Punya Target Lebih Kreatif di Tahun 2019? 5 Poin Ini Bisa Membantu

Kreativitas terus bergerak tanpa batas. Setiap orang dituntut lebih kreatif untuk dapat bertahan di tengah persaingan. Baik dalam persaingan bisnis, dalam industri kerja dan lain sebagainya.

Setiap orang tanpa kreativitas lebih mudah kalah dan menyerah dalam setiap tantangan. Hal ini karena orang lain bergerak lebih cepat dengan inovasi yang hanya bisa ditandingi dengan inovasi kreatif lainnya. 

Jika Anda termasuk orang yang merasa tidak memiliki kreativitas, segeralah memupuknya dari sekarang. Memang tidak mudah menumbuhkan kreativitas tapi bukan berarti tidak bisa. Anda bisa mencoba 5 poin berikut seperti yang dikutip dari Cermati.com untuk menumbuhkan kreativitas.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jangan Batasi Diri

yoga

Jangan batasi diri dari berbagai hal. Misalnya pergaulan, mencoba hal-hal baru dan terjun ke lingkungan baru. Jika sebelumnya Anda membatasi hanya pada hal tertentu, mulai saat ini ubah pola pikir tersebut. Hal tersebut agar dapat dengan mudah mengekspresikan kreativitas.

Semakin Anda dapat membuka diri, semakin besar kemungkinan menemukan daya kreatifitas. Memang tidak mudah, butuh tekad serta keberanian untuk menjadi pribadi yang kreatif.

Penting pula untuk mengenali diri sendiri. Mengenali apa saja yang dapat membuat Anda ragu, kapan harus berhenti dan kemudian mencoba kembali. Bagaimana memunculkan keberanian dan memulai membangun kreativitas kembali.

Mulai langkah dengan berani dan keyakinan untuk menemukan daya kreativitas.Jika usaha yang dilakukan belum maksimal, Anda perlu mencari cara bagaimana cara paling tepat membangun kreativitas. 

Dengan melakukan memilih kegiatan kreatif yang menyita perhatian. Misalnya kegiatan seputar hobi yang dapat membuat Anda tenggelam dan lupa waktu saat melakukannya.

2. Pancing Kreativitas dengan Hobi 

hobi

Kreativitas tidak dapat muncul dengan sendirinya. Anda harus memaksanya keluar dengan berbagai cara. Salah satu cara mudah adalah memancingnya dengan hobi yang Anda miliki. Sebab segala hal yang berkaitan dengan hobi atau kesukaan akan jadi menyenangkan. Hal tersebut yang membuat daya kreatif jadi semakin mudah keluar.

Jika saat ini belum memiliki hobi mulailah dengan mencari hal yang paling menarik minat. Hal yang membuat betah berlama-lama saat mengerjakannya. Dari hal tersebut Anda dapat menggali kesukaan dan dapat mengembangkan pada berbagai bidang lain.

Memilih hobi untuk mengembangkan kreativitas juga berfungsi untuk usaha jangka panjang. Jika memaksakan memilih bidang yang kurang menarik bagi Anda, bisa saja Anda berhenti di tengah jalan karena bosan. Berbeda dengan melakukan hal yang Anda suka  dengan senang hati untuk meningkatkan kualitas kreativitas.

3. Jangan Menyerah Saat Gagal

jangan menyerah

Penting mengingat saat memulai langkah lakukan dengan mantap dan jangan takut untuk gagal. Kegagalan mungkin saja terjadi bahkan ketika melakukan dengan hal yang menyenangkan. Kegagalan bukan berarti kalah dan harus berhenti. Jangan menyerah, cobalah kembali tata langkah Anda. Apa pun hasil yang Anda dapat berhasil atau gagal, harus diterima dengan lapang dada. 

Jika sedari awal sudah siap dengan apa pun hasilnya, Anda dapat mengambil sisi positifnya. Saat kegagalan yang Anda dapatkan harus segera bangkit dan kembali mencoba. 

Belajar dari kesalahan yang sempat gagal artinya membuat Anda lebih siap dengan tantangan berikutnya. Penting  menanamkan dalam diri bahwa mencoba melangkah kembali setelah gagal bukan kembali melangkah dari awal. 

Anda sudah naik kelas dari proses kegagalan yang dilewati. Kesuksesan tidak dapat diperoleh dengan cara instan, proses yang dilalui yang membuat kesuksesan lebih berharga.

Baca Juga: Bukan Cuma Programmer, ada 9 Peluang Karir IT Lainnya yang Bisa Ditekuni

4. Ketahui Cara Tepat Menumbuh Kreativitas

traveling

Setiap orang mempunyai ketangguhan berbeda-beda. Daya juang yang berbeda. Cara menumbuhkan kreativitas berbeda. Hingga waktu yang dibutuhkan untuk menumbuhkan kreativitas berbeda. Anda adalah orang yang paling tahu siapa diri sendiri, sejauh mana kemampuan Anda termasuk cara tepat menumbuhkan kreativitas.

Ada orang yang dapat lebih cepat menumbuhkan daya kreatifnya saat dirundung masalah. Namun ada pula yang justru tidak dapat berpikir dan menghambat daya kreatif saat penuh tekanan. 

Ada juga yang dapat menjadi lebih kreatif saat memiliki banyak waktu luang, saat bersantai dan lain sebagainya. Karenanya penting untuk mengetahui cara tepat menumbuhkan kreativitas dalam diri Anda. 

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa tertekan baiknya merilekskan diri dengan jalan-jalan, mengunjungi tongkrongan yang sedang hits dan lain sebagainya.

5. Bergaul dan Sharing dengan Orang-Orang Kreatif.

berdiskusi dengan orang kreatif lainnya

Menumbuhkan daya kreatif dapat muncul dari pengalaman sehari-hari, juga dari obrolan ringan setiap saat. Anda dapat menumbuhkan daya kreativitas lebih cepat dengan membangun relasi dengan orang-orang kreatif.Kadang kala ide kreatif hanya berhenti di benak Anda. Berbeda jika dapat mendiskusikan hal tersebut dengan teman kreatif lainnya. 

Anda dapat menemukan sesuatu lebih besar dan jika proses mencari ide sudah memiliki celah, dengan pendapat orang terdekat seperti teman atau rekan kerja.

Baca Juga: Setop Lakukan Hal Ini Kalau Kamu Mau Sukses Besar

Kenali Diri dan Jadilah Orang kreatif 

Jika ingin menjadi orang kreatif tidak akan sulit selama mau mencoba. Cobalah dengan lima langkah di atas atau temukan cara sendiri dengan mengenali kemampuan Anda.

Baca Juga: Mau Jadi Dokter? Bukan Cuma Biayanya yang Mahal, Kamu Juga Harus Tau Ini