Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu? ini 4 Manfaatnya!

Kehabisan uang tunai saat sedang travelling ke luar negeri, di saat yang sama Anda ingin membeli sebuah barang yang sudah lama Anda incar. Ditambah toko tersebut hanya menerima pembayaran dari kartu kredit X, atau dengan menggunakan kartu kredit tersebut Anda mendapatkan diskon yang lebih besar. Sayangnya kartu kredit X tidak populer di Indonesia. Hal inilah yang sering kali menjadi alasan seseorang memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Dari gambaran tersebut dapat diketahui manfaat dari mempunyai kartu kredit lebih dari satu. Namun perlu diingat bahwa semakin banyak kartu kredit berarti semakin banyak beban tagihan yang harus ditanggung. Hal tersebut harus Anda waspadai jika mempunyai keinginan untuk memiliki kartu kredit lebih dari satu. Memiliki lebih dari satu kartu kredit sah-sah saja asalkan Anda tahu cara memanfaatkannya dengan baik. 

Berikut manfaat dari memiliki kartu kredit lebih satu:

1. Beda Kartu, Beda Penggunaan

Beda Penggunaan

Beda Kartu, Beda Penggunaan via blogcdn.com

 

Anda dapat mengatur pengeluaran jika memiliki kartu kredit lebih dari satu dengan cara memisahkan penggunaannya. Seperti misalnya ada kartu yang khusus untuk belanja kebutuhan sehari-hari, elektronik, gadget dan seterusnya. Saya ambil contoh anda memiliki kartu kredit A khusus untuk berbelanja di swalayan karena diskon yang besar, kartu kredit  khusus untuk membeli tiket pesawat, dan sebagainya. Sehingga Anda dapat mengawasi dan memantau pengeluaran di masing-masing kartu kredit, serta menjadi lebih waspada bila ada kejadian yang tidak diinginkan.

Misalkan Anda mempunyai kartu kredit X untuk berbelanja kebutuhan primer bulanan di swalayan, kemudian mempunyai kartu kredit Y khusus untuk berbelanja barang-barang sekunder, seperti gadget dan elektronik dan sebagainya. Nah, jika misalnya di tagihan kartu kredit A terdapat transaksi pembelian gadget terbaru, Anda pasti akan kebingungan dan wajib mencari tahu siapa yang menggunakan akun kartu kredit tersebut.

Baca Juga : Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!

2. Manfaatkan Poin Reward

Manfaatkan Reward

 

Gunakan Poin Reward Anda via blogspot.com

 

Kartu kredit selalu memberikan penawaran hadiah dalam periode tertentu. Jika mempunyai 1 kartu kredit, berarti ada 1 hadiah, maka mempunyai banyak kartu kredit berarti mempunyai lebih banyak kesempatan untuk memperoleh rewards dari transaksi kartu kredit tersebut. Kartu kredit yang menawarkan banyak benefit untuk berbelanja di swalayan ataupun yang menawarkan point reward untuk pembelian gadget dan produk elektronik lainnya dapat dimanfaatkan untuk memperoleh point reward sebanyak-banyaknya.

Point rewards yang ditawarkan masing-masing kartu kredit berbeda-beda. Misalnya kartu kredit X dapat diskon di Café A dan kartu kredit Y dapat diskon di Restoran B. Jadi apabila Anda ingin makan malam sebaiknya gunakan kartu kredit Y di Restoran B. Kemudian untuk ngobrol sambil minum kopi di Café A dengan memakai kartu kredit X. Apabila hal ini dilakukan, maka tanpa disadari Anda sudah memiliki banyak point reward dari setiap kartu kredit karena memaksimalkan penggunaan berdasarkan reward yang ditawarkan.

Contoh lain misalnya Anda ingin membeli gadget terbaru dengan fasilitas cicilan bunga 0% dan cashback. Ternyata fasilitas tersebut hanya berlaku untuk kartu kredit X yang kebetulan merupakan salah 1 kartu kredit yang dimiliki. Maka secara otomatis kartu tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi dan mendapatkan fasilitas cicilan bunga 0% dan layanan cashback.

Masing-masing kartu kredit memberikan reward yang berbeda-beda. Contohnya semester ini ada reward kamera dari kartu kredit X jika mampu mengumpulkan total poin 2.500. Jika menginginkan reward tersebut, sebaiknya fokus menggunakan kartu kredit X untuk bertransaksi sampai terkumpul 2.500 poin. Untuk semester selanjutnya, silahkan cek program dari semua kartu kredit yang anda miliki, sebab tiap semester rewardnya dapat berganti-ganti.

3. Gunakan Sebagai Kartu Cadangan, Saat Kartu Utama Hilang

  Gunakan Sebagai Kartu Cadangan

Gunakan Sebagai Kartu Kredit Cadangan via newsportal.sg

 

Semua orang pasti tidak ingin mengalami kejadian mendadak yang tidak mengenakan, seperti: ketika harus membayar suatu barang, ternyata kartu kredit bermasalah, misalnya jatuh, dicuri atau bahkan tertinggal di rumah. Jika mengalami hal tersebut, maka Anda harus laporkan kartu kredit yang hilang tersebut, kemudian memblokir dan amankan kartu kredit tersebut. Namun mengurus kartu kredit yang hilang dan mendapatkan penggantinya ternyata tidak cukup sehari-dua hari.

Apabila Anda memiliki lebih dari 1 kartu kredit, maka masih ada alternatif lain dalam membayar barang yang diinginkan dengan kartu tersebut. Sambil menunggu kartu pengganti dari kartu kredit yang hilang tersebut, Anda dapat menggunakan kartu kredit lainnya untuk bertransaksi.

4. Meningkatkan Skor Kredit

Gunakan Skor Kredit Anda

 

Tingkatkan  Skor Kredit Anda via freescoreindia.com

 

Pengguna aktif kartu kredit akan mempunyai riwayat kredit yang baik dan dipertimbangkan oleh bank. Poin kredit ini sangat menguntungkan, namun hanya akan terwujud apabila:

  • Pembayaran tagihan semua kartu kredit berjalan lancar
  • Tidak mempunyai hutang yang lain, baik di bank maupun lembaga keuangan non-bank lainnya yang bermasalah

Catatan kredit sangat mempengaruhi keputusan bank untuk mengabulkan permohonan pinjaman atau menolaknya. Jika masih mempunyai tunggakan tagihan kartu kredit namun ingin mengajukan kredit ke bank misalnya KPR, pasti akan ditolak bank. Karena semua tunggakan kartu kredit akan masuk daftar hitam atau blacklist BI.

Baca Juga : Butuh Kartu Kredit Tambahan? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Bijaklah Dalam Menggunakan

Berapa pun kartu kredit yang dimiliki tidak akan ada masalah, selama dapat mengaturnya dengan tepat. Namun tetap ada peraturan mengenai batasan yang harus diikuti dalam memiliki kartu kredit lebih dari 1. Menurut peraturan Bank Indonesia, masyarakat berpendapatan Rp3-10 juta per bulan hanya boleh mempunyai 2 kartu kredit dari bank penerbit yang berbeda, dengan batas total plafonnya 3X pendapatan per bulan.

Kartu kredit pada dasarnya diciptakan untuk membantu masyarakat dalam bertransaksi, namun jika tidak berhati-hati memanfaatkannya, akan memberikan bahaya bagi kondisi keuangan. Sebaiknya daripada mempunyai banyak kartu kredit tapi ada yang tidak dimanfaatkan, lebih baik kartu kredit tersebut diberikan kepada anggota keluarga yang mungkin dapat lebih memanfaatkannya, seperti: istri atau anak dalam bentuk kartu tambahan. Sebaiknya berikan saja kartu dengan limit paling kecil agar tidak disalahgunakan, sambil tetap dikontrol penggunaannya karena kartu kredit tersebut milik Anda dan jika terjadi masalah Anda yang tanggung jawab. Selamat memanfaatkan kartu kredit lebih dari satu.

Baca Juga : Peraturan Bank Indonesia Tentang Kepemilikan dan Limit Kartu Kredit