Risiko dan Karakteristik Kredit Emas Yang Wajib Diketahui

Saat ini emas dapat menjadi salah satu pilihan investasi terbaik. Hal ini dapat dilihat bahwa harga emas terus menerus naik, jadi tidak heran jika berinvestasi emas dapat memberikan keuntungan yang besar bagi pemiliknya. Pertanyaannya, bagaimana cara memulai investasi emas ini dan berapa modalnya?

Biasanya kendala bagi seseorang yang ingin berinvestasi karena modal. Ada keinginan untuk investasi, hanya saja banyak yang dipertimbangkan. Pada pembahasan berikut ini kami akan coba membuka pengetahuan Anda tentang investasi emas, karakteristiknya, hingga risiko investasi emas.

Pertama-tama, mungkin banyak yang belum mengetahui kalau ada yang namanya kredit emas. Ada kata kredit berarti Anda sudah tau ya model dari investasi ini.

Kredit emas merupakan suatu investasi yang dapat dilakukan oleh investor yang memiliki keinginan untuk berinvestasi emas namun belum tersedia dana yang cukup untuk membeli emas ini. Untuk itu, bagi yang berpikir jika emas hanya bisa dibeli secara tunai, ternyata salah. Kredit emas dapat menjadi solusi untuk Anda dalam berinvestasi emas.

Emas menjadi pilihan investasi yang tepat. Karena nilai emas ini stabil juga likuid. Jadi tidak ada kerugian dalam investasi emas ini. Karena emas tidak akan lekang oleh zaman. Akan tetap stabil bahkan cenderung naik.

Harga emas cenderung selalu mengalami peningkatan. Bayangkan saja, jika kita kredit emas atau membeli emas secara tunai langsung tahun 2019, jangankan jika kita jual di tahun berikutnya yakni tahun 2020. Jika Anda jual di 3 bulan berikutnya maka harga emas tersebut naik. Berarti akan ada keuntungan yang Anda dapatkan.

Namun, harga emas juga tidak murah. Butuh modal yang lumayan untuk dapat membeli emas. Apalagi trend dari emas ini terus meningkat. Semakin tinggi harga jual emas maka semakin tinggi juga harga untuk membeli emas.

Dengan kondisi yang seperti ini maka ada fasilitas yang akan memudahkan Anda investasi emas. Misalnya saja program kredit emas bank syariah dan kredit emas pegadaian. Dengan mengikuti program tersebut Anda sudah maka bisa membeli emas dengan bantuan bank syariah dan pegadaian.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kredit Emas

kredit emas

Umumnya kredit emas ini sama dengan cara kita kredit motor atau kredit rumah. Jadi, pihak Bank memberikan dana untuk kita sebagai bentuk talangan membeli emas. Setelah itu kita harus membayar cicilan margin yang ditentukan oleh Bank.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Cara Investasi Emas Di Pegadaian

Karakteristik Kredit Emas

karakter kredit emas

Ada beberapa karakteristik dari kredit emas ini.

  1. Yang dapat dibeli dengan cara kredit emas ini adalah emas jenis logam mulia yang di produksi oleh PT Aneka Tambang.
  2. Ketika sudah mengajukan kredit, emas akan dibeli oleh Bank dan juga disimpan oleh lembaga pemberi pinjaman sampai cicilan kredit emas ini sudah lunas. Begitupun dengan sertifikat emas logam mulia yang dikeluarkan PT Aneka Tambang juga dipegang oleh Bank atau Pegadaian.
  3. Disini emas merupakan objek jaminan dari kredit yang diajukan, jadi apabila debitur atau peminjam tidak melunasi emas tersebut, maka Bank berhak melelang emas. Setelahnya hasil dari lelang emas digunakan guna melunasi hutang kepada Bank. Terkait lelang emas ini, tergantung dari masing-masing Bank dan Pegadaian. Biasanya lelang dilakukan karena debitur menunggak pembayaran selama berbulan-bulan.
  4. Untuk bisa kredit emas harus menyediakan dana senilai 25% dari harga emas, karena maksimum pembiayaan emas ini adalah 80% dari nilai emas. Jadi dana sudah harus Anda siapkan sebelum proses pembelian emas dilakukan oleh Bank atau pegadaian.
  5. Bank akan membebankan margin kepada debitur sesuai nilai emas yang Anda beli. Oleh karenanya, jumlah pinjaman harus dicicil sesuai dengan akad yang ditentukan yaitu harga beli emas ditambah dengan persentase margin.
  6. Bank menetapkan minimum umur dalam proses kredit emas ini, selain itu dianjurkan adalah WNI, serta memberikan dokumen-dokumen, data keuangan debitur, dan identitas debitur untuk selanjutnya dilakukan evaluasi oleh Bank. Dan selanjutnya akan di evaluasi oleh Bank untuk dilakukan evaluasi apakah debitur layak untuk diberikan layanan kredit emas dan memastikan debitur akan melakukan pembayaran dengan tepat waktu.

Risiko Kredit Emas

risiko investasi emas

Perlu diingat bahwa kredit emas ini bukan tanpa risiko. Tidak seperti kredit TV, kredit lemari, kredit kasur dan sebagainya. Karena harga emas yang tidak sedikit ini, maka pasti ada risiko dari kredit emas yaitu diantaranya.

1. Risiko harga emas yang menurun

Emas memang akan selalu naik, namun kenaikannya ini lebih kecil dari margin. Ingat, ketika mulai melakukan perjanjian dengan penyelenggara kredit emas sudah menyetujui untuk margin yang ditentukan. 

Oleh karenanya Anda harus membayar margin sesuai pinjaman untuk beli emas. Namun, ini tidak masalah jika Anda akan investasi emas dalam jangka waktu yang panjang maka walaupun membayar margin juga tidak masalah karenan nantinya suatu saat jika terjadi peningkatan maka bisa menjualnya.

Jika ingin menghindari risiko ini, Anda bisa mengambil masa kredit jangka pendek. Karena masa kredit jangka pendek ini akan mengurangi eksposur terhadap naik turun harga emas serta margin yang telah diberikan oleh Bank atau pegadaian ini juga lebih rendah.

2. Emas Tidak di Tangan Anda

Risiko kredit emas selanjutnya yang mungkin menjadi bahan pertimbangan Anda investasi emas adalah tidak memegang emas yang dikreditkan. 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketika memutuskan kredit emas maka Anda hanya akan membayar angsuran kredit emas beserta dengan marginnya. untuk obyeknya yaitu emasnya tersebut akan menyimpan emas Anda. Jadi, Anda hanya bisa melihat emasnya saja.

Baca Juga: Lebih Untung Mana: Warisan Emas Batangan atau Rumah?

Jangan Hanya Tahu Keuntungan, Pahami Juga Risikonya

Pilih lembaga yang memberikan kredit emas tersebut adalah lembaga yang terpercaya yang kredibel dan legal. Lembaga kredit emas tersebut punya izin memberikan kredit berupa emas yang jelas. Jadi tidak perlu khawatir walaupun emas tidak berada di tangan Anda.

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Risiko dan Karakteristik Kredit Emas Yang Wajib Diketahui. Semoga informasi ini akan sangat bermanfaat bagi yang baru akan memulai investasi emas dengan cara kredit emas

Baca Juga: Trading Emas Online Di Pasar Forex: Tata Cara, Kelebihan dan Risikonya