Plus Minus Produk KTA Paling Terkenal di Indonesia

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan produk pinjaman jangka pendek yang dimiliki oleh hampir semua bank di Indonesia. Kemudahan persyaratan dan proses pengajuan yang cepat menjadi alasan mengapa pinjaman ini menjadi salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat.

Meski begitu, bisa dipastikan bahwa tiap produk KTA juga memiliki perbedaan terkait dengan kelebihan dan kekurangannya, di mana hal tersebut akan sangat bergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing bank. Berikut ini adalah beberapa bank yang memiliki produk KTA yang cukup populer di Indonesia:

1. Bank Mandiri

loader

Bank Mandiri via bumn.go.id

 

Produk KTA Bank Mandiri yang disebut Mandiri Kredit Tanpa Agunan yang ditujukan untuk kredit perorangan. Penggunaan KTA ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, antara lain: biaya pendidikan, pernikahan, renovasi rumah, pengobatan dan beragam kebutuhan lainnya. Mandiri menyediakan beberapa jenis layanan di dalam KTA mereka, seperti: KTA reguler, KTA take over, KTA top up, KTA kartu kredit dan yang lainnya. 

Kelebihan:

  1. Menyediakan asuransi perlindungan jiwa yang telah dibebankan secara langsung bersamaan dengan provisi dan biaya administrasi pada saat melakukan pengajuan.
  2. Memiliki jangka waktu cicilan hingga 5 tahun dan menerima pengajuan dari nasabah yang hanya memiliki penghasilan Rp2,5 juta (khusus bagi mereka yang payroll melalui Bank Mandiri).

Kekurangan:

  1. Biaya administrasi dan provisi cukup tinggi, yakni sekitar 3% untuk nasabah yang berusia <50 tahun dan 3,5% untuk nasabah berusia di atas 50 tahun.
  2. Limit kredit maksimal hanya 5 kali gaji saja.

2. DBS

loader

DBS via cloudinary.com

 

Produk KTA DBS mereka keluarkan dengan sebutan Dana Bantuan Sahabat. Khusus bagi calon pengguna yang berdomisili di Jabodetabek dan mengajukan aplikasi melalui situs DBS, saat ini bisa menikmati program promo dengan bunga 0,99% saja.

Kelebihan:

  1. Bunga hanya 0,99% (khusus dalam program promo).
  2. Tenor yang fleksibel, antara 12 hingga 36 bulan.
  3. Plafon pinjaman hingga Rp 200 juta.
  4. Memberikan layanan simulasi penghitungan cicilan bulanan.

Kekurangan:

  1. Aplikan harus berstatus karyawan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun, sedangkan profesional dan wirausaha minimal 2 tahun.
  2. Biaya denda keterlambatan sangat tinggi, bisa mencapai Rp 250 ribu per keterlambatan.
  3. Biaya pinalti sebesar 6%.
  4. Biaya pelunasan dipercepat sebesar 6% dari total sisa hutang.
  5. Biaya transfer pencairan pinjaman sebesar Rp20 ribu.
  6. Biaya tahunan yang dipungut pada tahun pertama sebesar 1,50% dari jumlah pinjaman. Lalu tahun-tahun berikutnya sebesar Rp65 ribu yang ditambahkan langsung pada cicilan di bulan ke-13, ke-25, dan seterusnya.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Agar Pengajuan Kredit Anda Diterima

3. Citibank

loader

Citibank via wikimedia.org

 

KTA Citibank yang disebut Citi Ready Credit yang ditawarkan oleh Citibank terbilang unik dan lain daripada yang lainnya, di mana dana pinjaman tersebut diberikan dalam bentuk kartu dan bisa digunakan kapanpun dan di manapun. Pinjaman ini diberikan dalam bentuk revolving (everdraft) tanpa agunan yang wujudnya mirip dengan kartu kredit.

Dalam penggunaannya, kartu ini bebas untuk menarik dana secara tunai dan melakukan tranfer di ATM Citibank dan ATM BCA di seluruh Indonesia. Pembayaran minimumnya sebesar 6% dari total tagihan atau Rp50 ribu (tergantung mana jumlah terbesar) atau dengan cicilan tetap hingga 36 bulan.

Kelebihan:

  1. Tidak ada biaya administrasi.
  2. Pembayaran minimun adalah sebesar 6% + cicilan tetap (jika ada)
  3. Gratis biaya transfer dan tarik tunai lewat ATM, Citibank Online dan Citiphone Banking 24 jam dan ATM BCA.
  4. Berbentuk kartu, sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu dan pembayaran yang dilakukan akan langsung menambah jumlah plafon secara otomatis.
  5. Jumlah pemakaian yang fleksibel dan tidak harus menarik seluruh dana yang ada.

Kekurangan:

  1. Memiliki suku bunga yang tinggi, sekitar 36,5% per tahun.
  2. Aplikan harus memiliki kartu kredit dengan limit Rp10 juta jika ingin mendapatkan pinjaman sejumlah Rp100 juta (karyawan) dan Rp50 juta (profesional dan wiraswasta).

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com

4. Bank CIMB Niaga

loader

CIMB Niaga via kwiknews.my

 

Produk KTA CIMB Niaga bernama X-Tra Dana CIMB Niaga yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti: renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, liburan, dan berbagai kebutuhan lainnya. Tenor pinjaman mencapai masa 4 tahun dengan plafon hingga Rp200 juta.

Kelebihan:

  1. Proses pengajuan mudah, bisa melalui online.
  2. Memiliki penawaran pinjaman dan suku bunga khusus bagi nasabah CIMB Niaga.
  3. Persyaratan cukup mudah.
  4. Tidak dikenakan biaya asuransi dan materai ketika pengajuan

Kekurangan:

  1. Biaya provisi yang dikenakan sebesar 3,5%
  2. Aplikan wajib memiliki kartu kredit dengan usia kartu minimal 1 tahun.
  3. Biaya provisi sebesar 2% pada saat pencairan.
  4. Jumlah pinjaman akan disesuaikan dengan besaran gaji dan tenor pinjaman.

5. KTA Standard Chartered

loader

Logo Standard Chartered via logodatabases.com

 

Kredit tanpa agunan Standard Chartered merupakan pinjaman yang diberikan leh pihak Bank Standard Chartered bagi nasabah tanpa memerlukan agunan atau jaminan. Jumlah pinjaman dana yang diberikan cukup besar yakni dari Rp5 juta rupiah hingga Rp300 juta rupiah dengan biaya angsuran tetap perbulannya.

Kelebihan:

  1. Proses pengajuan relatif mudah, bisa melalui online.
  2. Plafon Pinjaman besar, sampai Rp300 juta.
  3. Masa Tenor Panjang, sampai 5 tahun
  4. Minimal penghasilan aplikan hanya sebesar Rp1,5 juta.
  5. Bila plafon pinjaman di atas Rp100 juta, bunga yang dikenakan relatif kecil.

Kekurangan:

  1. Bagi aplikan yang tidak menggunakan payroll CIMB Niaga, wajib memiliki kartu kredit CIMB Niaga dengan plafon minimal Rp7 juta.
  2. Aplikan wajib memiliki kartu kredit dengan usia kartu minimal 1 tahun.
  3. Limit kartu kedit harus menginjak Rp8 juta.

6. KTA ANZ

  loader

Logo ANZ via evbuc.com

 

Kredit tanpa agunan ANZ merupakan salah satu fasilitas yang diberikan untuk memudahkan nasabah ANZ meminjam dana tanpa menggunakan agunan atau jaminan. ANZ Personal Loan ini memiliki 3 tipe peminjaman, yakni ANZ MoneyLine, ANZ Personal Loan Regular dan ANZ Personal Loan express yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Kelebihan:

  1. Memiliki limit pinjaman yang tinggi, yakni pinjaman sampai dengan Rp200 juta (untuk ANZ MoneyLine) dan Rp250 juta (untuk ANZ Personal Loan Regular dan ANZ Personal Loan Express)
  2. Proses layanan yang cepat (untuk ANZ MoneyLine dapat diproses dalam 2 hari kerja, untuk ANZ Personal Loan program regular dapat diproses dalam 3 hari kerja, sedangkan untuk ANZ Personal Loan program Express hanya membutuhkan proses 1 hari kerja)
  3. Khusus ANZ Moneyline, diberikan dalam bentuk kartu, sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu dan pembayaran yang dilakukan akan langsung menambah jumlah plafon secara otomatis.
  4. Masa tenor panjang, sampai dengan 5 tahun
  5. Bila masa tenor yang diambil 36 bulan ke atas, bunga yang dikenakan relatif kecil.

Kekurangan:

  1. Untuk ANZ Personal Loan Regular dan ANZ Personal Loan Express, Anda dikenakan biaya provisi.
  2. Aplikan wajib memiliki kartu kredit dengan usia kartu minimal 1 tahun.

7. Tunaiku Bank Amar

  loader

Logo Bank Amar via www.tunaiku.amarbank.co.id

 

Dapatkan dana tunai dengan cepat dan syarat mudah melalui Tunaiku Bank Amar. Ajukan sekarang dan penuhi apapun kebutuhan Anda. engan produk Tunaiku, nasabah dapat mengajukan pinjaman dana tunai dengan cepat dan mudah.

Kelebihan:

  1. Anda bisa menerima notifikasi persetujuan hanya dalam 24 jam
  2. Tidak dikenakan biaya provisi, tidak ada biaya pelunasan lebih awal
  3. Cocok digunakan oleh Anda yang membutuhkan pinjaman yang sifatnya mendesak dan tidak suka mencicil utang dalam waktu lama
  4. Tidak harus memiliki kartu kredit.

Kekurangan:

  1. Plafon pinjaman kecil hanya Rp10 juta.
  2. Masa tenor pendek, maksimal hanya 12 bulan

Pintar Memilih untuk Kebutuhan

Tiap bank akan memiliki sejumlah keunggulan dalam KTA mereka, namun hal tersebut tetap disertai dengan sejumlah kekurangan juga. Sebagai calon aplikan, maka kita wajib pintar dalam menilai dan mempertimbangkan pilihan KTA mana yang paling tepat untuk kita.

Baca Juga: Tiga Kredit Tanpa Agunan Ini Bisa Dicairkan Kapanpun Anda Butuh