Punya Bayi, tapi Tetap Hemat? Inilah Caranya

Kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga akan membawa banyak kebahagiaan. Hal ini biasanya disambut dengan sukacita oleh Anda dan seluruh keluarga besar. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, bahkan sejak bayi masih dalam kandungan.

Jauh sebelum bayi lahir, Anda dan pasangan tentu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Bayi membutuhkan banyak perlengkapan, terutama kalau ini akan menjadi anak pertama bagi Anda. Membeli berbagai perlengkapan bayi yang baru kerap menjadi pilihan, mengingat sebelum ini Anda belum pernah memilikinya.

Berbagai perlengkapan ini akan menghabiskan budget yang tidak sedikit. Sebab harganya juga terbilang tidak murah. Hal inilah yang penting untuk Anda rencanakan bersama pasangan sehingga pengeluaran bisa diatur dengan ketat sejak awal. Bagaimanapun juga, bayi akan tumbuh besar dan masih membutuhkan banyak biaya ke depannya, bukan?

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Bagi Ibu Hamil

Berhemat Kebutuhan Bayi dengan Cara Tepat

Agar pengeluaran Anda tidak membengkak, sangat penting untuk merencanakan anggaran pengeluaran belanja berbagai kebutuhan bayi sejak awal. Luangkan waktu Anda dan pasangan untuk menyusun anggaran belanja ini sehingga semua kebutuhan si kecil bisa terpenuhi dengan baik dan tepat.

Selain menyusun anggaran pengeluaran, berhemat juga menjadi hal yang wajib dilakukan. Meskipun ada banyak kebutuhan bayi yang akan dibeli, bukan berarti Anda tidak bisa menghemat berbagai pengeluaran untuk kebutuhan ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhemat tanpa mengurangi kualitas perawatan dan mengurangi berbagai kebutuhan wajib bayi Anda. Beberapa barang mungkin tidak bisa ditiadakan, tetapi bisa saja diganti atau disiasati dengan barang lainnya yang berfungsi sama.

Simak cara berhemat berikut ini yang bisa Anda lakukan bersama pasangan ketika memiliki bayi.

1. Daripada Susu Formula, Lebih Baik Berikan ASI

ASI Bayi
Tumbuh Kembang Bayi Akan Lebih Baik Jika Diberi ASI

ASI menjadi pilihan terbaik bagi bayi Anda, bahkan sejak kelahirannya. Biasakan untuk memberi ASI sejak kelahiran bayi. Sebab ASI akan memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi Anda dengan sangat baik. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini juga akan sekaligus menghemat banyak biaya.

Harga susu formula di pasaran terbilang sangat mahal. Anda akan membutuhkan banyak uang untuk kebutuhan yang satu ini. Bayangkan, berapa banyak uang yang bisa Anda hemat jika bayi Anda dapat tubuh sehat dengan mengonsumsi ASI selama masa perkembangannya.

2. Jangan Berlebihan dalam Membeli Pakaian Bayi

Mempersiapkan kelahiran bayi kerap membuat orang tua seperti Anda menjadi begitu bersemangat, bahkan ketika berbelanja sekalipun. Hindari untuk membeli berbagai macam pakaian bayi dalam jumlah yang banyak. Sebab hal ini bisa menjadi sebuah pemborosan dalam keuangan.

Bayi akan tumbuh besar dan segera membutuhkan pakaian dalam ukuran yang tentunya lebih besar juga. Dengan begitu, kelak Anda harus membeli pakaian seiring dengan pertumbuhan mereka. Artinya, pakaian bayi yang Anda beli dan bisa digunakan saat bayi baru lahir akan segera tidak cukup dan tidak bisa digunakan lagi. Beli saja pakaian ini dalam jumlah yang cukup. Tidak perlu membelinya sekaligus dalam jumlah yang banyak.

3. Bukan Satuan, Belilah Paketan

Sampo, sabun, losion, minyak telon, bedak, dan berbagai perlengkapan lainnya adalah hal yang penting untuk dibeli. Membeli berbagai perlengkapan ini secara terpisah (satuan) akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Lakukan penghematan dalam kebutuhan yang satu ini dengan membeli produk tersebut dalam bentuk paketan (set) sekaligus. Ada banyak produk perlengkapan mandi dan perawatan bayi yang dijual satu set sekaligus dengan harga yang lebih murah sehingga Anda bisa menghemat banyak uang.

4. Manfaatkan Kado yang Didapat

Kado untuk Bayi
Lebih Hemat dengan Manfaatkan Kado yang Diberikan untuk Bayi Anda

Ada baiknya Anda tidak membeli berbagai kebutuhan bayi dalam jumlah yang banyak, terutama untuk produk-produk yang sering dijadikan sebagai kado, misalnya gendongan, keperluan perawatan dan mandi, pakaian, dan yang lainnya.

Ketika Anda memiliki bayi, biasanya teman dan kerabat akan datang sambil membawa kado yang pada umumnya beragam produk kebutuhan bayi. Anda bisa memanfaatkan kado-kado ini dan menggunakannya, terutama jika sesuai untuk kebutuhan bayi Anda.

5. Selama Popok Kain Beri Kenyamanan, Kenapa Tidak?

Popok akan menjadi salah satu komponen pengeluaran terbesar untuk kebutuhan bayi Anda. Bayangkan, berapa banyak uang yang akan Anda habiskan untuk kebutuhan yang satu ini setiap bulannya.

Jika Anda ingin menghemat biaya, gunakan popok kain adalah pilihan yang tepat. Selain popok kain, Anda juga bisa menggunakan cloth diaper yang lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk waktu yang cukup panjang.

6. Sewa Perlengkapan yang Hanya Terpakai Sebentar

Selain membeli, menyewa berbagai perlengkapan untuk si kecil juga bisa Anda pertimbangkan. Ada banyak perlengkapan yang hanya akan terpakai sebentar saja, padahal harganya terbilang cukup mahal, misalnya ayunan bayi.

Daripada mengalokasikan dana yang besar untuk kebutuhan tersebut, ada baiknya Anda menyewa saja. Saat ini Anda bisa menemukan tempat penyewaan perlengkapan bayi dengan mudah, bahkan disewakan secara online.

7. Beli Kemasan Besar

Berbagai produk kebutuhan bayi biasanya akan lebih murah jika dibeli dalam kemasan besar sekaligus. Tidak tanggung-tanggung, selisih harga yang ditawarkan bisa saja cukup jauh dan lebih menguntungkan.

Luangkan waktu Anda untuk berbelanja sehingga Anda bisa membandingkan harga produk-produk bayi yang akan dibeli. Beli kemasan besar sekaligus akan lebih hemat dan tidak merepotkan Anda untuk bolak-balik berbelanja.

8. Manfaatkan Promo yang Diberikan

Kebutuhan Bayi
Ada Promo untuk Kebutuhan Bayi, Manfaatkanlah Sebaik Mungkin

Ada banyak tempa perbelanjaan yang rajin memberikan promo belanja hemat bagi pengunjungnya. Anda bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk berhemat.

Manfaatkan promo ini untuk membeli berbagai produk kebutuhan si kecil, terutama untuk berbagai produk kebutuhan rutinnya. Kegiatan ini akan menghemat banyak uang, terutama jika Anda bisa menemukan momen ini secara berkala.

9. Gunakan Voucher Diskon

Bukan hanya promo saja, tempat-tempat perbelanjaan juga banyak yang menyediakan beragam voucher diskon bagi pelanggannya. Anda bisa memanfaatkan hal ini dan menghemat banyak uang saat berbelanja kebutuhan bayi Anda.

Tidak hanya di toko offline, berbagai toko online juga berlomba-lomba untuk menyediakan voucher belanja yang bisa di-download dengan mudah dan praktis. Manfaatkan voucher ini untuk membeli beragam kebutuhan bayi Anda,sehingga bisa menghemat banyak uang dan memenuhi semua kebutuhannya dengan baik.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

10. Siapkan Makanannya Sendiri

Makanan instan memang praktis dan mudah diseduh. Namun, nutrisinya tentu tidak sebaik makanan bayi yang Anda siapkan sendiri. Hindari untuk memberi bayi Anda makanan instan. Bukan hanya nutrisinya yang tidak pas, melainkan hal ini juga akan menguras kantong Anda setiap bulannya dalam jumlah besar.

Biasakan untuk menyiapkan makanan sendiri di mana Anda bisa menakar dan memilih berbagai bahan makanan pilihan terbaik untuk bayi Anda. Tidak hanya sehat, hal ini juga akan menghemat banyak uang Anda.

11. Gunakan Layanan Asuransi

Si kecil akan membutuhkan perawatan yang optimal jika sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan. Untuk memastikan hal ini, akan sangat tepat jika Anda memberikan layanan asuransi pada bayi Anda.

Hal ini akan lebih menjamin kesehatan bayi Anda dan mengurangi risiko dalam keuangan Anda dan pasangan. Bagaimanapun juga, kesehatan perlu dilindungi sejak awal, bukan?

Baca Juga: Tips Travelling Seru Bersama Bayi Anda

Diskusikan dan Atur Anggarannya bersama Pasangan

Saat akan memiliki bayi, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan tepat. Diskusikan berbagai kebutuhan bayi Anda bersama pasangan dan jangan lupa untuk mengatur anggarannya dengan ketat.

Ada banyak hal yang bisa dihemat. Dengan langkah cerdas, semua kebutuhan bayi Anda terpenuhi dengan baik meskipun budget-nya hemat sekalipun.

Baca Juga: 6 Cara Menghemat Pengeluaran Untuk Keperluan Bayi