Rekening Ponsel, Mudahnya Bertransaksi Dalam Satu Genggaman Tangan

Makin canggih teknologi di bidang perbankan, sekarang transaksi dengan tunai juga semakin tersingkirkan. Saking canggihnya bahkan sekarang hampir semua transaksi bisa dilakukan melalui sebuah telepon seluler atau lebih dikenal dengan rekening ponsel, mulai dari tarik tunai, belanja, sampai transfer. Aman, nyaman dan bisa dilakukan di manapun kita berada. Pelan tapi pasti, fungsi buku tabungan, kartu ATM dan bahkan mesin ATM sendiri sudah mulai berkurang seiring makin gencarnya transaksi non tunai berbasis online ini. Bagaimana ini bisa terjadi? Mari kita simak uraian lengkap dibawah ini.

Sistem Kerja Rekening Ponsel

Rekening Ponsel membuat semua transaksi perbankan terasa praktis seperti setor tunai, tarik tunai, transaksi di ATM, cek saldo, riwayat transaksi, dan bayar tagihan. Model transaksi ini merupakan cara baru yang menjadikan nomor ponsel sebagai nomor rekening bank.

Layaknya rekening bank, maka nomor ponsel itu ‘berlaku’ pula untuk mengakses semua layanan bank seperti di atas. Hebatnya lagi transaksi bisa dilakukan lintas operator.

Manfaat rekening ponsel ini sangat banyak, misalnya tidak ada biaya administrasi dan tak dikenai bunga. Jadi uang yang ada di Rekening Ponsel tetap utuh sampai kapan pun sepanjang tak ada transaksi yang dilakukan. Bahkan kalau saldonya Rp0, Rekening Ponsel tetap dalam kondisi aktif alias tidak freeze (dibekukan).

Sebagai pengguna Anda tinggal memastikan saja pulsa di ponsel mencukupi saat bertransaksi karena ada biaya untuk setiap kali bertransaksi dengan sistem potong pulsa (via SMS) atau paket data (internet).

Ada banyak keuntungan dan fitur menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan melalui rekening ponsel ini yang bisa anda simak dalam uraian berikut ini:

Fitur dan Keuntungan Menggunakan Rekening Ponsel

Semakin banyak fitur menarik dan bermanfaat dari rekening ponsel ini yang membuat model transaksi baru ini semakin diminati nasabah bank. Beberapa kelebihan yang langsung dirasakan ketika menggunakan Rekening Ponsel berikut ini:

1. Kemudahan Bertransaksi di ATM Tanpa Kartu

Kartu ATM

Tidak lagi Perlu Kartu ATM via hoianfoodtour.com

Rekening ponsel ini cenderung bisa meniadakan fungsi kartu ATM. Di mana ponsel bisa mengaktifkan dan mengendalikan mesin ATM. Hal ini bisa terjadi karena rekening ponsel membuat nomor ponsel sebagai pengganti kartu ATM. Anda tidak perlu khawatir tentang fitur keamanan transaksi ini karena pada saat berada di mesin ATM, nasabah cukup memasukkan nomor ponsel.

Sesaat itu juga mesin ATM akan membalas dengan mengirimkan semacam passcode (password sementara) ke nomor ponsel agar dapat melanjutkan transaksi dengan dasar passcode tersebut.

Kemudahan lain dari rekening ponsel ini adalah jika tak ada ATM yang terdekat, penarikan tunai bisa pula dilakukan di gerai minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Saat ini gerai Indomaret dan Alfamaret tersebut sudah bisa melayani transaksi layaknya mesin ATM karena sudah berkerjasama dengan pihak bank yang mengadakan Rekening Ponsel ini.

Baca Juga: Tabungan, Investasi, atau Asuransi: Pilih yang Mana?

2. Layanan Mudah Bayar tagihan dalam Satu Transaksi

Bayar Tagihan Bulanan

Bayar Semua Tagihan Dalam Satu Transaksi via psu.edu

Rekening ponsel bisa juga digunakan untuk membayar semua tagihan mulai dari tagihan kartu kredit, angsuran, premi asuransi, layanan TV kabel, telepon, dan lain sebagainya. Cara bayarnya juga relatif mudah dan fitur yang terdapat dalam rekening ponsel user friendly, Anda tinggal mencoba beberapa aplikasi dalam fitur rekening ponsel tersebut tanpa harus mampir ke bank atau ke ATM.

3. Nasabah Bisa Berbelanja di Merchant yang Sudah Bekerjasama dengan Bank

Belanja Kebutuhan

Bisa Dapat Promo dari Merchant via parade.com

Saat ini rekening ponsel bisa Anda dapatkan di Bank CIMB Niaga, sehingga layanan layaknya e-money ini bisa Anda dapatkan bagi nasabah bank tersebut. Pada saat berbelanja di merchant yang sudah kerjasama dengan CIMB Niaga, maka Anda tinggal menyebutkan nomor ponsel di depan kasir, dan selanjutnya kasir akan meng-input nomor itu dalam tagihan belanja.

Saat itu juga nasabah akan mendapat notifikasi berupa SMS. Nasabah akan diminta untuk membalas sms tersebut dengan PIN/m-banking, dan saat itu juga transaksi berhasil sehingga semua belanjaan tuntas dilunasi.

Sebagai bagian dari gimmick marketing, bank penerbit produk rekening ponsel ini banyak menawarkan promosi menarik jika bertransaksi dengan Rekening Ponsel. Tiap bulan promonya bisa beda, namun yang paling sering adalah diskon harga, beli satu dapat dua terutama di beberapa gerai yang rajin memberi promo untuk Anda di antaranya di J.Co, BreadTalk, dan 7Eleven.

4. Nikmati Fasilitas Tanpa Saldo Minimum

Saldo Minimum

Tidak Ada Saldo Minimum via gravitatefinancial.com

Uniknya rekening ponsel ini adalah seluruh isi di Rekening Ponsel Anda bisa digunakan tanpa tersisa. Hal ini yang membedakan dengan produk rekening tabungan biasa. Memang, kalau menggunakan produk rekening tabungan bank biasa, Anda harus merawat account nasabah dalam rekening tersebut sehingga biasanya kita harus menyisakan saldo minimal antara Rp20.000 – Rp100.000 tergantung kebijakan bank.

Sedangkan rekening ponsel pengelolaan rekeningnya relatif bisa dilakukan secara mandiri oleh nasabah, sehingga bisa bertransaksi tanpa saldo minimal. Jadi kalau punya saldo Rp100.000 di Rekening Ponsel, semua saldo itu bisa dihabiskan untuk bertransaksi. Namun ingat, habiskan untuk sesuatu yang sifatnya butuh ya, bukan ingin.

5. Lebih Terjamin Keamanannya

Keamanan Terjamin

Terjamin Keamanannya via parade.com

Kelemahan rekening tabungan adalah pemilik mungkin suka mengalami lupa nomor rekening bank. Namun, berbeda dengan rekening ponsel, Anda akan dengan mudah mengingatnya karena yang perlu diingat hanyalah nomor ponsel sendiri. Kemudahan lainnya adalah ponsel merupakan aset pribadi yang wajib dibawa ke mana pun pergi.

Tak jarang seseorang lebih ingat membawa ponsel daripada dompetnya sendiri. Hal ini lebih menjamin rekening nasabah akan dikelola dengan baik. Demi keamanan Rekening Ponsel ini, pakai sistem PIN dalam bertransaksi layaknya ATM atau e-banking. Nasabah tidak perlu khawatir karena sistem keamanan sudah dirancang sedemikian canggih, sehingga semua transaksi benar-benar dilakukan oleh orang yang berkepentingan.

Sering muncul kekhawatiran, bagaimana jika ponselnya hilang? Nasabah tidak perlu khawatir, karena ada PIN dan juga passcode. Jadi, uang nasabah akan tetap aman selama penemu ponsel tidak tahu PIN dan passcode itu. Rekening ponsel dan transaksi hanya bisa dilakukan dengan passcode dan PIN.

Baca Juga: Nomor PIN Anda Tidak Ingin Dibobol? Perhatikan Hal Ini

Cara Mudah Membuka Rekening Ponsel

Saat ini hampir semua ponsel keluaran terbaru mempunyai aplikasi GoMobile baik platform ponsel Android maupun iOS. User tinggal mengaktifkan saja fitur tersebut. Untuk Operating System Windows sementara belum bisa. Begitu fitur aktif, maka secara otomatis Rekening Ponsel akan aktif.

Oh iya, layanan rekening ponsel ini terbuka untuk umum, bukan hanya nasabah bank CIMB Niaga saja. Bagi yang non nasabah, mereka hanya perlu datang dulu ke kantor cabang bank yang bersangkutan dengan membawa KTP dan salinannya plus nomor ponsel dengan pulsa yang mencukupi sebagai syarat membuka rekening.

Cara Aman Mengisi Nominal Rekening Ponsel

Pemilik rekening ponsel bisa menggunakan berbagai macam cara untuk mengisi rekening ponsel, mulai dari setor ke teller bank yang bersangkutan, atau bisa juga minta tolong teman yang punya Rekening Ponsel untuk mentransfer sejumlah dana. Demi kenyamanan dan kepraktisan, pemilik bisa mengisi rekening dengan cara transfer antar bank. Saldo maksimal yang bisa disimpan di Rekening Ponsel saat ini adalah Rp5 juta.

Transaksi Akan Semakin Mudah

Banyak transaksi yang bisa dipermudah dengan adanya rekening ponsel ini sehingga tak ada salahnya nasabah mulai ikut pintar dalam memanfaatkan fitur teknologi masa kini tersebut. Ingat, kedepannya, mungkin penggunaan uang fisik sudah tidak diperlukan lagi. Tapi ingat, dengan segala kemudahannya, Anda mesti tetap mengontrol penggunaan Rekening Ponsel. Agar uang yang disimpan di sana tidak habis secara sia-sia.

Baca Juga: Tabungan Rencana : Apa Dan Bagaimana Mengenal Jenisnya?