Pinjaman Tanpa Jaminan dengan KTA Terbaik, Ini Cara Memilihnya!

Kredit Tanpa Agunan atau disingkat KTA atau sering juga disebut dengan Personal Loan (PL) adalah sebuah produk bank, di mana nasabah dapat meminjam sejumlah dana/uang dari bank tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah, BPKB, SK, dan lain-lain.

Proses yang mudah serta cicilan dan bunga membuat KTA menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan dana cepat.

Berikut merupakan kriteria kredit tanpa agunan yang seharusnya dicermati sebelum memilih :

1. Reputasi Bank

Piih Bank Sesuai Kebutuhan Dan Keinginan Anda via cdn.ttgtmedia.com

Reputasi merupakan intangible atau aset tidak berwujud karena itu mencari tahu kondisi Bank yang akan dijadikan tempat pengajuan KTA menjadi hal yang penting.

Mulai dari seberapa mudah Anda mencari informasi tentang bank tersebut, berapa banyak nasabah yang dimiliki sampai dengan berapa banyak karyawan yang dimiliki oleh Bank tersebut. Sangat disarankan Anda memilih Bank yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

2. Bunga Cicilan 

Bunga Yang Rendah via c2.staticflickr.com

Semakin tinggi bunga, maka kewajiban cicilan pun akan semakin besar. Karena itu penting sekali menghitung bunga cicilan yang ditawarkan. Pelajari perhitungan suku bunga yang digunakan di Indonesia (Flat, Annuity, Effective). Pada umumnya Bank akan menerapkan bunga terendah sebesar 1% per bulan, atau 12% per tahun.

3. Limit Pinjaman KTA

Limit Pinjaman Tinggi

Limit Pinjaman via rapgenius.com

Setiap Bank memiliki regulasinya sendiri mengenai pengajuan KTA dan hal itu berlaku juga pada calon nasabahnya. Untuk itu ada baiknya Anda mencari informasi yang jelas berapa dana yang Anda butuhkan untuk memudahkan Anda memilih Bank yang tepat untuk mengajukan KTA. Karena tidak semua Bank akan memberikan limit pinjaman KTA sesuai dengan yang Anda minta.

Baca Juga: 5 Manfaat KTA yang Membuatnya Banyak Digunakan Orang

4. Pertimbangkan Jangka Pembayaran

Lihat Jangka Pembayaran yang Disediakan via blogspot.com

Pertimbangkan angka jangka waktu yang tidak terlalu lama agar terhindar dari biaya tambahan dan bunga. Karena semakin lama jangka waktu yang Anda ambil, maka bunga yang diberikan akan semakin tinggi. Umumnya jangka waktu yang diberikan mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

5. Biaya Tambahan

Pilih Yang Biaya Tambahannya Ringan via i1.tribune.com.pk 

Biaya di muka, provisi, bunga, meterai, penalti, sampai dengan biaya asuransi merupakan biaya tambahan yang akan Anda keluarkan nantinya. Besarnya biaya tambahan tergantung berapa besar pinjaman yang diterima. Oleh karena itu ada baiknya Anda mencari tahu berapa besar biaya tambahan tersebut dan mengkomunikasikannya kepada pihak Bank terkait.

6. Kecepatan Proses Pencairan 

Apakah Proses Pencairannya Cepat? via amazonaws.com

Carilah informasi berapa lama proses pencairan dilakukan serta dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk proses pencairan tersebut. Setiap pengajuan KTA memerlukan waktu untuk memprosesnya.    

7. Proses Pelunasan

Kemudahan Dalam Pelayanan via color.co.uk

Cari informasi apakah KTA memperbolehkan percepatan pelunasan sebelum waktunya. Serta pertimbangkan biaya penalti yang dikenakan. Karena jangan sampai Anda disulitkan akibat hal ini.

Cara mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) :      

  • Persiapkan Dokumen  Yang Dibutuhkan

Melengkapi data-data  dan dokumen yang dibutuhkan, tentu menjadi syarat  yang juga harus Anda penuhi dalam mengajukan KTA.  Seperti, fotokopi NPWP, Slip Gaji (Jika karyawan) atau fotokopi SIUP (jika memiliki usaha)

  • Memiliki Kartu Kredit Menjadi Poin Lebih

Memiliki kartu kredit tidak hanya menjadi poin lebih, namun juga menjadi yang paling utama dalam pengajuan  Kredit Tanpa Agunan (KTA). Melalui kartu kredit, Bank penyedia fasilitas KTA dapat memantau bagaimana pola pembayaran calon nasabah.

Apakah Anda sering terlambat dalam membayar tagihan dan over limit pemakaian kartu, atau malah jika Anda tidak pernah mengalami keterlambatan dalam pembayaran tagihan diserta pemakaian limit yang terkontrol akan menjadi poin lebih.

Untuk itu dibutuhkan setidaknya masa terbit atau berlaku sudah 1 tahun dari kartu kredit yang Anda miliki. Dan ingat jangan gunakan kartu kredit Anda lebih dari 80% limit kartu

  • Daftar Langsung Ke Bank Atau Via Online

Ada dua acara yang bisa Anda lakukan, bisa dengan cara datang langsung ke Bank penyedia KTA tersebut atau bisa juga melalui via Online.

  • Isi Formulir

Isilah formulir sesuai data dan fakta yang ada, jangan mengisinya dengan data yang berlebihan. Pihak Bank akan mengetahui jika data yang Anda tulis dalam formulir tidak sesuai dengan fakta yang ada. Hal ini akan berimbas pada ditolaknya pengajuan KTA Anda jika tidak data yang Anda berikan tidak didukung dengan fakta yang kuat.

  • Verifikasi dan Survei

Setelah melakukan pendaftaran, pihak Bank akan mengabari dan melakukan verifikasi. Verifikasi ini dilakukan untuk mengecek kelengkapan dan persyaratan dalam pengajuan KTA. Setelah itu bank akan melakukan survei ke rumah atau kantor Anda. Karena itu pastikan nomor telepon yang tertulis dalam formulir pengajuan KTA Anda selalu aktif.

  • Menunggu Persetujuan Pihak Bank

Terakhir, tunggulah kabar baik dari Bank. Pihak Bank akan menginformasikan kepada Anda apakah KTA yang Anda ajukan di setujui atau tidak. Jika memang disetujui, maka Anda bisa melakukan pencairan dana yang akan Anda pinjam. Waktu yang diperlukan setelah proses di atas selesai satu atau dua Minggu waktu kerja, setelah itu baru proses pencairan dilakukan.

Akan tetapi jika setelah waktu tersebut belum ada kabar atau kelanjutan dari pihak Bank. Sangat disarankan untuk menelepon pihak Bank yang bersangkutan, untuk memastikan apakah KTA yang Anda ajuk  disetujui atau tidak.

Syarat pengajuan KTA :

  • Pemohon adalah WNI
  • Berusia 21 s/d 60 tahun
  • Memiliki kartu kredit
  • Bekerja (karyawan) atau mempunyai usaha (wiraswasta)
  • Penghasilan minimum Rp3 juta
  • Limit kredit maksimal 5 kali gaji

Syarat dokumen lampiran

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu kredit
  • Fotokopi Cover tabungan
  • Fotokopi NPWP /SPT
  • Fotokopi Slip gaji
  • Fotokopi SIUP
  • Fotokopi Rekening koran

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan

Umumnya, keuntungan menggunakan Kredit Tanpa Agunan adalah seperti dijelaskan di bawah ini:

  • Persyaratan mudah dan proses cepat
  • Tidak memakai agunan/jaminan
  • Penggunaan jaminan bebas sesuai dengan kebutuhan
  • Suku bunga tetap (tidak berubah-ubah selama masa kontrak kredit)
  • Jangka waktu pinjaman hingga 60 bulan atau 5 tahun
  • Dapat diangsur setiap bulan
  • Mendapatkan perlindungan asuransi : Credit Guard dan Life Protector

5 KTA Terbaik Rekomendasi Untuk Anda

1. ANZ MoneyLine

ANZ MoneyLine merupakan salah satu produk KTA (Kredit Tanpa Agunan). Produk ini adalah sebuah inovasi baru, yaitu produk kartu pinjaman tunai tanpa agunan yang dapat diakses melalui mesin ATM dengan menggunakan kartu bank Anda. Dengan kemudahan ini, Anda dapat mengajukan pinjaman dana tunai kapan pun, dan di mana pun untuk setiap kesempatan.

Bank ANZ adalah bank terbesar keempat di Australia, juga merupakan bank terbesar di New Zealand. Memiliki 28 cabang di 11 kota besar seluruh Indonesia dan karyawan sekitar 48.239 orang serta jumlah nasabah affluent di Indonesia sekitar 11.000 orang.

Mendapat peringkat kredit AAA (idn) dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings pada bulan Oktober 2013 dan banyak penghargaan lain. Jumlah aset yang dimiliki Bank ini sebesar Rp38.245.333.000.000 dan Jumlah modal sebesar Rp6.161.559.000.000

Plafond pinjaman hingga Rp200 juta, dengan uang pinjaman sebesar 0,99% per tahun. Jangka waktu tenor hingga 60 bulan atau 5 tahun. Pencairan dana pinjaman hanya dalam 2 hari. Bebas biaya provisi, bebas biaya asuransi. Biaya keterlambatan pembayaran sebesar Rp150.000 dan bebas biaya penalti. 

2. Bank Bukopin Kredit Serba Guna

Bank Bukopin berfokus pada sektor perkembangan UKM, kini menawarkan Kredit Tanpa Agunan khusus kepada nasabahnya, yang berstatus sebagai karyawan. Anda akan mendapatkan keuntungan kredit murah, terjangkau, dan angsuran ringan beserta suku bunga kompetitif.

Jika pinjaman lain hanya memberikan jangka waktu hingga 3 tahun saja, Bank Bukopin memberikan apa yang menjadi keinginan Anda, yaitu jangka waktu yang panjang (hingga 5 tahun) dan bunga bersaing.

Bank Bukopin merupakan bank swasta kelas menengah yang berdiri di Indonesia sejak 10 Juli 1970. Memiliki 280 kantor di 22 provinsi di seluruh Indonesia dan nasabah di Indonesia sekitar 1.200.000 orang. Dengan Jumlah aset sebesar Rp77.168.189.000.000 dan Jumlah modal sebesar Rp6.963.821.000.000.

Plafon pinjaman yang diberikaan hingga Rp100 juta dengan bunga pinjaman sebesar 1,68% per tahun. Bebas biaya provisi, asuransi, keterlambatan pembayaran, bebas biaya materi serta biaya penalti. Jangka waktu tenor hingga 60 bulan atau 5 tahun, sedangkan untuk pencairannya sendiri terhitung cepat hanya 1 hari. 

3. Bank Mandiri KTA Mitrakarya

Mandiri Mitrakarya adalah kredit tanpa agunan yang diberikan kepada pegawai di perusahaan yang telah mendapatkan plafon Kredit Mitrakarya dari Bank Mandiri dan bagi nasabah yang sudah menyalurkan penghasilannya melalui Bank Mandiri.

Bank Mandiri sendiri merupakan peleburan dari empat bank pemerintah dan berdiri sejak tanggal 2 oktober 1998. Dengan jumlah karyawan sekitar 34.696 dan jumlah kantor cabang 2.263 kantor di 160 cabang di seluruh Indonesia.

Jumlah aset yang dimiliki bank ini sebesar Rp868.347.839.000.000 dan jumlah modal sebesar Rp104.790.758.000.000. Bunga pinjaman sebesar 0,87% per tahun Bebas biaya asuransi dan keterlambatan bayar.

Sedangkan untuk biaya provisi sendi dikenakan biaya sebesar 3% dari jumlah pinjaman dan biaya  penalti sebesar 5% apabila melakukan pembayaran di awal. Untuk pencairan dananya sendiri berlangsung selama 7 hari dari waktu persetujuan KTA.  

4. BNI Fleksi

Bank yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 ini, memiliki 14 anak perusahaan, 168 kantor cabang, 912 kantor layanan, serta 592 outlet lainnya, 4 kantor cabang di luar negeri, dan 1 kantor perwakilan di New York. Dengan jumlah karyawan sekitar 26.536 orang. Memiliki nasabah di Indonesia sekitar 1.400.000 orang, dan mendapat banyak  penghargaan pada tahun 2014.

Bagi Anda yang akan mengajukan KTA, Bank ini memberikan plafon pinjaman hingga 100 juta dengan bunga pinjaman sebesar 0,88% per tahun dan jangka waktu tenor hingga 60 bulan atau 5 tahun.

Untuk pencairan dana sendiri terhitung 14 hari setelah persetujuan KTA. Biaya tambahan yang dibebankan kepada nasabah antara lain : Biaya provisi 1% dari jumlah pinjaman, dan  biaya asuransi. Namun bebas biaya penalti dan  materi.

Baca juga: Layak Dipertimbangkan, 5 Fitur Khusus yang Ditawarkan KTA 

5. ANZ Personal Loan Express

Bank ANZ salah satu Bank terbesar keempat di Australia dan New Zeland. Memiliki 28 cabang di 11 kota besar di seluruh Indonesia dengan jumlah karyawan kurang lebih 48.239 orang dan nasabah Affluent di Indonesia sekitar 11.000 orang.

Bank yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1973 ini, memiliki Jumlah aset sebesar Rp38.245.333.000.000 dan jumlah modal sebesar Rp6.161.559.000.000. Pada tahun 2013 Bank ini pernah mendapat peringkat kredit AAA (IDN) dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings dan banyak penghargaan lain.

Plafon pinjaman yang diberikan mencapai hingga Rp250 juta, dengan bunga pinjaman sebesar 1,99% per tahun dan jangka waktu cicilan hingga 60 bulan atau 5 tahun. Dengan biaya tambahan seperti : Biaya provisi 1% dari jumlah pinjaman, biaya keterlambatan pembayaran sebesar Rp225.000 dan bebas biaya asuransi.

Untuk proses pencairan sendiri tergolong cepat, hanya dalam 1 hari. Namun sayangnya Bank ini  memberikan biaya penalti sebesar 7% jika melakukan pembayaran di awal.

Baca juga: Segera Dapatkan Modal Bisnis Dari KTA 

Pelajari Dan Cermati Dengan Baik

Bagi Anda yang ingin mengajukan KTA, ada baiknya jika Anda melakukan langkah-langkah diatas. Agar lebih memudahkan Anda dalam memilih dan mempersiapkan segala data dan dokumen yang dibutuhkan dalam hal pengajuan KTA.

Yang terpenting adalah, pelajari dan cermati dengan baik segala informasai yang Anda terima, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Baca juga: Sedang Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Perhatikan Plus Minusnya