Review Kartu Kredit: CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard

Dihadirkan sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan transaksi, tentu bukan hal mengherankan jika masyarakat masa kini banyak yang berminat untuk memiliki kartu kredit. 

Selain memberikan fasilitas untuk melakukan berbagai transaksi, pemilik kartu tersebut juga semakin dimanjakan dengan penawaran menarik lainnya.

Namun, faktanya, sejumlah orang ada yang menolak untuk menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi dengan berbagai alasan. Beberapa diantaranya yakni karena memang tidak membutuhkan, khawatir tidak bisa mengontrol pembelian sehingga terjerat utang,  hingga satu alasan yang umum dijumpai pada umat muslim yakni karena adanya bunga yang dibebankan sehingga jatuhnya menjadi riba.

Karena itu, kini banyak bank yang telah menerbitkan kartu kredit syariah, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan adanya riba. Nah, salah satu contohnya adalah CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard, dan berikut adalah sederet informasi mengenai kartu tersebut.

Baca Juga: Review Kartu Kredit: CIMB Niaga MasterCard Gold

Sekilas Tentang Kartu Kredit CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard

CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard merupakan salah satu produk kartu kredit tipe premiere dari Bank CIMB Niaga, di mana yang dimiliki telah sesuai dengan prinsip syariah. 

Artinya, setiap fasilitas dan transaksi yang ada telah disesuaikan dengan akad kafalah (penjaminan), qardh (pinjam-meminjam), serta ijarah (pembiayaan jasa). Namun, yang terpenting, setiap kartu ini digunakan tidak dikenakan bunga sehingga bebas dari riba. 

Persyaratan yang ditentukan untuk memiliki kartu ini juga tidak sulit. Ketentuan yang wajib dipenuhi yakni telah berusia minimal 21 tahun dan memiliki penghasilan minimal 3 juta Rupiah per bulannya. 

Ditambah lagi, pihak bank juga tidak memberlakukan ketentuan bahwa calon pemegang kartu tersebut sebelumnya harus pernah memiliki kartu kredit. Jadi, upaya untuk memiliki kartu ajaib tersebut akan semakin mudah.

Baca Juga: Cara Mudah Menghubungi Call Center CIMB Niaga

Keuntungan Jika Memiliki CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard

Keuntungan CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard

1. Bebas Iuran Tahunan

Di samping bebas bunga, pemilik kartu kredit syariah keluaran Bank CIMB Niaga ini akan dibebaskan dari iuran tahunan. Namun, jika berencana untuk memiliki lebih dari satu kartu, terdapat biaya kartu tambahan sebesar 150.000 Rupiah. 

2. Mudah Kumpulkan Xtra Point

Seperti kartu kredit lainnya, pemilik kartu kredit ini juga akan diberikan poin dari setiap transaksi ritel yang telah dilakukan. 1 poin Xtra bisa didapatkan setiap transaksi 5.000 Rupiah, dan berlaku kelipatannya. Tentunya, ketika telah terkumpul banyak, poin Xtra tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai rewards.

Sebagai pengingat, poin Xtra hanya bisa diperoleh dari transaksi ritel saja, sehingga penarikan tunai, cash plus, pembayaran iuran membership, cicilan, serta pembayaran angsuran tidak diberikan poin. 

3. Memberikan Nilai Tukar yang Kompetitif

Apabila memiliki rencana liburan dan destinasinya adalah luar negeri, pemegang kartu syariah dari Bank CIMB Niaga tersebut bisa mendapatkan benefit berupa nilai tukar yang kompetitif untuk transaksi yang dilakukan dengan mata uang asing. 

Selain untuk transaksi pembelian, nilai tukar yang kompetitif tersebut juga berlaku untuk fasilitas cash advance. Jadi, saat tengah berada di luar negeri, kegiatan transaksi pun bisa lebih hemat dan tagihan tetap aman. 

4. Ubah Transaksi Jadi Cicilan Tetap

Salah satu keunggulan dari kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard yakni adanya program untuk mengubah transaksi menjadi cicilan tetap. Dengan adanya fasilitas tersebut, pembayaran tagihan pun menjadi lebih ringan dan teratur.

Adapun transaksi yang dapat diubah ke program cicilan tetap dengan biaya ringan yakni hanya transaksi ritel dengan nominal paling sedikit 500.000 Rupiah. Untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, perlu diketahui bahwa sebelum tanggal tagihan dicetak, pemilik kartu harus menghubungi pihak bank terlebih dahulu melalui Phone Banking 14041 atau Internet Banking.

5. Anti Telat Bayar Tagihan dengan Menggunakan Layanan Quick Pay dan Oto Pay

Lupa seringkali menjadi alasan seseorang harus dikenakan denda karena terlambat membayar tagihan.

Nah, agar tak sampai lupa membayar tagihan, Bank CIMB Niaga menyediakan layanan Quick Pay dan Oto Pay. Di mana program tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna kartu CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard. 

Quick Pay merupakan layanan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti TV kabel, listrik, dan internet, dalam selembar tagihan kartu kredit saja. Untuk memanfaatkan layanan ini, pemilik kartu wajib mengingat waktu jatuh tempo tagihannya saja. 

Jika Quick Pay berfokus untuk pembayaran tagihan bulanan, Oto Pay adalah layanan yang tersedia untuk membayar tagihan secara otomatis. Di samping itu, pengguna kartu juga diberikan pilihan, apakah ingin membayar penuh atau hanya minimum payment, yakni 10% dari total tagihan.

Dengan adanya layanan Quick Pay dan Oto Pay, tentu tidak perlu lagi khawatir melewatkan waktu pelunasan tagihan. Dengan demikian, satu tanggung jawab pun bisa beres. 

Baca Juga: Mau ke Bank Hari Sabtu-Minggu? Ini Daftar Kantor Weekend Banking CIMB Niaga

Berprinsip Syariah, Beragam Keuntungan 

CIMB Niaga Syariah Credit Card

Teruntuk masyarakat muslim yang ingin menggunakan kartu kredit tanpa harus khawatir dengan kemungkinan adanya riba, CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard merupakan salah satu yang direkomendasikan.

Selain sudah berprinsip syariah, pemilik kartu tersebut juga diberikan segudang benefit yang tentunya sangat bermanfaat, baik untuk memperkecil nominal transaksi maupun mempermudah pengelolaan kartu tersebut. 

CERMATI.COM memberikan SCORE: 4.73/5

DAPATKAN CIMB NIAGA SYARIAH GOLD MASTERCARD DI SINI!

Kartu Kredit CIMB Niaga Syariah Gold MasterCard