Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB, Apa Plus Minusnya?

Kekurangan modal dalam memulai sebuah usaha bukanlah hal yang kemudian patut Anda jadikan sebagai sebuah alasan dalam menunda atau menggagalkan semua rencana usaha yang telah Anda miliki selama ini. Sebagai seorang calon pengusaha sukses, seharusnya Anda memiliki banyak pilihan yang bisa Anda jadikan sebagai solusi permasalahan tersebut.

Saat ini ada banyak bank dan lembaga keuangan yang menawarkan jasa layanan pinjaman dana tunai, di mana Anda dengan mudah bisa mengakses dan memilih jenis produk pinjaman mana yang paling sesuai dan layak untuk Anda jadikan sebagai pilihan. Banyaknya layanan pinjaman serupa dalam lembaga keuangan, membuat Anda sebagai seorang calon nasabah juga memiliki banyak pilihan dan opsi perbandingan, di mana hal ini bisa Anda jadikan sebagai sebuah jalan keluar bagi masalah keuangan yang Anda hadapi.

Baca Juga: Kenali Manfaat KMG Dan KTA Agar Tidak Salah Pilih

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan via blackstoneprivatemoney.com

 

Ada dua produk pinjaman dana dari perbankan yang paling banyak diminati dan menjadi produk paling populer selama beberapa waktu belakangan ini, yaitu: Pinjaman Tanpa Agunan (KTA) dan pinjaman dengan agunan. Meski memiliki kebijakan yang berbeda dalam setiap bank, namun pada dasarnya kita dapat melihat keuntungan dan kerugian yang hampir sama dari masing-masing produk yang ditawarkan oleh hampir setiap bank di Indonesia ini. Beberapa poin di bawah ini, bisa Anda jadikan sebagai bahan pembanding antara KTA dan kredit dengan agunan yang ditawarkan oleh bank.

  • Proses Pengajuan
    Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman dengan proses pengajuan yang sangat cepat, di mana untuk menentukan disetujui atau tidaknya sebuah pinjaman, bank hanya akan memerlukan waktu 2-5 hari saja. Bahkan dalam beberapa layanan bank, mereka menyediakan proses yang cepat, yakni hanya 24 jam saja.

    Sedangkan dalam pengajuan pinjaman dengan agunan, bank akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk melakukan proses pinjaman. Hal ini terjadi karena bank perlu melakukan proses apprasial atau sejumlah survey untuk menentukan nilai taksiran agunan yang diajukan oleh nasabah.
  • Persyaratan Pengajuan
    Pengajuan KTA hanya membutuhkan sejumlah persyaratan mudah dan dapat dipenuhi dalam waktu yang cukup singkat saja. Sedangkan di dalam pengajuan kredit dengan agunan, nasabah akan membutuhkan sejumlah persyaratan yang lengkap dan sedikit merepotkan karena harus melengkapi berbagai macam dokumen terkait dengan aset yang diajukan sebagai agunan pinjaman.
  • Jangka Waktu Pinjaman
    KTA memiliki jangka waktu pinjaman yang relatif pendek, di mana nasabah hanya akan diberi pilihan tenor dari 1-5 tahun saja, dan hal ini tentu saja menjadi kendala tersendiri bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman sebagai modal usaha yang biasanya membutuhkan waktu dalam pengembangannya. Di lain sisi, kredit dengan agunan justru menawarkan masa pinjaman yang sangat panjang, hingga mencapai 15 tahun masa pinjaman.
  • Suku Bunga
    KTA memiliki jumlah suku bunga yang tergolong besar, sedangkan pinjaman dengan agunan biasanya akan menawarkan suku bunga yang lebih kecil dan ringan.
  • Nilai plafon
    KTA termasuk pinjaman yang memberikan plafon rendah, meskipun bank pada umumnya menawarkan jumlah plafon antara Rp2 juta – Rp200 juta, namun pada kenyataannya bank sangat jarang memberikan plafon yang mencapai batas maksimal tersebut.

    Sedangkan kredit dengan agunan bisa memberikan nilai plafon yang sangat tinggi, bahkan hingga miliaran rupiah, di mana hal tersebut akan disesuaikan dengan nilai aset yang akan Anda ajukan sebagai agunan pinjaman.

Beberapa poin di atas tentu saja bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jenis pinjaman yang akan Anda ajukan. Sebagaimana jenis pinjaman lainnya, kedua pinjaman tersebut tentu memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri di dalam kebijakan yang telah ditetapkan oleh bank pada masing-masing jenisnya. Namun bila ternyata Anda memiliki aset yang bisa dijadikan sebagai agunan, maka tidak ada salahnya Anda mengajukan pinjaman dengan agunan sebagai sumber dana bagi usaha yang akan Anda jalankan.

Salah satu bentuk aset yang bisa Anda jadikan sebagai agunan adalah kendaraan bermotor Anda, di mana dalam hal ini Anda cukup mengajukan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang Anda miliki saja. Ada banyak bank dan pihak lembaga keuangan yang menawarkan jasa layanan pinjaman dengan agunan BPKB, salah satunya adalah Bank Mandiri.

Baca Juga: Ketahui Syarat Gadai BPKB Motor Di Bank, Apa yang Mesti Diperhatikan?

Pinjaman dengan Jaminan BPKB di Bank Mandiri

Pinjaman Jaminan BPKB

Pinjaman Jaminan BPKB via arcequity.com

 

Sebagai salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia, Bank Mandiri telah memiliki segudang pengalaman dan jaminan layanan di dalam usaha perbankan yang mereka jalankan. Anda tidak perlu ragu dengan kinerja dan sistem yang dimiliki oleh Bank Mandiri, di mana dengan mudah Anda bisa mengakses berbagai fasilitas dan kemudahan layanan yang mereka terapkan.

Mengajukan pinjaman di Bank Mandiri, akan memberikan Anda berbagai keuntungan yang belum tentu bisa Anda dapatkan di bank lainnya. Beberapa poin di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengajukan pinjaman di Bank Mandiri:

  • Tingkat Suku Bunga Pinjaman yang Bersaing
    Bank Mandiri menawarkan suku bunga yang sangat bersaing bila dibandingkan dengan sejumlah bank swasta lainnya yang memberikan jenis layanan pinjaman yang sama. Hal ini tentu saja akan menjadi pertimbangan khusus bagi Anda dalam mengajukan pinjaman karena hal ini akan mempengaruhi secara langsung jumlah cicilan Anda setiap bulannya.
  • Jaminan Keamanan atas Agunan yang Diajukan
    Bank Mandiri juga memberikan jaminan keamanan atas agunan yang Anda ajukan, di mana hal ini akan sangat penting untuk Anda pertimbangkan sebagai sebuah layanan karena akan menghilangkan banyak kekhawatiran Anda sebagai pihak yang mengajukan agunan.
  • Proses Pengajuan yang Relatif Cepat
    Proses pengajuan pinjaman di Bank Mandiri juga relatif cepat bila dibandingkan dengan bank lainnya, di mana hanya perlu waktu dalam beberapa hari saja untuk proses pengajuannya.
  • Nilai Plafon Pinjaman yang Besar
    Bank Mandiri juga memberikan nilai plafon yang besar bagi pinjamannya, jumlahnya bahkan bisa mencapai hingga 10 miliar bila Anda mengajukannya sebagai modal usaha. Nilai ini akan disesuaikan dengan nilai agunan yang Anda ajukan sebagai jaminan.

Syarat Pengajuan

Sebagaimana bank lainnya, Bank Mandiri juga memiliki beberapa persyaratan standar di dalam pengajuan pinjaman kredit mereka. Cermati beberapa syarat yang yang harus dipenuhi dalam mengajukan pinjaman di Bank Mandiri berikut ini:

  • Usia calon debitur harus di atas 21 tahun.
  • Usia calon debitur pada saat akhir masa pinjaman adalah maksimal 55 tahun.
  • Memiliki penghasilan/gaji tetap yang cukup dan disesuaikan dengan jumlah pinjaman yang akan diberikan.
  • Memenuhi persyaratan penilaian yang ditetapkan oleh Bank Mandiri.

Di dalam pengajuan pinjaman Anda, berikut ini adalah beberapa dokumen yang wajib Anda penuhi dalam pengajuan tersebut:

  • Fotokopi kartu identitas resmi (KTP) pemohon.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi serta BPKB asli yang akan dijadikan agunan.
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan (khusus karyawan)
  • Slip gaji asli dari perusahaan (khusus karyawan)
  • Fotocopy buku tabungan selama 3 bulan terakhir.
  • Pas foto berwarna, ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar.

Keuntungan Menjaminkan BPKB Motor

Bagi sebagian besar orang, menjadikan BPKB motor sebagai jaminan pinjaman ke bank adalah salah satu pilihan yang paling banyak dilakukan. Hal ini bisa dimaklumi karena akan memberikan beberapa keuntungan seperti di bawah ini:

  • Meski menjaminkan BPKB motor, nasabah tetap bisa menggunakan motor tersebut di dalam kesehariannya karena yang ditinggal di bank hanya BPKB saja.
  • Dengan menjaminkan BPKB motor, bisa saja Anda mendapatkan dana pinjaman dalam jumlah yang cukup besar.
  • Bila ternyata jumlah pinjaman yang Anda perlukan tidak terlalu besar, maka BPKB motor adalah pilihan jaminan yang tepat karena bila menjaminkan sertifikat rumah maka Anda harus mengambil jumlah pinjaman yang cukup besar.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Lengkapi dan Persiapkan Diri

Di dalam pengajuan pinjaman ke bank, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar pinjaman yang Anda ajukan bisa disetujui oleh bank. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah tentu saja melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, pastikan tidak ada yang ketinggalan. Miliki rasa percaya diri yang baik dan datangi bank dengan kondisi rapi dan meyakinkan agar pinjaman Anda bisa segera dicairkan.

Baca Juga: Kredit Multiguna dengan Jaminan Deposito, Apa Keuntungannya?