Review Vivo V15

Perusahaan smartphone asal negeri Tiongkok, Vivo, kembali meramaikan pasar gadget tanah air dengan seri-seri terbaru. Salah satunya ialah Vivo V15 yang hadir dengan kamera depan bermodel pop-up. Selain modelnya yang tergolong baru, resolusi kameranya pun dikabarkan sangat bagus untuk digunakan saat selfie.

Vivo Indonesia mengklaim kamera dari Vivo V15 ini mengusung teknologi kamera depan pertama dengan resolusi nomor satu dan paling besar di Indonesia, yakni 32 MP. Sebelum Vivo V15 dirilis, Vivo sempat meluncurkan Vivo Nex dengan fitur kamera yang serupa. Namun, produk tersebut tidak masuk pasar Indonesia.

Seperti apa kelemahan dan keunggulan smartphone yang memulai promosi dan campaign "Go Up" ini? Simak ulasannya berikut ini.

Desain Elegan Vivo V15

Desain Vivo V15

Kesan elegan langsung terlihat hanya dalam sekali lirik. Tanpa penghalang dan celah, layar V15 dapat tampil penuh. Semua ini berkat kamera selfienya yang telah menggunakan mekanisme pop-up.

Di tahun 2019 ini, Vivo V15 menjadi smartphone pertama di Indonesia dengan desain Ultimate All-Screen Display. Layar AMOLED selebar 6.53 inci berdesain 2.5D rasio 19,5:9 resolusi Full HD+ (1080×2340) tampil tanpa celah atau poni. Layarnya sendiri sudah diproteksi oleh Corning Gorilla Glass generasi kelima.

Vivo V15 menyajikan pengalaman yang sempurna untuk menjelajah media sosial, menyaksikan konten, hingga bermain game. Device ini tampak sangat apik dengan rasio layar-ke-body hingga 90,95% dan tanpa notch. Untuk bagian punggungnya, perangkat ini tampak cantik dan futuristic dengan gradasi warna yang unik ditambah lengkungan 3D yang ada.

Panel sensor fingerprint yang berada di dekat kamera terasa sangat responsif dan mudah dijangkau. Ponsel ini juga dilengkapi dengan dual SIM card dan satu kartu micro SD dalam satu slot. Speaker stereo, port charging format universal micro-USB juga microphone terdapat di bagian bawah ponsel berbobot 189,5 gram ini.

Baca Juga:  Kredit HP Vivo: 5 HP Vivo Terbaru yang Kekinian dengan Harga di Bawah 3,5 Juta

Kamera Berteknologi Canggih Milik Vivo V15

Kamera Vivo V15

Nilai utama dari Vivo V15 ini adalah kameranya. Menurut Vivo, teknologi pop-up camera pada ponsel ini sangat cepat dan tangguh dengan durasi naik turun kamera sebesar 0,46 detik saja. Tak hanya itu, kamera ini pun dapat menahan tekanan hingga 15 kg dan dapat dinaik-turunkan sampai 50.000 kali.

Sebagai contoh, pengguna melakukan selfie sebanyak 30 kali dalam sehari, maka Vivo V15 ini bisa bertahan dipakai sampai 5 tahun ke depan.

Pop-up camera tersebut sudah dapat beroperasi secara otomatis. Sewaktu membuka menu selfie misalnya, kamera akan muncul di layar bagian atas. Saat di-switch ke kamera belakang, kamera pop-up-nya akan turun dan bersembunyi di belakang layar dan semua itu berlangsung secepat kilat.

Kamera depan beresolusi 32 MP tersebut memiliki bukaan f/2.0. Kamera depan V15 sanggup menangkap detail wajah pengguna dengan tajam dan jernih. Dilengkapi dengan fitur AI Face Beauty yang membuat kualitas hasil selfie kian memukau. 

Selain itu, sentuhan artistik nan memikat pun dapat ditambahkan berkat sejumlah efek pencahayaan studio yang tersedia tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Seolah itu semua belum cukup, Vivo V15 juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang. Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama, sensor ultra wide, serta sensor depth untuk efek foto bokeh. 

Kamera utama memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/1.78, kamera wide 8 MP dengan bukaan f/2.2, serta kamera depth 5 MP dengan aperture f/2.4. Ketiga kamera belakang dan kamera depannya telah didukung oleh kecerdasan buatan (Artifial Intelligence/AI).

Kamera belakang ini diketahui sudah mensupport super wide angle 120°. Sementara itu, untuk sudut standar di ponsel saat ini yaitu 78°. Dengan sensor kedalaman sebesar 5 MP, pengguna dapat mengambil foto bokeh dengan begitu mudah.

Hardware Vivo V15

Hardware Vivo V15

Ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 675 Octa-core, ROM 128 GB (up to 256 GB) dan RAM 6 GB, kinerja dan performanya tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Komposisi dari spesifikasi ini membuatnya sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dan sejumlah game terbaru. 

Untuk sistem operasinya, Vivo sudah menggunakan OS sendiri di berbagai produknya. Demikian juga dengan V15 yang menggunakan Funtouch OS 9.0. Kini user interface-nya menjadi lebih seru dan berwarna namun tak begitu ramai. 

Fitur terbaru pun disematkan mulai dari Easy access, Shortcut, hingga Smart panel. Selain itu, terdapat karakter Fun moji

Untuk Fingerprint, sensor pemindai sidik jari ini hampir sama dengan V11 Pro yang diletakkan di dalam layar. Alternatif lain yang diberikan untuk pengguna yaitu fitur Face Unlock untuk membuka kunci dengan mengenali wajah.

Baca Juga:  Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Performa dan Kapasitas Baterai Vivo V15

Baterai Vivo V15

Performa baterai ponsel pintar keluaran Vivo ini dapat dikatakan cukup baik. Berkapasitas 4000 mAH, ponsel ini telah menyisipkan teknologi inovatif pengisian daya Dual-Engine Fast Charging. 

Spesifikasi Vivo V15

Tabel Spesifikasi Vivo V15

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 9.0(Pie) with Funtouch OS 9

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

MediaTek Helio P70 Octa core

Kecepatan CPU

4x Cortex-A73 2.1 GHz & 4x Cortex-A53 2.0 GHz

Storage

64 GB/128GB

RAM

6GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

4000 mAh

Ukuran Layar

6,53 inci

Resolusi Layar

FHD+ 2340×1080

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

UMTS B1/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

12 MP + 8 MP + 5 MP

Kamera Depan

32 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Fingerprint Scanner, Triple Cameras, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

161.97 × 75.93 × 8.54 mm

Berat

189,5 g


Harga 3 Jutaan untuk Kualitas Premium

Desain V15 yang elegan menampilkan kesan smartphone premium dengan Elevating Front Camera. Sangat cocok bagi Anda yang gemar berfoto. 

Harga Vivo V15 berada di kisaran harga 3 jutaan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena harga Vivo V15 tetap aman di kantong semua kalangan.

Baca Juga:  4 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas