Review Samsung Galaxy A20

Samsung hadir meramaikan geliat pasar gadget tanah air dengan inovasinya. Sebagai smartphone entry level bergaya kelas menengah, Samsung merilis Galaxy A20 bersama dengan seri A lainnya. 

Penawaran lini Galaxy A 2019 yang lebih beragam dan berbeda dari yang sebelumnya ini telah diluncurkan sejak awal tahun 2019. Yang menarik, Galaxy A20 telah dibekali sejumlah fitur khas dari mid-level

Salah satunya yaitu menggunakan layar Super AMOLED yang didukung oleh dua kamera utama serta fitur ultra-wide. Terkait bagaimana performa dan ulasannya secara keseluruhan, simak uraiannya berikut ini.

Baca Juga: Apple Lovers, Yuk Kepoin Harga iPhone 11 dan Tips Membelinya!

Desain Samsung Galaxy A20 yang Modern

Desain Samsung Galaxy A20

Desain Infinity-V dengan bentukan notch seperti huruf V (tetesan air) menghiasi tampilan perangkat ini. Sebagaimana diketahui, frekuensi tampilan Infinity-V jadi semakin sering digunakan Samsung di berbagai ponsel pintarnya sejak rilis tahun 2019 ini.

Secara keseluruhan, kendali Galaxy A20 dari Samsung ini dipusatkan di body bagian kanan perangkatnya. Akses tombol  volume juga power dapat ditemukan di situ. Ada pun slot kartu SIM yang tersedia untuk dua kartu SIM plus satu MicroSD dapat ditemukan pada bagian kirinya. 

Sementara itu, port USB Type-C, headphone jack 3,5mm serta speaker grill terletak di sisi bawah handphone. Untuk body bagian belakangnya, Galaxy A20 menggunakan polycarbonate yang disertai dengan finishing metal. Itulah yang memunculkan kesan mewah pada tampilannya.

Bezel yang dibuat tipis dengan body melengkung membuat smartphone ini sangat nyaman dalam genggaman.

Layar Samsung Galaxy A20 yang Modern

Layar Samsung Galaxy A20

Layarnya yang menggunakan Super AMOLED berukuran 6,4 inci ini membuat Galaxy A20 menjadi ponsel pintar paling murah dari Samsung dengan teknologi tersebut. Harus diakui, berkat layar berteknologi Super AMOLED, reproduksi warna yang dihasilkan smartphone ini pun jadi lebih apik. 

Hal ini sangat terasa ketika device digunakan baik untuk bermain game mau pun menonton video. Tampil dengan warna yang patut diberikan apresiasi, Galaxy A20 terbukti memanjakan mata penggunanya.

Kamera Samsung Galaxy A20

Kamera Samsung Galaxy A20

Dengan disematkannya dua kamera utama resolusi 5MP (ultrawide, f/2.2) dan 13MP (f/1.9), bagaimana hasil bidikan kameranya? Setelah diuji, harus diakui hasil bidikan dari kamera Galaxy A20 cukup memuaskan di kelasnya. 

Sedangkan untuk kamera bagian depan, resolusinya adalah 8MP (f/2.0) yang serupa dengan sejumlah ponsel terbaru dari Samsung. Semuanya telah di-support dengan fitur bokeh bernama Live Focus.

Hardware dan Performa Samsung Galaxy A20

Performa Samsung Galaxy A20

Untuk dapur pacunya, perangkat besutan Negeri Ginseng ini sudah didukung oleh chipset Exynos 7884B yang dilengkapi RAM 3GB serta ROM 32GB. Dan ini masih bisa diekspansi dengan MicroSD hingga 512GB. Dan setelah dilakukan uji pemakaian, rupanya kualitas performa dari Galaxy A20 ini memang sesuai harga.

Tak hanya responsif, perpindahan antar aplikasi yang digunakan saat multitasking terbilang mulus dan lancar. Meskipun, memang kelancaran itu masih tidak segesit performa smartphone kelas premium dan menengah. 

Sebagai patokan, skor pengukuran ponsel ini melalui AnTuTu Benchmark menghasilkan angka 85 ribuan.

Nilai tambah lainnya yakni ketika Galaxy A20 digunakan untuk bermain game kualitas tinggi seperti PUBG Mobile, performanya tetap lancar tanpa lag. Saat pengaturan disetel di tingkat medium, tidak ditemukan hambatan dan masalah. Lantas bagaimana dengan sistem keamanannya?

Device ini menyematkan dua fitur sekuritas biometrik, yaitu pemindai wajah dan sidik jari. Baik sensor fingerprint maupun face recognition berjalan dengan akurat dan baik. 

Meski memang tak bisa secepat varian di kelas menengah dan premium. Tapi ada nilai lebih dari segi pemindai wajahnya.

Ketika pengguna hendak membuka Galaxy A20 dengan menggunakan face recognition, muncul aksen sinar yang bergerak di bagian notch. Hal ini memberi kesan futuristik tersendiri bagi ponsel ini. Dengan ditunjang oleh baterai kapasitas 4.000mAh, performa Galaxy A20 jadi semakin mantap dengan tambahan fitur fast charging 15 Watt.

Perangkat ini sanggup bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal. Contohnya seperti chatting, browsing internet hingga sesekali bermain game

Baca Juga: Review Asus Zenfone Max M2

Spesifikasi Samsung Galaxy A20

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A20
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 9.0 (Pie)
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Exynos 7884 Octa-core
Kecepatan CPU 2x 1.6 GHz & 6x 1.35 GHz
Storage 32 GB/td>
RAM 3 GB/
External Storage microSD up to 512 GB
Baterai 4000 mAh
Ukuran Layar 6,4 inci
Resolusi Layar Super AMOLED HD + (720 × 1560 pixels) (19.5:9)
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
3G UMTS B1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13 MP + 5 MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 158.4 x 74.7 x 7.8 mm
Berat 169 g


Samsung Galaxy A20 Terbaik di Kelasnya

Bisa dibilang, Galaxy A20 merupakan ponsel pintar yang mewakili perubahan baru pada Samsung. Hal ini tampak jelas dari kehadiran beberapa fitur dan spesifikasi yang sebelumnya tidak ditemukan pada lini kelas entri milik Samsung. Selain itu, desain yang ditampilkan pun tampak makin modern ketimbang generasi terdahulunya.

Dengan memadupadankan komposisi memori RAM 3GB dan ROM 32GB yang menarik, dan disokong dengan adanya layar Super AMOLED membuat device ini patut dijadikan pilihan. Apalagi jika mengingat kapasitas baterainya terbilang besar serta mumpuni untuk mempermudah pemakaian satu hari penuh. Untuk kameranya pun terbilang memuaskan.

Hasil tangkapan gambar cukup prima dalam kondisi yang terang maupun minim cahaya, meski memang noise masih tampak ketika digunakan di ruangan yang tak begitu terang. Secara keseluruhan, produk ini terhitung apik untuk ponsel pintar di kisaran harga Rp 2 jutaan. 

 Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki