Reksadana, Solusi Cermat Siapkan Tabungan Pendidikan

Biaya pendidikan yang terus merangkak naik setiap tahunnya kini menjadi tantangan keuangan bagi masyarakat. Khususnya, bagi orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan guna membiayai dan memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anaknya. Faktanya, bersekolah itu tidak sepenuhnya gratis di Indonesia, ada sejumlah biaya yang harus dibayar seperti biaya gedung, uang buku, praktikum, hingga kebutuhan sekolah lainnya.

Memang, Indonesia sendiri katanya sudah mulai memberlakukan gratis biaya pendidikan, tapi kenyataannya, itu hanya berlaku untuk biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP saja. Karena itu biaya pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA terus mengalami kenaikan. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10% per tahun. Bahkan, biaya pendidikan di tingkat perguruan tinggi kini semakin mahal, kisaran biayanya mencapai puluhan juta. 

Menyadari semakin mahalnya biaya pendidikan di masa mendatang, orang tua maupun calon orang tua sebaiknya mulai cermat menyiasati kenaikan biaya pendidikan. Lalu, apa solusinya agar Anda tidak stres menyiapkan dana pendidikan? Sederhananya, mulai hari ini latihlah diri Anda untuk pandai mengelola dan menyiapkan keuangan dengan baik, dan pastikan Anda telah memiliki tabungan pendidikan.

Tabungan Pendidikan

Tabungan Pendidikan untuk Persiapan Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal via IPOT FUND 

 

Cara konvensional untuk persiapan tabungan pendidikan, dengan cara menabung di bank bukanlah sebuah ide yang brilian lagi. Sebab, ada faktor inflasi yang akan membuat nilai uang di tabungan tergerus, belum lagi ditambah dengan potongan biaya administrasi perbankan dan biaya potongan lainnya. Karena itu, diperlukan cara pintar dalam menyiapkan tabungan pendidikan agar uang atau dana yang Anda siapkan tidak tergerus inflasi.

Salah satu cara cermat menyiapkan tabungan pendidikan adalah melalui instrumen investasi reksadana. Alasannya, reksadana merupakan produk investasi pasar modal yang mampu memberikan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan dengan produk bank seperti tabungan dan deposito. Selain itu, reksadana adalah investasi pasar modal yang aman, mudah dilakukan dan bisa dilakukan dengan modal terjangkau, yakni mulai dari Rp100.000,-.

Memilih investasi yang tepat menjadi hal penting agar keuntungan atau return yang didapatkan juga hasilnya maksimal. Ada dua jenis reksadana yang cocok dijadikan pilihan untuk tabungan pendidikan, yakni reksadana saham dan reksadana pasar uang. Sebelum berinvestasi, sebaiknya Anda memahami dan mengenali produk reksadana yang dipilih agar tabungan pendidikan Anda bisa menghasilkan return maksimal. Berikut ulasan reksadana saham vs reksadana pasar uang dalam kaitannya sebagai instrumen investasi untuk tabungan pendidikan yang perlu diketahui:

Reksadana Saham

 Reksadana Saham Cocok Untuk Tabungan Pendidikan via IPOT FUND

 

Reksadana saham dikenal dengan reksadana yang mampu memberikan keuntungan yang tinggi sekaligus risiko yang tinggi dibandingkan reksadana pasar uang. Dana pemodal akan diinvestasikan dalam portofolio efek saham terdaftar. Tidak memerlukan modal besar untuk mulai investasi saham di reksadana, cukup dengan modal Rp100.000, Anda sudah bisa berinvestasi.

Tips memilih reksadana saham terbaik adalah memperhatikan performa reksadana di periode sebelumnya. Cermati kinerja reksadana saham tersebut apakah selalu konsisten berada di atas performa indeks pasar atau sebaliknya. Pahami perkiraan perekonomian di masa mendatang dan efeknya terhadap bisnis perusahaan yang sahamnya ada di daftar reksadana saham Anda.

Reksadana saham ini sangat tepat dijadikan pilihan investasi tabungan pendidikan. Alasannya, reksadana saham memiliki potensi hasil investasi tinggi dalam jangka panjang. Logikanya, proyeksi kenaikan biaya pendidikan sebesar 10-15% per tahun. Sementara, kinerja reksadana saham diproyeksikan mampu memberikan return di atas 20% per tahun.

Hasil investasi reksadana saham ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan reksadana pasar uang, dengan proyeksi return di bawah 10%. Tingkat return ini cocok untuk mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang cukup besar, sehingga reksadana saham cocok dipilih untuk tujuan keuangan tabungan pendidikan Anda berjangka waktu 5 hingga 10 tahun mendatang.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang Cocok Untuk Tabungan Pendidikan via IPOT FUND 

Reksadana pasar uang dikenal sebagai reksadana yang paling aman karena dana pemodal akan diinvestasikan ke dalam instrumen pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito Berjangka, dan Obligasi dengan jatuh tempo di bawah 1 tahun. Reksadana pasar uang memiliki risiko lebih kecil ketimbang reksadana saham. Dengan modal mulai Rp100.000, Anda sudah bisa berinvestasi reksadana pasar uang.

Dari sisi hasil investasi, reksadana pasar uang memiliki hasil investasi/return yang lebih tinggi ketimbang deposito bank. Selain itu, ada kelebihan lainnya, yakni bisa dicairkan kapan saja tanpa ada sistem jatuh tempo. Secara umum, kinerja hasil investasi reksadana pasar uang diproyeksikan menghasilkan return di bawah 10% per tahun.

Tips memilih reksadana pasar uang terbaik adalah dengan cara mencari tahu kembali tujuan keuangan Anda. Reksadana pasar uang tepat untuk pilihan persiapan dana pendidikan dengan waktu jangka pendek yakni 1-2 tahun. Potensi hasil investasi reksadana pasar uang dalam jangka panjang memang tidak setinggi reksadana saham, namun hasil investasinya masih jauh lebih menarik ketimbang tabungan dan deposito bank.

Supermarket Online Reksadana

Supermarket Reksadana Online via IPOT FUND

 

Investasi tidak perlu ribet. Anda bisa berinvestasi reksadana secara online, dengan aman dan terjangkau. Di mana telah hadir supermarket reksadana online pertama di Indonesia IPOT FUND, dikelola oleh PT Indo Premier Securities, menawarkan ragam reksadana terlengkap dari 29 Manajer Investasi (MI) ternama di Indonesia, dan lebih dari 140 produk reksadana saham, pasar uang, pendapatan tetap, dan campuran. Sejumlah keunggulan utama investasi reksadana online melalui IPOT FUND yang bisa Anda dapatkan antara lain:

- Gratis biaya transaksi
Berapapun transaksi pembelian atau penjualan reksadana Anda, IPOT FUND memberikan keuntungan bebas biaya yang tak diberikan oleh yang lainnya.

- Cukup Satu Akun dan Real Online
Dengan satu akun tanpa ribet, semua terintegrasi, dari proses registrasi, rekening pembayaran, hingga laporan dari manajer investasi. Seluruh transaksi reksadana akan diproses real online, dan tidak memerlukan tanda tangan basah. Berbagai kemudahan untuk transaksi di mana saja dan kapan saja.

- Fitur Analisa Performa
Manfaatkan fitur reksadana Fund Evaluator guna memilih reksadana terbaik dengan hasil investasi terbaik. Melalui IPOT Fund Evaluator, Anda dapat memilih reksadana saham terbaik berdasarkan peringat reksadana berdasarkan kinerjanya. Anda dapat memonitoring kinerja reksadana pilihan Anda secara berkala mulai dari periode 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun.

Raih Tujuan Keuangan dengan Reksadana

Cara sukses menyiapkan tabungan pendidikan melalui reksadana adalah dengan segera memulai berinvestasi. Pahami dan pilih reksadana sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko Anda. Wujudkan pendidikan impian dengan persiapan dan investasi mulai hari ini! (Adv)