Review Samsung J2 Prime

Samsung kembali menjajal market kelas menengah dengan menghadirkan J Series. Salah satunya yakni Samsung J2 Prime. J Series menjadi salah satu produk Samsung yang lumayan banyak digemari konsumen dikarenakan harganya yang bersahabat.

Tak hanya J2 Prime, Samsung juga merilis J2 Core, J2 Pro, J4, J4+, J6, J6+, J7 Duo, J8, J7+ dan masih banyak lagi varian menarik lainnya. Bisa dikatakan, J2 Prime sendiri merupakan versi yang lebih baik dari Samsung Galaxy J2. Device ini telah dibekali spesifikasi serta fitur yang lebih mumpuni dibanding pendahulunya tersebut.

Meski memori internal yang disematkan dianggap masih kurang lega, namun terdapat sejumlah perbaikan dalam kinerja dapur pacunya. Berikut ulasannya.

Desain Menawan Samsung J2 Prime

Desain Samsung J2 Prime

Tampil dengan desain yang keren dan elegan, device ini tersedia dalam empat pilihan warna yaitu black, silver, pink, dan gold.

Dengan desain unibody dan terbuat dari bahan dasar metal membuat Galaxy J2 Prime tidak terasa licin. Dengan gaya yang premium membuat ponsel ini cocok untuk mengakomodasi kebutuhan hiburan generasi muda pada umumnya. 

Baca Juga: Kredit HP Samsung: Ini 8 Handphone Samsung di Bawah 2 Juta Rupiah yang Wajib Kamu Miliki

Layar Samsung J2 Prime

Layar Samsung J2 Prime

Body berbobot 160 gramnya yang tipis, dipadukan dengan layar yang lebih besar yakni 5.0 inci. Frame belakangnya yang berpola non-slip juga membuat ponsel ini kuat dan nyaman dalam cengkeraman. 

Ada pun untuk resolusinya adalah HD dengan jenis PLS TFT yang menampilkan visual tajam dan jernih.

Baterai Samsung J2 Prime

Baterai Samsung J2 Prime

Dengan ditambahkannya kapasitas baterai yang lebih besar membuat pengguna semakin nyaman mengoptimalkan pemakaian smartphone. Berbagai fitur yang ada jadi dapat dinikmati lebih lama berkat baterai berkapasitas 2,600mAh. 

Ditambah lagi dengan adanya support dari fitur Ultra Power Saving Mode membuat penggunaan daya baterai jadi lebih efisien dan terkontrol. Baterainya sendiri bersifat removable (masih bisa dilepas). 

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M20

Kamera Berkualitas Milik Samsung J2 Prime

Kamera Samsung J2 Prime

Dengan harga yang berada di rentang 1 jutaan Rupiah, rasanya dapat dimaklumi jika Samsung hanya menyematkan kamera belakang beresolusi 8 MP plus LED Flash. Sementara untuk kamera depannya beresolusi 5 MP yang didukung oleh fitur Selfie Flash. 

Saat menggunakan LED, hasil bidikan dari kamera depannya pun sudah bisa diandalkan lantaran tampak cerah dan tajam. Bahkan meskipun kondisi lokasi pemotretan tergolong minim cahaya, namun foto yang dihasilkan tetap bagus. 

Ditambah lagi, Galaxy J2 Prime telah menyematkan Fitur Quick Launch. Fitur ini berfungsi untuk mempercepat viewfinder pada kamera.

Anda bisa menekan Home key dua kali agar aplikasi kamera langsung terbuka dalam waktu satu detik saja. Dengan kecepatan tersebut, pengguna jadi lebih mudah mengabadikan berbagai kejadian penting tanpa harus kehilangan momen. Meski begitu, kedua kamera J2 Prime ini tidak dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization. 

Diketahui, OIS dapat menghasilkan foto terbaik yang berkualitas tinggi. OIS dapat meredam getaran tangan (tremor) saat mengambil foto sehingga hasilnya akan terhindar dari blur atau gambar yang tidak fokus.

Spesifikasi Samsung J2 Prime

Spesifikasi Samsung J2 Prime

Spesifikasi Samsung J2 Prime sudah sangat mumpuni di kelasnya. Ditenagai oleh GPU Mali-T720 MP2, RAM 1,5 GB, prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz, serta chipset MediaTek MT6737T. Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, terdapat peningkatan signifikan pada hardware ponsel ini.

Meski terlihat tidak ada yang spesial dan tampak biasa saja, namun Galaxy J2 Prime dilengkapi dengan aplikasi yang bernama Smart Manager. Smart Manager ini bisa digunakan untuk memeriksa status ponsel dengan cepat dan mudah. Sebut saja seperti penggunaan RAM, penggunaan internal storage, status keamanan, dan juga status baterai.

Untuk fitur keamanannya, ponsel ini tidak disertai dengan sensor fingerprint. Tapi fitur keamanan lainnya seperti unlock pattern, PIN, dan password sudah tersedia secara default

Selain itu, smartphone dengan sistem operasi Android 6.0.1 (Marshmallow) ini rupanya tidak tahan air maupun debu. Perangkat ini juga dibekali hybrid dual slot SIM card serta 1 micro SD agar pengguna dapat dengan mudah mengganti kartu tanpa harus restart dulu. 

Meskipun, gudang penyimpanan dari pabrikan hanya tersedia sebesar 8 GB. Namun, pengguna dapat menambahkannya dengan memori micro SD hingga 256 GB. 

Dari segi konektivitasnya, ponsel ini telah mendukung jaringan GSM/HSPA/LTE dengan kecepatan 4G. Demikian juga dengan WLAN Wi-Fi ,Wi-Fi Direct hingga hotspot, serta bluetooth 4.2, dan GPS. USB On-The-Go, fitur Radio dan sensor seperti Accelerometer serta proximity juga tersedia.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20

Harga Samsung J2 Prime

Sebagai versi termurah dari trio Galaxy J Prime, kehadiran Galaxy J2 Prime (SM-G532G) menarget generasi muda kelas mid-end. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 1 jutaan Rupiah saja, harga Samsung J2 Prime sangat pas di kantong para generasi muda. 

Ponsel Pintar untuk Generasi Pintar

Samsung J2 Prime memiliki sejumlah keunggulan seperti konektivitas yang sudah memungkinkan jaringan 4G LTE, baterai dapat dilepas, mode hemat daya, serta adanya Selfie Flash

Meski begitu, ponsel ini masih memiliki beberapa kekurangan seperti memori internal yang tidak luas, tidak menggunakan layar Super-AMOLED, serta resolusi kamera yang tak bisa dibilang besar.