Rahasia Sukses Eatlah Menjadi Brand F&B Populer yang Khas dengan Saus Salted Egg-nya

Tak dapat dipungkiri jika bisnis makanan atau Food & Beverages (F&B) kini banyak digandrungi oleh para anak muda yang ingin menjadi wirausahawan. Menjanjikan keuntungan dan tak lekang oleh waktu adalah beberapa alasan mengapa bisnis di bidang tersebut ramai bermunculan beberapa tahun terakhir.

Dibarengi dengan teknologi yang berkembang pesat, banyak inovasi dan konsep unik yang lahir dari buah pikiran para pegiat bisnis di bidang F&B ini. Salah satunya adalah brand makanan yang dicanangkan oleh anak negeri, Eatlah. 

Bisa dibilang, Eatlah adalah pelopor gerai makanan yang menggunakan konsep casual eating dalam produk dan pelayanannya.

Eatlah juga menghadirkan tren baru pada kuliner dalam negeri dengan membawa menu dari Singapura. Ya, saus salted egg atau telur asin yang juga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Tidak butuh waktu lama menu makanan besutan tiga anak muda itu meledak dan banyak diminati oleh konsumen Indonesia, khususnya para generasi millennial.

Melihat kesuksesan brand tersebut, tentu banyak kalangan tertarik mengetahui bagaimana cara Eatlah menggaet para peminatnya. Tak perlu panjang lebar lagi, mari bongkar rahasia kesuksesan Eatlah menjadi brand makanan yang populer di Indonesia dalam waktu singkat.

Petualangan Brand Eatlah Menjadi Gerai yang Booming Di Kalangan Anak Muda

Eatlah Jakarta

Sumber: gojek.com

Eatlah adalah suatu merek bisnis makanan yang memiliki ciri khas sajian kuliner dengan menggunakan saus telur asin atau salted egg. Siapa yang sangka bahwa brand ini lahir dari hasil kreativitas tiga anak muda yang aktif dalam mewujudkan inovasi yang dimiliki tahun 2016 silam.

Ya, Eatlah dapat berdiri karena buah pikiran dari Charina Prinandita, Michael Chrisyanto, dan Riesky Vernandes yang saat itu masih berumur kurang dari 30 tahun. Ketiga anak muda ini memulai bisnis dengan bermodalkan 45 juta Rupiah. Modal tersebut juga merupakan dana yang dipinjam dari orang tua masing-masing pendiri.

Namun, dengan modal dan ide yang matang, gerai Eatlah pertama yang beroperasi di Jakarta Utara telah balik modal kurang dari satu tahun. Hal ini tentu menjadi awal yang menjanjikan untuk memperlebar sayap bisnis dan menggaet lebih banyak lagi pelanggan.

Hingga pertengahan tahun 2018 lalu, Eatlah percaya diri membuka hingga 14 gerai dan menarget 18 gerai lagi di awal tahun 2019. Tak hanya beroperasi di Jakarta, Eatlah juga mulai merambah ke beberapa lokasi strategis di Indonesia seperti Eatlah Bandung, Eatlah Semarang, hingga Eatlah Surabaya. Hal ini tentu saja sangat menakjubkan melihat gerai ini yang baru berdiri kurang lebih 3 tahun.

Brand Eatlah juga mempunyai ciri khas penyajian makanan yang unik. Cara penyajian menggunakan wadah food box yang mudah untuk dibawa. Hal tersebut mampu memberikan ciri khas baru sebagai makanan on the go dan tidak ribet untuk dikonsumsi saat sedang beraktivitas sekalipun. 

Jadi, konsumen Eatlah dapat menikmati santapan kapan pun dan di mana pun. Dengan memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh moda transportasi online, Eatlah mampu memasarkan hidangan yang dijajakan dengan lebih luas. 

Penggunaan media sosial yang tepat juga mampu menjaga hubungan antara bisnis dengan konsumen setianya. Media sosial juga menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan produk bisnis ke pangsa pasar yang lebih luas. Hal tersebut juga bisa menarik minat beli masyarakat. 

Baca Juga: 18 Peluang Bisnis yang Cocok Bagi Mahasiswa

Semua Ada karena Keyakinan

Melihat perjalanan bisnis brand Eatlah yang dalam sekejap mampu meraih kesuksesan membuat para pegiat bisnis di bidang serupa takjub. Namun, segala pencapaian tersebut tidak akan pernah terwujud jika ketiga pendiri tersebut merasa ragu dengan ide dan buah pikiran yang dimiliki. 

Karena ragu dan takut gagal adalah penghalang utama seseorang untuk bisa menjalani bisnis yang sebenarnya memiliki prospek yang bagus. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki inovasi atau konsep bisnis yang menjanjikan, jangan ragu untuk merealisasikannya dengan sungguh-sungguh. 

Gunakan pula segala kesempatan yang tersedia serta kemajuan teknologi seperti yang dilakukan brand Eatlah. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bisnis yang dirintis mampu menciptakan tren bisnis baru bagi masyarakat Indonesia.

Rahasia Sukses Eatlah Hingga Banyak Digandrungi Konsumen Indonesia

  Eatlah Jakarta

Sumber: manual.co.id

Kesuksesan brand Eatlah tidak akan pernah terjadi jika ketiga pemuda, Charina, Riesky, dan Michael, tidak berani memulai langkah pertama mereka. Bermodalkan dana tidak sampai 50 juta, Eatlah sukses menjadi merek makanan ternama di Indonesia dengan menu yang khas dengan saus telur asinnya.

1. Menerapkan Konsep Baru

Melalui Eatlah, ketiga anak muda tersebut berani merubah konsep makanan yang telah lebih dulu populer di Singapura menjadi produk yang memiliki daya jual tinggi. Hal ini terlihat dari pemberian nama Eatlah sebagai merek yang terdengar simpel namun catchy dan cocok dengan gaya anak muda zaman sekarang.

Pemilihan konsep gerai yang santai namun tetap memiliki kesan modern juga berhasil membuat Eatlah mampu merebut pangsa anak muda. Selain membuat gerai lebih mudah dikenali, konsep tersebut juga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi generasi millennials.

2. Membuat Packaging yang Unik

Tak hanya pada gerai, konsep casual juga terlihat dari cara Eatlah membungkus produk makanannya. Menggunakan model wadah food box dengan tulisan unik yang disematkan. Sehingga, konsumen Eatlah dapat menyantap hidangan dengan praktis dan bisa lebih leluasa membawanya ke mana saja. 

Konsep penyajian ini tentu menjadi nilai tambah mengapa Eatlah layak dijadikan langganan saat menyantap makan siang sembari tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Baca Juga: Mulai Bisnis Tanpa Modal? Bisa Kok!

3. Memanfaatkan Teknologi Secara Maksimal

Rahasia sukses selanjutnya dari brand Eatlah adalah keberaniannya dalam memaksimalkan penggunaan internet dan teknologi untuk melayani para pelanggannya. Adanya fitur delivery yang ditawarkan moda transportasi online seperti Gojek dan Grab juga dimanfaatkan dengan baik dan tepat. 

Bahkan, tak kurang dari 80 persen pesanan yang diterima oleh brand ini berasal dari pengguna transportasi online tersebut. 

Eatlah juga tak henti-hentinya melakukan promosi melalui platform media sosial yang populer di kalangan anak muda. Instagram, salah satu media sosial yang ‘ngetren’ dengan fitur membagikan foto dan video. Instagram dianggap sebagai media yang paling sesuai bagi Eatlah untuk memasarkan brand dan juga produk mereka. 

Melalui postingan foto dan video dari produk yang dijajakan, ditambah dengan bumbu caption yang estetis, Eatlah mampu menarik minat beli kawula muda. Hingga kini, akun Instagram Eatlah telah memiliki lebih dari 50 ribu pengikut yang juga menjadi pelanggan setia makanan mereka. 

Yang pasti, usahakan untuk rutin memposting hidangan atau produk yang dijual dengan semenarik mungkin melalui media sosial. 

Praktikkan pula gaya penyampaian produk yang komunikatif dan merespon tanggapan dari para pelanggan dengan gaya bahasa yang santai. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa lebih intim. Mereka pun akan merasa lebih enggan untuk mencoba produk lain yang serupa. 

4. Kualitas yang Selalu Dijaga

Rahasia terakhir dari suksesnya Eatlah sebagai brand F&B kekinian yang populer di Indonesia adalah kualitas makanan yang terjaga. Tak dapat dibantah jika kualitas produk yang baik dan konsisten akan membuat konsumen datang lagi.

Hal inilah yang coba selalu dilakukan oleh Eatlah untuk selalu menjaga kualitas serta cita rasa dari setiap makanan yang dihidangkan kepada pelanggannya. Memang dalam menjaga kualitas makanan membutuhkan usaha ekstra dan manajemen yang mumpuni. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, sikap profesionalitas tersebut tidak akan sulit untuk dijalani.

Eatlah sendiri selalu melakukan training kepada setiap karyawannya agar setiap gerai memiliki cita rasa yang sama dan dapat memuaskan setiap konsumennya. Dengan begitu, barulah Eatlah mampu mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya.  

Tekad untuk Sukses dan Senantiasa Berinovasi Adalah Kunci Utama Sukses Berbisnis

Menilik dari kisah dan rahasia sukses brand Eatlah merintis bisnis, terlihat bahwa ide dan konsep usaha yang matang dapat menjanjikan kesuksesan kepada setiap pegiat bisnis. Hal ini dibuktikan oleh trio millennials, Charina, Riesky, dan Michael yang mampu membesarkan merek Eatlah di pasar Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun saja. 

Jadi, bagi Anda yang ingin sukses dalam berbisnis, meniru tekad sukses dan inovasi yang senantiasa dilakukan oleh brand Eatlah adalah hal yang wajib dilakukan.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis