Review Xiaomi Mi 8 Lite

Sebagai seri tertinggi dari rangkaian smartphone Xiaomi, seri Mi hadir dengan spek yang memadai disertai tampilannya yang premium. Dengan perpaduan tersebut, tak heran jika harganya pun cukup tinggi meski masih berada di bawah smartphone flagship yang spesifikasinya setara. Saat Mi 8 dirilis, Xiaomi turut menelurkan beberapa seri lainnya.

Sebut saja seperti Mi 8 SE yang harganya lebih terjangkau, serta Mi 8 Lite sebagai varian yang termurah. Mengusung cita rasa elegan dan premium namun dengan harga ekonomis, apa saja keunggulan ponsel ini? Simak review lengkapnya berikut ini.

Xiaomi Mi 8 Lite Menghadirkan Desain Premium

Desain Xiaomi Mi 8 Lite

Desain premium dan menawan menjadi kesan pertama dari device yang menghadirkan sejumlah warna menarik nan cantik seperti Aurora Blue, Twilight Gold, dan Midnight Black. Ponsel ini tampil kekinian berkat perpaduan lapisan kaca dan warna gradasi di punggungnya. 

Tombol fingerprint yang berada di belakang pun tampak mudah dijangkau. Dengan tombol volume dan power diletakkan di sebelah kanan smartphone

Namun, karena menggunakan material kaca membuat bercak jari jadi lebih mudah mengotori permukaan ponsel. Belum lagi, body jadi terasa licin saat berada dalam genggaman. Sebagai solusinya, Xiaomi menambahkan bonus silicon case untuk genggaman yang lebih nyaman plus proteksi terhadap goresan. 

Layar Xiaomi Mi 8 Lite

Layar Xiaomi Mi 8 Lite

Memiliki layar IPS LCD berukuran 6,26 inci, terdapat tray SIM card hybrid di sebelah kanan. Tak ada tray khusus (dedicated slot) untuk micro SD sehingga pengguna harus memilih antara memori eksternal atau dual sim card pada slot keduanya. 

Sementara di bagian bawahnya, tersedia USB tipe C dan speaker. Hanya saja, perangkat ini tidak mempunyai port jack audio 3,5mm untuk mengakomodir penggunaan headset atau earphone. 

Meski begitu, terdapat converter USB tipe C ke jack audio 3,5mm di dalam paketnya. Ponsel ini juga hadir dengan  notch yang berukuran cukup kecil. Dengan bezel tipis, layar jadi tampak lebih luas dan nyaman digunakan untuk menonton video. 

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Kartu Kredit? Coba Gunakan 4 Aplikasi Kredit HP Berikut Ini!

Hardware dan Performa Xiaomi Mi 8 Lite

Performa Xiaomi Mi 8 Lite

Di urusan dapur pacunya, Mi 8 Lite telah ditenagai oleh chipset Snapdragon 660 yang prosesor mobil-nya terdiri dari delapan inti. System on Chip (SoC) ini menggunakan delapan inti Qualcomm Kryo 260 64 bit. Sebanyak empat inti berjalan di 2,2GHz, dan empat inti x 1,84GHz. Kryo 260 ini merupakan custom chip dari ARM Cortex-A73

Dari segi GPU, Snapdragon 660 menggunakan Adreno 512 di kecepatan 850 MHz. Mi 8 Lite mengusung RAM 4 GB dengan ROM 64 GB. Dengan spesifikasi yang memadai ini, tak heran jika kinerja dan performa Mi 8 Lite terbilang mumpuni.

Untuk mengukur seberapa unggulnya ponsel ini dalam operasional sehari-hari, dilakukan beberapa pengujian. Hasilnya, pada uji benchmark PC Mark, Xiaomi Mi 8 Lite mendapat skor 6029. Selain nilai keseluruhan, sejumlah skor lain juga diraih perangkat ini dalam hal Photo Editing, Web Browsing, Writing, Video Editing dan Data Manipulation.

Berbekal software Android 8.1 Oreo, device ini juga didukung oleh baterai berkapasitas 3.350 mAh dengan ketahanan durasi yang mencapai 8 jam 14 menit saat diuji. Fitur fast charging Quick Charge 3.0 sudah mendukung performa ponsel ini. Ketika digunakan bermain game PUBG Mobile, ponsel dapat beroperasi dengan prima selama lebih dari 3 jam. 

Serupa juga sewaktu memainkan game Asphalt 9: Legends. Dalam game ini, performa Mi 8 Lite tetap stabil meski sesekali terjadi lag/ sendatan.

Kamera yang Cocok untuk Si Penggemar Selfie

Kamera Xiaomi Mi 8 Lite

Dilengkapi kamera primer dan sekunder, Mi 8 Lite dapat memuaskan kebutuhan fotografi penggunanya dengan baik. Kamera depannya yang single memiliki resolusi 24 MP, sebuah sarana yang sangat pas untuk ber-selfie ria. Baik dalam mode portrait dan juga normal, hasil bidikan kameranya tak hanya memanjakan mata tapi juga menawan.

Hasil swafoto sama-sama tajam, jernih dan cerah dalam kondisi indoor maupun outdoor. Sementara untuk dual camera utama di belakang ialah lensa beresolusi 12 MP dan 5 MP. 

Tak hanya itu, teknologi AI juga ikut dibenamkan ke dalamnya sehingga warna gambar menjadi semakin tajam dan Instagramable.

Baca Juga: Nah Lho! Ponsel Black Market Diblokir Bulan Depan, Buruan Cek HP Kamu

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

Tabel Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

Tipe

Smartphone

Bentuk

Bar

OS

Android

Versi OS

Android 8.1 (Oreo)

SIM

Nano SIM/Dual SIM/Dual Standby

CPU

Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 Octa core Cortex-A53

Kecepatan CPU

4x 2.2GHz Kryo 260 & 4x 1.8GHz Kryo 260

Storage

64 GB/128GB

RAM

4 GB/6GB

External Storage

microSD up to 256 GB

Baterai

3350 mAh

Ukuran Layar

6,26 inci

Resolusi Layar

FHD+ 2280 x 1080pixels (19:9)

Tipe

2G/3G/4G (LTE)

2G

GSM B2/3/5/8

3G

WCDMA B1/2/5/8

4G (LTE)

FDD-LTE/TDD-LTE

Kamera Belakang

12 MP + 5 MP

Kamera Depan

24 MP

Fitur dan Layanan

Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Infrared, Flash, Fingerprint Scanner, 3.5mm Headphone Jack

Dimensi dan Ukuran

156.4 x 75.8 x 7.5 mm

Berat

169 g


Harga Xiaomi Mi 8 Lite Sebanding dengan Kualitas yang Ditawarkan

Berada di rentang harga 2 – 3 jutaan, tepatnya Rp2,7 juta, Harga Xiaomi Mi 8 Lite terbilang cukup terjangkau untuk fasilitas yang ditawarkan. Tipe yang ikut meramaikan gadget market tanah air dengan menyasar segmentasi mid-end

Tak hanya dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap sensor fingerprint dan Face Unlock, performa ponsel ini pun terbilang baik. Terutamanya saat digunakan untuk menjalankan game maupun sebagai sarana fotografi sehari-hari. 

Dibekali kamera depan berresolusi 24 MP membuat smartphone ini sangat cocok untuk pengguna perempuan yang gemar selfie. Pun halnya bagi pengguna yang memerlukan performa ponsel pintar yang andal yang berada di level kelas menengah, Xiaomi Mi 8 Lite yang telah rilis sejak September 2018 ini patut dijadikan pilihan. 

Baca Juga: Kredit HP Xiaomi: 8 Handphone Xiaomi di Bawah 2 Juta yang Wajib Kamu Punya