Rasakan 6 Keuntungan Memiliki Jam Kerja yang Fleksibel

Pekerjaan yang ideal identik dengan jam kantor formal dan juga jenjang karir yang jelas sejak awal, kondisi yang seperti ini sudah sangat familiar untuk kebanyakan orang. Namun bagaimana jika ternyata sebuah perusahaan memberikan jam kerja yang fleksibel kepada para karyawannya, di mana para karyawan ini bisa menentukan sendiri waktu-waktu yang paling tepat untuk mereka bekerja?

Jika sebagian orang berpandangan bahwa jam kerja yang fleksibel terkesan tidak disiplin dan kurang layak untuk diterapkan di dalam perusahaan, sebagian lainnya justru menunjukkan sikap yang berbeda. Jam kerja yang fleksibel justru bisa memberikan dampak yang positif, dimana produktivitas karyawan justru lebih meningkat. Bukan hanya itu saja, para karyawan juga bisa mendapatkan banyak keuntungan atas penerapan jam kerja yang seperti ini, beberapa di antaranya bahkan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka, di antaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memiliki Banyak Waktu dengan Keluarga

 

keluarga
Memiliki banyakwaktu dengan keluarga

Jika karyawan bekerja di perusahaan yang menerapkan jam kerja fleksibel, maka yang bersangkutan tentu akan memiliki lebih banyak waktu menikmati kebersamaan dengan keluarganya. Hal ini akan berdampak positif bagi kehidupan keluarga, terutama untuk mereka yang sudah memiliki anak-anak dalam usia pertumbuhan.

Para karyawan ini akan memiliki kesempatan untuk mengurusi rumah tangga mereka, termasuk dalam memenuhi berbagai kebutuhan anak-anaknya juga mulai dari menyiapkan baju, sarapan dan sebagainya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat mahal nilainya dan hampir tidak bisa dilakukan oleh mereka yang bekerja dengan jam kerja formal pada umumnya.

2. Tidak Pusing dengan Kemacetan

 

macet
Tidak pusing dengan kemacetan

Perjalanan ke kantor bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama untuk para karyawan kantoran yang tinggal di perkotaan besar yang tidak pernah absen dari kemacetan. Tidak tanggung-tanggung, perjalanan pulang pergi bisa memakan waktu berjam-jam lamanya, belum lagi kalau mengakses perjalanannya dengan menggunakan layanan transportasi umum di perkotaan. Hal ini akan menguras banyak energi, pikiran dan tentu saja waktu yang berharga sehingga merasa lelah berlebihan yang membuat kinerja menurun.

Dengan jam kerja yang fleksibel, diharapkan setiap karyawan tidak perlu lagi pusing dengan kemacetan. Karyawan bisa menikmati perjalanan dengan santai tanpa adanya rasa lelah yang disebabkan mengejar waktu masuk kantor. Dengan begitu, semangat kerja karyawan tetap terjaga.

3. Meningkatkan Disiplin Diri Sendiri

 

disiplin
Meningkatkan disiplin diri sendiri

Bagi karyawan yang bekerja dengan jam kerja fleksibel, tanggung jawab dan disiplin merupakan hal yang sangat penting. Para karyawan ini akan memiliki kemampuan yang baik dalam menangani pekerjaan, bahkan tanpa pengawasan dari seorang atasan. Hal ini akan secara otomatis meningkatkan disiplin diri sendiri dan juga rasa tanggung jawab yang lebih tinggi terhadap berbagai hal.

Baca Juga: Lakukan ini di Konten Sosial Mediamu Biar Karir Makin Cemerlang

4. Memilih Waktu yang Tepat untuk Bekerja

 

jam
Memilih waktu yang tepat untuk bekerja

Karyawan dengan jam kerja fleksibel akan leluasa untuk memilih waktu terbaik yang paling tepat untuk mereka bekerja. Hal ini mungkin terlihat sederhana, namun bisa memberikan dampak positif terhadap kinerja yang dihasilkan.

Baca Juga: Lakukan 4 Trik Cerdas Ini agar Karir Bersinar dan Cemerlang

5. Menghindari Konflik dan Tingkat Stres yang Tinggi

 

konflik
Menghindari konflik dan tingkat stres yang tinggi

Biasanya perusahaan yang menerapkan jam kerja yang ketat bisa membuat karyawannya mengalami tingkat stres yang tinggi serta kelelahan yang berlebih. Hal ini tentu bisa menjadi terjadinya konflik bila atasan melihat kondisi tersebut.

Namun ketika karyawan menjalankan jam kerja yang fleksibel, maka berbagai kondisi negatif tersebut bisa dihindari dengan sangat baik. Atasan tidak akan memberikan tekanan yang berlebih, sehingga karyawan bisa mengatur dirinya sendiri dengan baik terhadap tanggung jawabnya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Lebih Menikmati Hidup dan Kerja Menjadi Produktif

Dengan jam kerja yang fleksibel, karyawan bisa menjalani pola hidup yang lebih teratur sesuai dengan kenyamanan diri sendiri. Hal ini bukan hanya membuat mereka bisa lebih menikmati hidup saja, tapi juga membawa dampak positif dalam peningkatan produktivitas dalam bekerja.

Baca Juga: 10 Langkah Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses