Review Realme U1

Satu lagi smartphone yang turut meramaikan pasar teknologi Indonesia. Merupakan sub brand dari Oppo, Realme U1 disebut sebagai ponsel pintar untuk penggemar selfie yang juga mumpuni untuk bermain game. Semua itu berkat teknologi mutakhir yang diusung Realme U1 sebagai smartphone dengan Helio P70 pertama di Indonesia.

Ponsel ini memang telah sejak awal menawarkan keunggulan kamera depannya yang beresolusi  25MP. Diperkenalkan tepatnya pada Desember 2018 lalu, Realme U1 hadir dengan desain yang serupa Realme 2 Pro. Hal ini tampak dari dewdrop design yang diadopsinya.

Desain Realme U1 yang Stylish

Desain Realme U1

Hadir dengan tren yang sedang digandrungi—teardrop design—bezel yang dimiliki Realme U1 memang terbilang tidak tebal tetapi juga tidak yang tertipis di kelasnya. Selain itu, casing belakangnya juga tak kalah menarik. Berbalut casing dengan bahan plastik, finishingnya juga terbilang unik. 

Meski casingnya hanya terdiri dari satu warna dan tanpa gradasi seperti Realme 3, efek gradasi yang hadir tetap menonjol dan dinamis saat ponsel tertimpa pantulan cahaya. 

Selain itu, casing belakang berbahan glossy ini juga membuat body ponsel jadi terasa licin. Padahal, Realme U1 sudah memakai frame dari bahan plastik yang cukup kuat dan tebal.

Untuk dimensinya, Realme U1 tidaklah jauh berbeda bila dibandingkan dengan device lainnya yang memiliki layar 6,3 inci. Bobotnya yang ringan dipadankan dengan kapasitas baterai sebesar 3500mAh. Terdapat juga kamera ganda yang cantik dengan aksen krom dan protruding (agak menonjol) di bagian belakangnya. 

Tanpa tombol kapasitif di bagian bawah layarnya, terdapat earpiece, ambient light sensor, proximity sensor dan layar HD+ berkontur 2.5D ukuran 6,2 inci di bagian depan smartphone. Selain layarnya yang sudah berlapiskan anti gores Corning Gorilla Glass 3 ditambah screen guard dari pabrik, Realme U1 juga telah dilengkapi dengan on-screen button. Sementara di bagian kanannya, terdapat tombol power.

Di bagian kirinya, ada tray slot SIM 1 & SIM 2 (micro SD) berjenis triple slot (dedicated slot) dan juga volume rocker. Sedangkan, di bagian atas device dibiarkan mulus tanpa port dan tombol apa pun. Untuk bagian belakangnya, tersedia dual camera yang ditempatkan horizontal.

Pada bagian kanan juga terdapat LED flash, logo Realme serta fingerprint sensor. Untuk port micro USB, port jack audio 3,5mm, speaker grill dan microphone ditempatkan di bagian bawah smartphone.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20

Hardware dan Performa Realme U1

Realme U1

Performa Realme U1

Hadir dengan konfigurasi menarik, smartphone ini menjadi device pertama di Indonesia dan bahkan dunia, yang menyematkan prosesor terbaru MediaTek Helio P70. Menurut pihak MediaTek, Helio P70 bersaing langsung dengan Qualcomm Snapdragon 660. Selain digunakan di Realme U1, Helio P70 juga digunakan untuk jeroan Realme 2 Pro.

Untuk sistem operasinya, Realme U1 sudah menyematkan Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Ponsel ini juga dibekali dengan baterai 3.500mAh untuk mengakomodasi pemakaiann sehari-hari, mulai dari bekerja, browsing, bermain game hingga menonton video. Realme U1 sanggup bertahan hingga hampir seharian penuh.

Tutup buka aplikasi serta perpindahan menu juga terasa responsif dan smooth. Khusus untuk urusan berswafoto, tak disangka jika performa Realme U1 juga unggul di kelasnya. Semua ini dimungkinkan berkat sokongan System on Chip MediaTek Helio P70 yang mengangkat prosesor octa-core dan terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 berkecepatan 2,1GHz, dan quad-core ARM Cortex-53 berkecepatan 2 GHz. 

Belum lagi tambahan memori RAM 3GB/4GB yang diperkuat grafis andal dari Graphics Processing Unit Mali-G72 MP3. Seperti diketahui, performa chipset MediaTek Helio P70 berteknologi 12nm ini diklaim setara dengan Snapdragon 660 AIE dan lebih hemat daya 15% dibandingkan teknologi 14nm yang dipakai kompetitor lain.

Setelah dilakukan sejumlah pengujian, ternyata hasilnya memuaskan. Ponsel tak mengalami overheat ketika digunakan secara intens dan lama. Realme U1 hanya terasa sedikit hangat di bagian belakangnya, tepatnya di sekitar kamera dan fingerprint sensor. Dengan demikian, terbukti SoC MediaTek Helio P70 sanggup berpacu kencang saat suhu tetap aman dan terkendali.

Sejumlah game terkenal seperti Arena of Valor, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile dan Asphalt 9 Legends juga sudah dimainkan. Semuanya berjalan dengan mulus, lancar tanpa hambatan.

Baca Juga: Review Asus Zenfone Max M2

Kamera Realme U1

Kamera Realme U1

Sektor kamera juga menjadi salah satu andalan pada smartphone Realme U1. Resolusi tinggi kamera depannya (25 MP sensor Sony IMX576 ukuran 1/2.78 inci 0,9um piksel) sanggup menghasilkan foto berdetail tinggi yang tajam, kontras serta dynamic range dan tone warna yang baik. Hasil foto selfie kamera depannya pun sangat memuaskan di segala kondisi cahaya. 

Fitur AI Beauty+ yang disematkan membuat hasil foto kian prima dengan efek beautify. Serupa Realme 2 yang mudah dan intuitif untuk digunakan, tersedia beberapa mode seperti Video, Slo-Mo, Time-Lapse, Photo, Portrait, Expert, Sticker dan Panorama. Pengguna bisa mengatur White Balance, Shutter Speed (sampai dengan 16s), EV, ISO, dan focus di Mode Expert.

Fitur screen flash juga tersedia untuk berswafoto di tempat gelap. Demikian juga dengan hasil kamera belakangnya. Meski ketajamannya mesti perlu ditingkatkan, namun warna dan foto yang dihasilkan cukup memuaskan. 

Spesifikasi Realme U1

Tabel Spesifikasi Realme U1
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS ColorOS 5.2 (Android 8.1 Oreo)
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU MediaTek Helio P70
Kecepatan CPU 4x 2.1GHz Cortex-A73 & 4x 2.0GHz Cortex-A53
Storage 32 GB/64 GB
RAM 3 GB/4 GB
External Storage microSD up to 256 GB
Baterai 3500 mAh
Ukuran Layar 6,3 inci
Resolusi Layar FHD+ 2340 x 1080 pixels, aspek rasio 19.5:9
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM B2/3/5/8
3G WCDMA B1/2/5/8
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 12MP + 2MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack, Splash-Resistant
Dimensi dan Ukuran 158.73 x 75.58 x 8.47 mm
Berat 180 g

Realme U1 untuk Si Penggemar Selfie

Dengan segala fitur yang disuguhkan, Realme U1 menjadi salah satu ponsel pintar berkamera depan terbaik di kelas menengah. Meski diklaim sebagai ponsel selfie terbaik, namun performa primanya ternyata juga cocok untuk bermain game. Dengan desain kekinian, finishing casing belakangnya yang menarik juga membuatnya tampak stylish.

Harga Realme U1 hanya berada di kisaran 2 juta rupiah saja. Sangat pas di kantong semua orang dengan fitur yang sudah bagus. Harga Realme U1 sebanding dengan apa yang ditawarkan.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!