Ragam Pilihan Kartu Kredit Gratis Iuran Tahunan

Kita semua tentu setuju jika kartu kredit selalu memiliki banyak penawaran menarik dan juga menguntungkan bagi penggunanya. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan dan menggunakan layanan kartu kredit. Namun di luar berbagai penawaran belanja serta program diskon di dalamnya, sejumlah keuntungan lainnya juga patut kita pertimbangkan dalam memilih jenis kartu kredit yang akan kita gunakan. Ada banyak pilihan jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh banyak bank, maka kita juga memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Meski penawaran menarik dan juga diskon belanja adalah hal yang seringkali menjadi alasan utama kita dalam memilih jenis kartu kredit tertentu, namun sebenarnya ada banyak hal lain yang patut kita pertimbangkan di luar kedua hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib untuk dipertimbangkan, di luar program belanja dan diskon yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Jumlah Iuran Tahunan. Saat menggunakan kartu kredit, maka kita juga akan diwajibkan untuk membayar sejumlah iuran tahunan kepada pihak bank penerbit kartu kredit tersebut. Jumlah ini bervariasi, tergantung pada jenis kartu dan juga kebijakan yang diterapkan oleh pihak bank penerbit kartu kredit yang kita gunakan. Iuran tahunan termasuk dalam komponen biaya yang bersifat tetap di dalam kartu kredit. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih jenis kartu dan juga bank yang memberikan penawaran terbaik dalam hal ini.

Besaran suku bunga. Ini juga wajib menjadi pertimbangan, terutama bagi kita yang mungkin akan sering melakukan penunggakan pembayaran pada tagihan. Suku bunga kartu kredit termasuk dalam kategori suku bunga yang tinggi, karena itu sangat penting untuk memilih dan menggunakan bank yang menerapkan suku bunga ringan pada fasilitas kartu kredit yang kita gunakan.

Berbagai macam biaya. Bank juga akan menerapkan sejumlah biaya di dalam layanan kartu kredit yang kita gunakan, hal ini biasanya akan disesuaikan dengan kebijakan yang digunakan oleh masing-masing bank. Beberapa komponen biaya yang lazim terdapat di dalam kartu kredit antara lain: biaya denda keterlambatan pembayaran, biaya materai, biaya kelebihan pemakaian (over limit), biaya permintaan kenaikan limit, dan biaya lainnya. Mengingat bank akan menentukan jumlah ini sesuai dengan kebijakan, maka ada baiknya kita memilih bank yang menawarkan berbagai macam biaya tersebut dalam jumlah yang paling ringan (kecil), sehingga kita tidak terbebani dan kesulitan jika sewaktu-waktu harus membayarnya.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Terbaik Bagi Anda yang Berpenghasilan Rendah

Penawaran Gratis Iuran Tahunan dalam Kartu Kredit

Kartu Kredit Gratis Iuran Tahunan

Kartu Kredit Gratis Iuran Tahunan via comparecards.com

 

Iuran tahunan adalah sejumlah dana yang ditarik oleh bank penerbit kartu kredit kepada nasabah pengguna kartu kreditnya sebagai pembayaran atas layanan kartu kredit yang digunakan oleh nasabah tersebut. Iuran tahunan merupakan komponen biaya tetap di dalam kartu kredit, artinya biaya ini akan selalu dipungut oleh pihak bank secara berkala selama kita menggunakan layanan kartu kredit dari mereka. Dengan begitu, komponen biaya ini merupakan salah satu hal yang wajib untuk dipertimbangkan sejak awal.

Pada beberapa bank, ada program khusus yang diterapkan sedemikian rupa, sehingga nasabah bisa menggunakan layanan kartu kredit dengan gratis iuran tahunan pada periode tertentu, misalnya selama setahun atau beberapa tahun pertama. Namun, ada beberapa bank yang memang memberikan fasilitas gratis iuran tahunan seumur hidup. Dengan begitu, nasabah yang menggunakan fasilitas kartu kredit tersebut tidak perlu was-was dengan sejumlah tagihan iuran tahunan setiap tahunnya. Di bawah ini adalah pilihan kartu kredit yang bisa kita pertimbangkan dan memiliki penawaran gratis iuran tahunan.

1. Gratis Iuran Tahunan Seumur Hidup

Siapa yang tidak ingin menikmati program gratis iuran tahunan kartu kredit seumur hidup? Hal ini tentu menjadi idaman bagi semua pengguna layanan kartu kredit, di mana kita akan menikmati beragam kenyamanan dan juga penawaran menarik sepanjang tahun, tanpa perlu memikirkan tagihan iuran tahunan yang jumlahnya juga terbilang cukup besar.

Ketika kita memiliki sebuah kartu kredit dan telah merasa nyaman saat menggunakannya, maka kita seringkali merasa sayang dan kerepotan jika harus menggantinya dengan jenis kartu kredit lain hanya karena iuran tahunannya terbilang cukup besar. Namun iuran tahunan yang terbilang cukup besar tersebut tentu akan menjadi beban bagi kantong kita, bukan?

Saat ini, ada banyak bank yang menawarkan fasilitas gratis iuran tahunan seumur hidup, maka kita bisa dengan nyaman menikmati dan menggunakan kartu kredit kita tanpa adanya tagihan iuran tahunan selamanya. Berikut ini adalah daftar kartu kredit yang menawarkan program gratis iuran tahunan seumur hidup:

  • CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard
    Kartu kredit CIMB Niaga Syariah Master Card Gold akan memberi kemudahan dan keuntungan bagi nasabahnya, di mana mereka memberikan layanan kartu kredit ini dengan program bebas iuran tahunan seumur hidup.
  • CIMB Niaga MasterCard Platinum
    Kartu kredit CIMB jenis ini juga memiliki program yang sama dengan yang berbasis syariahnya, yakni gratis iuran tahunan seumur hidup.
  • CIMB Niaga MasterCard Gold
    Bank CIMB Niaga juga memberikan program gratis iuran tahunan seumur hidup untuk kartu kreditnya MasterCard Gold.
  • CIMB Niaga MasterCard Classic
    Bukan hanya jenis kartu dan gold saja, CIMB Niaga juga memberi program gratis iuran tahunan seumur hidup untuk kartu kredit CIMB Niaga MasterCard Classic.
  • Mega First Infinite Visa
    Bank Mega juga menawarkan gratis iuran tahunan seumur hidup bagi nasabahnya yang menggunakan Mega First infinite Visa dan memiliki tabungan atau deposito dengan saldo minimal sebesar Rp500 juta.
  • Sinarmas Visa Platinum
    Sinarmas Corporate Visa Platinum adalah kartu kredit dengan program gratis iuran tahunan seumur hidup yang dikeluarkan oleh Bank Sinarmas.
  • Sinarmas Cashback Visa Platinum
    Sama dengan kartu Visanya, Bank Sinarmas juga memberikan layanan gratis iuran tahunan seumur hidup bagi nasabah pengguna kartu kredit Sinarmas Cashback Visa Platinum

Program gratis iuran tahunan seumur hidup dari kartu kredit di atas tentu saja akan dibarengi dengan sejumlah persyaratan yang ditetapkan oleh pihak bank penerbit. Kita harus jeli dan memahami semua ketentuan yang ditetapkan bank sejak awal, agar tidak salah menafsirkannya di kemudian hari.

2. Gratis Iuran Tahunan untuk Tahun Pertama

Selain gratis iuran tahunan selamanya/seumur hidup, ada banyak bank yang juga memberikan program gratis iuran tahunan selama setahun atau kurun waktu tertentu jika kita mengikuti persyaratan yang mereka terapkan. Berikut ini adalah beberapa bank yang memberikan layanan gratis iuran tahunan lainnya:

  • Maybank Purchasing
    Kita bisa berhemat dan menikamti gratis iuran tahunan pertama jika kita menggunakan kartu kredit Maybank Purchasing.
  • Kartu Kredit BCA
    Bank BCA menawarkan program gratis iuran tahunan bagi pengguna kartu kreditnya, cukup hanya dengan menggunakan minimal 30% limit kartu kredit tersebut setiap bulannya.
  • PermataHero Card Visa Platinum
    Bank Permata juga memberikan program bebas dari iuran tahunan bagi pengguna Permata Hero Card platinum, hanya dengan bertransaksi minimal Rp36 juta per tahunnya.
  • PermataHero Card Visa Gold
    Sedangkan untuk pengguna PermataHero Card Visa Gold, program bebas iuran tahunan bisa didapatkan hanya dengan bertransaksi minimal Rp15 juta per tahun.
  • Maybank Visa Gold
    Maybank juga memberikan gratis iuran tahun pertama untuk pemegang kartu utama Maybank Visa Gold.
  • Maybank MasterCard Gold
    Sama dengan program pada Visa Cardnya, Maybank juga memberikan gratis iuran tahun pertama bagi nasabah pengguna Maybank MasterCard Gold.
  • Permata Reward Card
    Ini adalah program khusus yang dikeluarkan oleh Bank Permata bagi nasabah pengguna kartu kreditnya, di mana mereka menawarkan bebas iuran tahunan untuk kartu kredit jenis Classic, Gold, dan bahkan Platinum. Program ini dilakukan dengan cara mengumpulkan sejumlah poin reward yang didapatkan dari pembelanjaan yang dilakukan oleh nasabah dan selanjutnya poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan gratis iuran tahunan selama setahun, dan ini bisa dilakukan selamanya.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat

Cermati Ketentuan yang Berlaku

Pada umumnya, bank akan menerapkan sejumlah persyaratan dalam program gratis iuran tahunan yang mereka berikan kepada nasabah, hal ini bisa berupa tindakan seperti: melakukan pembelanjaan dalam jumlah tertentu, mengumpulkan sejumlah poin, dan yang lainnya. Pastikan kita memahami dan bisa memenuhi semua ketentuan tersebut, agar program gratis iuran tahunan yang diberikan oleh bank benar-benar bisa kita dinikmati dengan baik.

Baca Juga: Kartu Kredit Pertama: Hal Penting yang Mesti Diketahui dan Cara Pengajuan