Review: Jenius BTPN, Tabungan Dengan Beragam Keuntungan

Dengan pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, Kita menyadari bahwa hal ini mengubah banyak hal. Termasuk tentang masalah tabungan. Di mana sekarang, Kita bisa menggunakan salah satu jenis tabungan digital yang dinamai “jenius”.

Apa Itu Tabungan Jenius BTPN?

Tabungan digital yang dimiliki oleh bank BTPN ini merupakan salah satu inovasi terbaru di dunia keuangan. Di mana Kita bisa melihat beberapa kemiripan yang bisa dicocokkan dengan e-money. Namun, tabungan digital yang satu ini tetap memiliki bentuk kartu fisik seperti jenis tabungan di bank konvensional lainnya.

Bahkan, Anda bisa memiliki sebanyak 5 kartu dengan nama yang berbeda-beda di setiap kartu tersebut. Tentunya, ini merupakan salah satu keunikan yang menarik. Jadi, tidak mengherankan jika tabungan ini menjadi salah satu tabungan yang cukup fenomenal.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Jenius BTPN?

Tentunya, penawaran yang lebih canggih dan modern dari sebuah tabungan digital ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, Kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari tabungan tersebut. 

Baca Juga: Jangan Samakan Menabung dengan Investasi, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Kelebihan Tabungan Jenius BTPN

Berikut beberapa kelebihan dari tabungan digital tersebut:

1. Jenis Tabungan Yang Berbeda

  jenis tabungan jenius

Ketika Kita menggunakan tabungan ini, maka Kita bisa menggunakan jenis kartu jenis yang berbeda. Hal ini berguna untuk mengelola keuangan Anda dengan suku bunga yang kompetitif. Anda bisa menggunakan jenis tabungan digital ini agar bisa mempermudah jenis transaksi keuangan yang dibutuhkan.

Flexi Saver

Flexi Saver Jenius

Memiliki jenis tabungan jenius utama yang berguna untuk penyimpanan dana Anda. Di mana Anda bisa melakukan     transaksi perbankan seperti pembayaran tagihan, pembayaran pulsa elektrik maupun pembayaran pembelian di marketplace. Jenius Flexi Saver yang digunakan untuk menyimpan dana Anda dengan adanya bunga 5% di setiap tahunnya.

Dream Saver

Dream Saver Jenius

Jenius Dream Saver yang digunakan sebagai salah satu tabungan digital untuk beragam keperluan mendesak dan darurat. Di mana Anda bisa mengambil dana dari tabungan jenius Anda sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Maxi Saver

Maxi Saver Jenius

2. Alternatif Untuk Transaksi Jual Beli Online

Kita tidak bisa memungkiri bahwasanya sekarang ini transaksi jual beli online sangat marak dilakukan. Namun, tidak jarang transaksi ini memerlukan kartu berlogo visa agar bisa meneruskan transaksi tersebut, bukan? Nah, salah satu keuntungan menggunakan tabungan jenius ini adalah jenis kartu yang Anda dapatkan.

Ketika Anda menggunakan layanan tabungan jenius, maka kartu yang Anda gunakan sudah berjenis kartu visa. Jadi, Anda bisa menghindari jebakan tersembunyi ketika menggunakan kartu kredit. Pastinya, transaksi jual beli online dengan syarat penggunaan kartu visa ini sudah bisa Anda lakukan.

3. Bonus dan Tidak Mengharuskan Setoran Awal

Ketika Kita membuka sebuah rekening tabungan baru, maka Kita akan diwajibkan untuk menyetorkan dana minimal. Namun, ketika Kita memilih tabungan jenius, maka tidak akan dibebani biaya setoran tersebut. Bahkan, Anda bisa mengklaim bonus pengaktivan tabungan baru tersebut.

Tidak hanya bonus pengaktivan tabungan baru saja, Anda juga bisa mendapatkan bonus jika berhasil mengajak teman maupun saudara untuk bergabung. Sehingga, bonus ini nantinya bisa ditambahkan ke saldo utama akun tabungan jenius Anda tersebut.

4. Tarif yang Bersaing

Selain beberapa kemudahan dari penyedia tabungan, biasanya nasabah juga akan mempertimbangkan masalah biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya saja biaya pemotongan per transaksi maupun potongan per bulan. Untuk tabungan jenius sendiri tarif tersebut tergolong kompetitif.

Kelemahan Tabungan Jenius BTPN

Setelah Kita membahas apa saja kelebihan dari tabungan ini, maka kali ini akan membahas tentang kelemahannya:

1. Keterbatasan Jangkauan

Pengguna dari tabungan Jenius ini masih tidak merata. Di mana ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih belum terjangkau oleh jenis tabungan digital ini. namun, bukan berarti tabungan ini tidak merambah lebih luas kedepannya.

Anda yang ingin melakukan pendaftaran untuk tabungan baru jenius, bisa melakukan registrasi secara online tentunya. Tapi, tetap saja harus mendatangi kantor cabang bank BPTN untuk aktivasi. Dan, tentunya Anda diharapkan bisa menunggu pembuatan kartu fisik jenius ini. 

2. Kartu Yang Tidak Terlalu Fleksibel

Seperti yang dijabarkan pada poin di atas, bahwasanya Kita perlu mendatangi kantor BPTN untuk melakukan aktivasi dan mendapatkan kartu fisik. Dan, nomor yang ada di kartu fisik tersebut nantinya tidak dapat diubah lagi. Sehingga, untuk pergantian dari kartu fisik tabungan jenius ini akan memakan waktu yang lumayan lama.

Walaupun ini merupakan salah satu kekurangan yang sedikit mengecewakan untuk pengguna layanan tabungan jenius. Di mana Kita tahu, transaksi online adalah jenis transaksi yang lebih rawan terkena kejahatan. Jadi, penggunaan dari kartu visual yang disposable akan menjadi salah satu alternatif menghindari tindak kejahatan tersebut. 

Baca Juga: Menabung Rp1 Juta Per Bulan Tak Lagi Mustahil, Ikuti 6 Cara Ini!

Apakah Tabungan Ini Layak Digunakan? 

Sesuai dengan namanya, jenis tabungan digital ini memang memiliki beberapa fitur yang tergolong jenius. Di mana mungkin belum ada jenis tabungan lain yang menyediakannya. Sehingga kita bisa menggunakannya dengan lebih mudah untuk pengelolaan keuangan secara modern.

Tidak hanya itu, tabungan BTPN Jenius sering kali memberikan promo-promo menarik. Salah satu jenius promo yaitu cashback setiap hari Senin, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Namun, tentunya beberapa kekurangan dari tabungan jenius ini harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi agar menjadi salah satu tabungan terbaik. Tabungan jenius ini cocok digunakan oleh siapa saja. Baik untuk bisnis maupun penggunaan pribadi, juga dari berbagai umur. 

DI SINI BISA BUAT TABUNGAN JENIUS BTPN!