Review Samsung Galaxy M20

Dirilis berbarengan dengan Samsung Galaxy M10, Galaxy M20 memiliki kesamaan dan beberapa spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan ‘adiknya’. Galaxy M20 sendiri merupakan salah satu ponsel pintar keluaran Samsung yang dibanderol dengan harga terjangkau. Galaxy M20 memang menjadi langkah awal vendor Korea Selatan tersebut untuk bersaing dengan sejumlah produsen lain yang berfokus di entry level

Nyatanya, publik menyambut Samsung seri M ini dengan cukup baik. Baik Samsung Galaxy M10 maupun Galaxy M20 diharapkan mampu bersaing dengan Honor, Xiaomi hingga Realme. Lantas seperti apa spesifikasinya?

Samsung Galaxy M20 Hadirkan Desain Premium

Desain Samsung Galaxy M20

Mengikuti tren kekinian, Samsung menawarkan sejumlah desain menarik yakni Infinity-U, Infinity-V dan juga Infinity-O. Galaxy M20 sendiri memakai Infinity-V serta notch yang kekinian dan tampak lebih ‘hemat’. Mengusung resolusi FHD+, ukuran layar 6,3 inch dengan jenis TFRT.

Ukuran layar yang luas dan notch yang minim akan memuaskan pengguna secara imersif (sangat mirip dengan dunia nyata) menikmati momen gaming dan multimedia. Selain itu, desain body Galaxy M20 juga menampilkan kesan premium dengan warna-warna yang menawan. Sensor face unlock, speaker dan kamera depan berada di dalam notch.

Pengguna dapat menghilangkan desain notch dengan melakukan pengaturan di menu Settings. Berukuran compact, Galaxy M20 ini memiliki bobot dan ukuran yang pas. Punggungnya pun tidak terasa licin dan enak digenggam. Hanya saja, posisi pemindai sidik jarinya tampak terlalu ke atas sehingga memberikan pengalaman tak begitu mudah untuk dijangkau.

Sensor fingerprint ini terletak di samping kamera pada body bagian belakang. Sebagai alternatif lainnya, tersedia juga fitur face unlock untuk membuka screen. Untuk proteksi, layarnya sudah berlapiskan anti-gores dari Dragontrail Glass—bukan Gorilla Glass

Hal ini dapat dimaklumi mengingat Galaxy M20 dibanderol dengan harga jual yang pas untuk menjajal target pasar kelas menengah.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20

Hardware Samsung Galaxy M20

Layar Samsung Galaxy M20

Dengan spesifikasi yang mumpuni, kinerja Galaxy M20 terbilang andal. Chipset Exynos 7804 dibenamkan Samsung ke dalam Galaxy M20 untuk mendukung device menjalankan berbagai game terkini dan berbagai aplikasi. Exynos 7804 sendiri adalah chipset octa-core dengan 1,8GHz dual-core serta 1,6GHz hexa-core yang menghasilkan balancing yang baik antara daya dan kinerja. 

Performanya yang lancar juga tak lepas dari dukungan RAM tiga atau empat GB dengan varian penyimpanan internal sebesar 32/64GB. Storage dapat diekspansi dengan kartu micro SD dedicated slot (bukan hybrid). Ada pun di bagian software, ponsel ini dibekali dengan sistem operasi OS Android 8.0 Oreo. Kabarnya, jika ingin membarui ke 9.0 Pie sudah bisa diakses di bulan Agustus. 

Dengan kemampuan mengubah Samsung Experience UI 9.5 di atasnya, versi UI ini merupakan optimalisasi performa untuk kinerja smartphone level menengah tersebut. Sejumlah animasi dan elemen menarik dari One UI juga sudah diadopsi oleh UI 9.5 ini. 

Ponsel ini juga telah memenuhi persyaratan untuk menjalankan streaming berkualitas HD. Semua itu karena sertifikat Widevine DRM L1, sehingga kualitas Full HD dan HD ada pada ponsel ini. Hal ini tentu menjadikan ponsel sebagai satu-satunya ponsel pintar dengan harga terjangkau yang mendukung streaming berkualitas HD di aplikasi seperti Amazon Prime dan Netflix.

Performa Samsung Galaxy M20

Baterai Samsung Galaxy M20

Ponsel ini juga menawarkan pengalaman kinerja yang menyenangkan, mudah dan lancar bagi penggunanya. Ini terbukti dari ketersediaan USB Type-C dan pengisian daya yang cepat (fast-charging). Sekarang ini banyak merek lain yang belum memakai USB Type-C, namun M20 sudah lebih unggul dengan menjadi salah satu dari segelintir ponsel murah yang menggunakannya.

Performa Samsung Galaxy M20

Selain itu, Galaxy M20 disokong oleh baterai 5,000mAh fast charging 15W. Ikut disertakan dalam kotak paket pembeliannya, Samsung juga memberikan pengguna adaptor yang mendukung fitur fast-charging tersebut. 

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A50

Kamera Samsung Galaxy M20 dengan Hasil Gambar Luar Biasa

Kamera Samsung Galaxy M20

Terdapat dual kamera resolusi 13 MP live focus dan 5 MP ultra wide angle ditambah lampu LED flash di bagian belakangnya. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 8 MP. Sensor kamera ultra wide angle akan memudahkan pengguna menghasilkan foto yang sudut pandangnya lebih luas hingga mencapai 120 derajat.

Namun rupanya, hasil foto tampak menampilkan distorsi melengkung di bagian sisi-sisinya. Sementara itu, mode Live Focus akan menghasilkan efek bokeh yang maksimal dalam kondisi pencahayaan yang ideal. Secara keseluruhan, hasil foto tergolong sangat baik jika dilakukan di luar ruangan, pada siang hari, dan dalam kondisi lighting yang ideal.

Sebaliknya, noise bahkan blur bisa muncul jika pemotretan dilakukan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Kekurangan ini muncul dalam penggunaan baik kamera belakang, kamera depan dan juga pengambilan video yang resolusi maksimalnya ialah Full HD (1080p) dan belum mendukung 4K.

Samsung Galaxy M20 Spesifikasi 

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy M20
Tipe Smartphone
Bentuk Bar
OS Android
Versi OS Android 8.1 (Oreo)
SIM Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby
CPU Exynos 7904 Octa core Cortex-A53
Kecepatan CPU 4x 1.8GHz Kryo 260 Gold & 4x 1.8GHz Kryo 260 Silver
Storage 32 GB
RAM 3 GB
External Storage microSD up to 512 GB
Baterai 5000 mAh
Ukuran Layar 6,3 inci
Resolusi Layar FHD+ 1080 x 2340 pixels (19.5:9)
Tipe 2G/3G/4G (LTE)
2G GSM 850/900/1800/1900 Mhz
3G UMTS B1(2100/B2(1900)/B5(850)/B8(900)
4G (LTE) FDD-LTE/TDD-LTE
Kamera Belakang 13 MP + 5 MP
Kamera Depan 8 MP
Fitur dan Layanan Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, Fingerprint Scanner, Dual Cameras, 3.5mm Headphone Jack
Dimensi dan Ukuran 156.4 x 74.5 x 8.8 mm
Berat 186 g

Samsung Galaxy M20, Handphone yang Cocok untuk Generasi Milenial

Harga Samsung Galaxy M20 berada pada kisaran Rp 2,3 juta dan Rp 2,8, Ponsel ini siap bersaing dengan Xiaomi, Honor dan juga Realme (sub brand dari Oppo). Seakan tak mau kalah tergerus para pemain di segmentasi kelas menengah dan awal, Samsung ikut menghadirkan Galaxy M20. Tentunya dengan spesifikasi yang mumpuni juga performa yang apik. 

Namun bagi para heavy user yang gemar bermain game, bisa jadi akan merasa kurang nyaman. Saat diuji dengan memainkan PUBG dengan pengaturan maksimal, smartphone terasa mengalami sedikit lag. Solusinya, turunkan setting agar pengalaman gaming jadi lebih optimal.

Secara keseluruhan, device ini memang cocok bagi generasi milenial di kelas mid-entry level penggemar Samsung.

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki