Poin dan Miles Kasih Keuntungan Ekstra saat Liburan, Ini Panduannya untuk Para Pemula

Setiap perusahaan pasti memiliki strategi sendiri untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumennya masing-masing, salah satunya adalah dengan memiliki loyalty customer program yaitu sebuah program benefit atau rewards khusus untuk para pelanggan agar semakin betah untuk menggunakan jasa/produk si produsen atau perusahaan tersebut.

Biasanya program rewards ini bisa dinamakan sebagai miles dan poin ini ditawarkan oleh sebuah perusahaan sebagai program loyalty kepada pelanggan yang menggunakan jasa/produk mereka. Perusahaan tersebut bisa bank dengan kartu kreditnya, hotel atau maskapai penerbangan. Tujuan dari loyalty program ini tentu saja untuk menjaga konsumen setia agar tidak berpindah ‘hati’ ke tempat lain.

Poin atau miles yang didapat dari program loyalty customer ini bisa digunakan untuk pelanggan agar bisa secara gratis atau mendapatkan potongan spesial untuk berbagai hal baik untuk beli tiket pesawat, menginap di hotel, makan atau berbelanja.

Nah, bagi yang masih belum familiar dengan konsep program loyalty ini, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba ikuti dari bagaimana cara mendaftar loyalty program, cara mengumpulkan poin atau miles dan cara menggunakan keuntungannya untuk Anda yang masih pemula:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mendaftar Program Loyalty yang Gratis

pendaftaran asia miles

Sebagai pemula, tidak usah buru-buru mencari program loyalty yang bertipe royal dan berbayar. Ada banyak kok loyalty program yang cukup mengungtungkan walaupun cara daftarnya gratis. Contohnya untuk frequent flyer program Anda bisa mencoba mendaftar diri ke program rewards Asiamiles di https://www.asiamiles.com/en/enrolment.html

Dan untuk yang lebih memilih program loyalty customer dari hotel bisa mendaftar mencoba Marriott Bonvoy, sama seperti Asia Miles mendaftar sebagai anggota di Marriott Bonvoy juga bebas biaya apapun alias gratis persyaratannya dan peraturannya pun tidak sulit untuk dipahami jadi program loyalty ini cocok untuk para pemula. Bisa langsung mengunjungi website marriott.com jika benar-benar tertarik untuk mendaftar.

2. Apply Kartu Kredit yang Bekerja Sama dengan Program Loyalty yang Diikuti

kartu kredit

Kartu kredit adalah salah satu alat untuk mengumpulkan dan menggunakan baik poin atau miles. Anda bisa menanyakan ke bank atau mencari tahu dengan mengunjungi langsung website resmi program loyalty yang Anda daftarkan atau menghubungi pihak bank secara langsung.

Biasanya kategori kartu kredit yang bekerja sama dengan program loyalty seperti ini adalah kartu kredit untuk travel. Tapi pastikan Anda mengerti dulu syarat dan ketentuannya secara baik. Seperti perhitungan mengenai berapa rupiah per miles/poin, dan apakah perusahaan memberikan kebijakan harga poin yang berbeda bila membayar dengan kartu kredit tertentu.

Baca Juga: Menginap di Hotel Mewah Bisa Dapat Airline Miles, Yuk Jadi Member 1865 Privilege Langham

 

3. Maksimalkan Usaha Mengumpulkan Poin dengan Berbagai Program yang Disediakan

point rewards

Setiap program loyalty memiliki cara dan platformnya sendiri untuk para anggotanya untuk mengumpulkan. Selain, menginap di hotel, beli tiket penerbangan dan transaksi dengan kartu kredit. Beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan poin adalah belanja di online shopping portal milik program loyalty tersebut atau bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan program loyalty yang diikuti.

Biasanya program loyalty banyak bekerja sama dengan perusahaan rental kendaraan seperti mobil bahkan cruise. Selain itu untuk program loyalty dari hotel, Anda bisa mendapatkan poin dan miles juga dengan menyewa aula hotel untuk sebuah seminar atau acara pesta.

4. Membaca Banyak Tips Cari Promo Tambahan untuk Mempermudah Mengumpulkan Poin/Miles

promo tambahan

Beberapa program loyalty memiliki beberapa promosi tambahan atau strategi unik tertentu untuk para konsumennya agar tetap aktif untuk mengumpulkan dan menggunakan poin dan miles mereka. Seperti diskon 50% untuk setiap pembelian barang tertentu di online shopping portal mereka jika membayar menggunakan poin atau miles.

Ada juga, promo hingga 100% untuk pembelian poin secara langsung melalui website resmi mereka ditanggal-tanggal tertentu. Biasanya para pemula suka sulit menemukan hal-hal kecil seperti ini karena kurangnya informasi atau jarang membuka aplikasi dan websitenya.

Untung menghindari kehilangan momen menguntungkan selain rajin-rajin membuka website dan aplikasinya. Anda bisa mencari tahu tips tambahan lainnya dari blog-blog pribadi orang-orang yang juga menggunakan program loyalty yang sama dengan Anda yang menceritakan pengalaman pribadi mereka tentang keuntungan lainnya dan solusi yang harus dilakukan ketika menemukan kesulitan yang terkadang tidak ada di website resmi program loyalty tersebut.

5. Mencoba Meningkatkan Status Membership

membership

Semakin tinggi status membership Anda, maka semakin banyak juga keuntungan yang bisa Anda cicipi. Ada beberapa program loyalty yang bisa dibayar secara langsung untuk meningkatkan status membership tapi ada juga yang di ikuti dengan beberapa misi atau challenge yang harus dipenuhi oleh anggota.

Contohnya, menginap di hotel tertentu dengan total malam tertentu sebagai persyaratan, untuk penerbangan bisa seperti harus telah melakukan perjalanan total jarak km tertentu dengan menggunakan maskapai yang sudah di tentukan.

Dengan mencoba beberapa persyaratan tersebut, Anda menjadi lebih mengerti mengenai cara mengumpulkan dan menggunakan poin dan miles secara lebih baik lagi.

Baca Juga: Terbang dengan Asiana Airlines Makin Untung, Intip Cara Jadi Member Asiana Club dan Tukar Miles

 

Maksimalkan Keuntungannya dengan Pahami Aturannya

Hati-hati dalam mengumpulkan dan menggunakan poin yang sudah di gunakan. Pahami setiap persyaratan dari masing-masing merchant baik hotel, penerbangan atau rental mobil dengan baik. Karena beda merchant artinya beda aturan cara klaim poin atau menebusnya.

Baca Juga: Mau Liburan Mewah Harga Miring? Yuk Jadi Member IHG Rewards Club, Ini Caranya