Rahasia Usia 25 Tahun Sudah Bisa Punya Tanah Sendiri

Banyak yang mengatakan jika generasi millenials saat ini akan susah memiliki properti tanah milik sendiri karena tingginya harga properti saat ini bahkan terus meningkat setiap tahunnya. Memang kenaikan harga properti tanah tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti kamu yang masih muda habis akal untuk bisa punya tanah sendiri.

Masih muda harusnya masih tinggi ambisi dan semangatnya, jangan menyerah di harga saja. Dibalik harga selangitnya tanah di Jakarta ternyata masih banyak kota daerah Jabodetabek lainnya yang ternyata masih memiliki harga tanah dengan harga yang terjangkau untuk m2/persegi.

Baca Juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Investasi Tanah

Ilustrasi Tanah Kosong Dijual

Ini dia beberapa daerah di Jabodetabek dengan harga jual tanah yang masih murah dan bisa langsung kamu survey:

1. Bogor

Bogor diperkirakan menjadi tempat berpotensi lainnya yang bagus dijadikan tempat investasi properti. Kota Bogor mash memiliki banyak lahan kosong yang masih dijual dengan harga terjangkau, jadi kesempatan kamu sekarang untuk mulai membeli tanah di Bogor dengan harga murah  masih ada.

Diperkirakan harga per meter tanah di Bogor berkisar antara Rp800ribu – Rp3juta, dan tentunya masih ada kemungkinan tanah yang dijual dengan harga yang lebih murah lagi.

2. Bekasi

Bekasi juga menjadi salah satu daerah dari Jabodetabek yang berpontensi tinggi sebagai lokasi untuk investasi tanah. Bahkan bekasi saat ini telah banyak berkembang dan telah banyak memiliki gedung apartemen. Tapi masih banyak kok lahan-lahan kosong yang dijual di Bekasi dengan harga terjangkau.

Harga tanah kosong di Bekasi berkisar antara Rp1,3juta – Rp4juta / m2. Jadi yang kamu yang sudah niat mau investasi tanah, lebih baik segera survei lokasi ke Bekasi sebelum harga jual tanahnya makin tinggi.

3. Tangerang

Kota bagian dari provinsi Banten ini juga sedang diincar oleh banyak Developer. Memiliki potensi sebagai kota yang berkembang pesat seperti Jakarta tidak membuat lantas harga tanah-tanah di Tangerang langsung selangit.

Masih banyak lokasi-lokasi di Tangerang yang menjual tanah dengan harga terjangkau. Kamu hanya perlu buru-buru sebelum harganya berubah dan pastinya naik dong. Harga tanah di Tangerang berkisar antara Rp200ribu–Rp1,5juta /m2.

4. Depok

Depok menjadi kota selanjutnya yang masih memiliki banyak lahan kosong yang dijual dengan harga murah, bahkan ada yang masih terhitung puluhan ribu saja/m2-nya. Tentu cocok untuk kamu yang masih baru bekerja dengan gaji pas-pasan.

Harga tanah kosong di Depok bisa mencapai Rp20ribu-Rp4juta /m2 dan sebagian lokasinya bahkan ada yang di tempat-tempat strategis.

5. Jakarta Timur

Siapa bilang di Jakarta sudah tidak ada lagi tanah yang dijual dengan harga masuk akal. Beda daerah beda juga standar harganya. Jakarta Timur belom sepadat dan semaju bagian Jakarta yang lain seperti Barat, Pusat dan Selatan. Tapi bukan berarti kamu jadi rugi untuk investasi tanah di daerah Jak-Tim

Untuk harga tanah kosong di Jak-Tim diperkirakan berkisar antara Rp3juta – Rp5juta/m2. Semakin lama kamu menunda-nunda beli tanah di Jakarta Timur, semakin mahal pula harga yang harus kamu bayar.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Cara dapat Modal Cepat untuk Investasi Tanah

Mengajukan Pinjaman untuk Modal Beli Tanah

Semurah-murahnya harga tanah, tetap saja total harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Jumlah uang dengan jumlah segitu pasti tidak bisa langsung kamu dapatkan, apalagi jika kamu diharuskan membelinya dengan dengan cara cash.

Selain itu tidak hanya masalah harga tanah saja yang harus kamu pikirkan. Ada biaya membuat AJB dan sertifikat tana yang perlu kamu siapkan. Tapi jangan khawatir, kamu yang masih muda dengan dan masih baru banget dalam berkarir bukan berarti tidak bisa membeli tanah dengan gaji sendiri.

Ada berbagai program bank yang bisa memberikan kamu kemudahan dalam mendapatkan modal untuk bisa membeli tanah yang kamu inginkan dengan sistem pinjaman seperti berikut ini:

1. KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Produk keuangan yang satu ini adalah yang paling praktis karena kamu tidak perlu menjamin apapun untuk bisa mendapatkan pinjaman. Jadi kamu yang belum punya aset untuk dijadikan agunan bisa memilih cara ini.

Pinjaman bisa diberikan mulai dari Rp10 juta – Rp300 juta dengan tenor yang lumayan panjang dan bunga yang tidak terlalu tinggi. Kamu bisa mengajukan pinjaman KTA dengan atau tanpa memiliki kartu kredit. Jika memiliki kartu kredit, minimal telah menggunakannya selama 1 tahun. Pencairan dananya pun cepat mulai dari 3-7 hari sejak di ‘approve’ nya pengajuan.

2. KMG (Kredit Multi Guna)

Beda dengan KTA yang tidak memerlukan jaminan. KMG adalah jenis pinjaman yang mewajibkan adanya aset seperti sertifikat tanah/rumah dan bpkb kendaraan yang bisa dijaminkan. Meskipun begitu jumlah dana pinjaman yang bisa diberikan oleh KMG lebih banyak daripada yang ditawarkan oleh KTA

Dana pinjaman yang bisa ditawarkan oleh KMG mulai dari Rp30 juta – Rp500 juta dengan tenor yang juga lebih panjang daripada KTA. Keuntungan lain KMG juga adalah bunga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan KTA.

3. Pegadaian

Sama seperti KMG, bedanya pegadaian akan memberikan dana sesuai dengan barang / aset yang digadaikan dan jenis aset yang bisa digadaikan oleh Pegadain lebih beragam daripada KMG yang biasanya hanya menerima sertifikat atau ajb dan emas.

Selain sertifikat rumah/tanah dan emas. Pegadaian menerima gadaian barang seperti mobil, sepeda motor, barang elektronik bahkan gadget. Persyaratannya mudah dan proses pencairan dananya pun cepat.

Baca Juga: 5 Tips dan Trik Dalam Memilih Investasi Lahan Kosong

Cara Hemat Beli Tanah

hemat beli tanah

1. Beli Tanah Pribadi

Tanah pribadi harganya jauh lebih murah daripada dari developer bahkan bisa mencapai 50% lebih murah. Tapi kamu harus mau lebih repot, namanya membeli tanah pribadi artinya beli tanah tanpa perantara dan broker. Jadi, kamu harus mau melakukan survei tanah sendiri dan mengurus dokumen sendiri.

2. Tidak Menggunakan Broker

Broker adalah agen properti yang tugasnya untuk membantu kamu mengurus pembelian tanah bahkan sampai ke urusan perlengkapan dokumen. Menggunakan broker sama saja kamu mengeluarkan uang 25% lebih banyak. Karena kamu harus menggaji bahkan memberikan uang tips untuk jasa mereka.

Punya Aset di Usia Muda untuk Jaminan Hari Tua yang Bahagia

Seperti kata pepatah bijak ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian’ yang artinya bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Manfaatkan masa muda kamu untuk menabung dan menyalurkan uang kamu ke hal yang lebih bermanfaat. Salah satunya investasi tanah. Keuntungan dari memiliki tanah sendiri nantinya tidak hanya bisa dinikmati kamu seorang tapi juga anak dan cucu kamu kelak.

Baca Juga: Syarat dan Biaya Mengurus Sertifikat Tanah Rumah