nama Anda bisa menjadi buruk di dunia perbankan akibat riwayat kredit yang buruk seperti itu.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sepeda Motor untuk Perempuan

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Selalu Pertimbangkan dengan Matang Sejak Awal

Berniat untuk membeli sepeda motor secara kredit maka Anda harus paham dengan baik mengenai berbagai syarat dan ketentuan terkait dengan hal tersebut. Sebab hal ini akan menjadi utang di dalam keuangan. Karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkannya dengan baik sejak awal. Pilih motor yang tepat dan rencanakan pengajuan kredit Anda dengan bijak sehingga pengajuan hingga pelunasannya bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Kredit Motor Melalui Cermati.com