Punya Kartu Kredit? Simak Info Seputar ‘Cashback’ dan Promonya

Kartu kredit adalah produk keuangan yang selalu memudahkan transaksi keuangan kita. Banyak orang akhirnya memilih menggunakan kartu kredit karena dirasa memberikan keuntungan.

Keuntungan yang ditawarkan kartu kredit beragam, mulai dari kemudahan dalam bertransaksi, promo-promo yang ditawarkan melalui diskon harga dan cashback (uang kembali), dan masih banyak lagi, sehingga justru lebih menghemat uang.

Bahkan berbagai promo tersebut bila diakumulasikan, nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Dari reward cashback yang Anda peroleh dari berbelanja, bisa dikumpulkan menjadi dana khusus, yang nantinya bisa dijadikan untuk dana investasi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Berikut beberapa fakta mengenai cashback dan promo-promo kartu kredit yang perlu Anda ketahui:

1. Cermati Promo Cashback yang Sedang Ditawarkan

Promo Cashback
Beragam promo cashback yang ditawarkan kartu kredit

Salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan kartu kredit adalah mendapatkan cashback. Jika Anda memiliki kartu kredit yang ternyata sering menawarkana promo cashback, maka Anda termasuk nasabah yang benar-benar diuntungkan.

Dan cashback yang ditawarkan umumnya berupa potongan tagihan di bulan berikutnya. Anda bisa mengumpulkan cashback tersebut untuk membeli produk yang dibutuhkan.

2. Cara Memilih Kartu Kredit Cashback

Cashback Kartu Kredit
Pilih kartu kredit yang menawarkan cashback menguntungkan buat Anda

Promo yang ditawarkan kartu kredit cukup beragam, dan hampir semuanya menggiurkan. Akan ada berbagai promo menarik mengenai cashback dari bank penerbit kartu. Agar tidak bingung memilih promonya, gunakan portal pembanding produk keuangan. Dengan begitu, Anda bisa memilih promo cashback dengan bijak dan sesuai kebutuhan Anda.

3. Pilih Kartu Kredit dengan Promo Cashback Terbesar

Cashback Besar
Pilih yang menawarkan cashback terbesar

Jika sudah membaca literature tentang produk keuangan yang cocok, maka temukan kartu kredit yang bisa memberikan promo cashback terbesar. Semakin besar cashback, maka kita akan semakin untuk.

Sebagai contoh, cashback yang pernah ditawarkan oleh ANZ Kartu Cicilan, di mana cashback yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung, hingga 20%. Sementara beberapa kartu kredit lainnya umumnya hanya memberikan cashback sekitar 0,5% - 5% atau lebih. Lebih untung mana?

Atau, Anda juga memanfaatkan cashback dari kartu kredit HSBC Platinum karena menawarkan cashback hingga 25% yang berlaku di restoran, supermarket, dan transaksi online pada merchants yang bekerjasama dengan nilai maksimal Rp100.000/bulan selama 12 bulan.

4. Perhatikan Limit Cashback Kartu Kredit

Limit Cashback
Tidak semua cashback bisa didapat secara langsung 

Tahukan Anda bahwa kartu kredit juga memiliki limit tertentu untuk promo cashback. Tidak semua kartu kredit bisa memberikan beberapa kali cashback dalam tempo sebulan. Nah, cashback seperti itu juga hanya bisa diperoleh bila melakukan transaksi tertentu dan tidak semua merchant juga.

Perlu diingat, terkadang peroleh cashback tersebut baru bisa diambil dalam beberapa waktu ke depan, tidak menutup kemungkinan juga pada bulan-bulan berikutnya setelah melakukan transaksi pembelanjaan.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

5. Sesuaikan Promo dengan Gaya Hidup

Belanja
Manfaatkan cashback kartu kredit sesuai gaya hidup Anda

Promo yang ditawarkan kartu kredit setiap bulannya memang beragam. Namun, tentu promo-promo yang ditawarkan itu jangan asal dicoba semuanya. Kita perlu menyesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan.

Jika kita tidak terlalu hobi gonta-ganti smartphone, kenapa juga harus memilih promo menarik yang ditawarkan untuk pembelian ponsel. Jadi, jangan mudah tergiur juga yang justru tidak memberikan manfaat lebih buat diri kita.

6. Cari Promo di Supermarket

Belanja di Supermarket
Ilustrasi belanja di supermarket

Supermarket biasanya jadi tempat yang selalu dituju setiap bulannya untuk menemukan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Di Supermarket, umumnya kita bisa menemukan banyak penawaran cashback dari kartu kredit yang telah bekerjasama dengan merchant  tersebut.

Contoh, Kartu Kredit Citi Cash Back yang menawarkan cashback hingga 5% yang berlaku tidak hanya untuk transaksi di supermarket saja. Anda juga bisa menikmati cashback kartu kredit CITIBANK tersebut juga berlaku untuk transaksi di SPBU dan restoran. Maksimal cashback senilai Rp100.000 per bulan.

7. Jangan Jadikan Promo Cashback untuk Cadangan Denda

Tagihan Kartu Kredit
Ilustrasi tagihan kartu kredit

Sebaiknya cashback jangan digunakan untuk membayar denda tagihan kartu kredit Anda. Bila ada denda, maka cashback akan dipotong secara tunai. Jika berencana untuk menabung atau berinvestasi, sebaiknya uang cashback yang terkumpul digunakan guna untuk kedua hal itu.

Baca Juga: Bisa Hapus Utang! Jangan Remehkan Pentingnya Asuransi Kartu Kredit

8. Perhatikan Jebakan Belanja Hanya Karena Cashback

Ingin Belanja
Jangan karena tergiur cashback, keinginan belanja jadi tak terbendung

Berbagai tawaran promo memang menggiurkan. Menguntungkan, sekaligus ada risiko dibaliknya. Risiko yang nyata adalah hanya karena mengejar cashback, tapi justru tidak belanjanya menjadi tidak terkendali.

Semua barang yang menawarkan cashback dibeli, meski produk tersebut tidak dibutuhkan. Bukannya hemat, justru malah menumpuk utang lebih tinggi lagi dan tidak sesuai dengan persentase utang terhadap pendapatan yang ideal. Cashback memang harus dimanfaatkan secara maksimal, tapi pastikan hanya untuk keperluan tertentu saja dan benar-benar produk dibutuhkan.

Bijak Menggunakan dan Maksimalkan Manfaat Cashback Kartu Kredit

Bisa mendapatkan cashback di setiap transaksi kartu kredit memang menguntungkan. Tapi tentu lebih menguntungkan lagi bila kita bisa mencermati dengan baik penggunaan kartu kredit tidak hanya memburu cashback, tapi membeli produk yang dibutuhkan sekaligus mendapatkan keuntungan dari promo cashback yang ditawarkan.

Baca Juga: Maksimalkan Jumlah Cashback Kartu Kredit Dengan Cara Ini