Roy Kiyoshi, Si Indigo Beken Ini Ternyata Punya Masa Lalu Pahit

Tayangan berbau horor, klenik,gaib, mistis, dan spiritual di televisi masih menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia. Program misteri tersebut semakin menarik karena menghadirkan paranormal maupun orang indigo sebagai pembawa acara atau host.

Salah satu paranormal sekaligus memiliki kemampuan indigo (indra keenam) yang sedang naik daun adalah Roy Kiyoshi. Namanya mulai dikenal publik saat tampil di acara “Karma” yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Memiliki wajah yang disebut-sebut mirip artis Korea, Pria bernama lengkap Roy Kurniawan itu telah menjadi idola baru para remaja.

Acara “Karma” merupakan program unggulan yang telah mencuri perhatian penonton. Hal tersebut juga dibarengi dengan kesuksesan Roy Kiyoshi yang kini memiliki materi berlimpah dan rumah mewah. Tapi jauh sebelum tenar, Pria berusia 32 tahun itu pernah menjalani masa kecil yang kurang menyenangkan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Modal Nekat, Ini Kisah Sukses Raam Punjabi Raja Sinetron Indonesia

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pernah Hidup Susah

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roy Kiyoshi (@roykiyoshi) pada

Roy Kiyoshi lahir dari keluarga sederhana, 24 Februari 1987. Ia tinggal bersama kedua orangtua dan kakaknya di sebuah rumah petak. Kala itu, kehidupan ekonomi keluarga Roy serba pas-pasan. Ayahnya Hasan Anwar bekerja sebagai karyawan di perusahaan minyak angin. Sementara sang ibu Meilany Chandrawati hanya ibu rumah tangga.

Boro-boro kendaraan, gaji sang Ayah sebulan cuma cukup untuk makan sehari-hari. Jadi kalau ingin bepergian jauh, Roy harus mondar mandir menggunakan becak atau bus. Untuk biaya sekolah pun, pernah sempat kehabisan uang. Tapi beruntung Roy memiliki orangtua yang mementingkan pendidikan anak-anaknya. Demi mendapatkan uang untuk biaya sekolah, sang ibu rela menjual cincin kawinnya.

Kenyang dengan Bully-an dan Dikucilkan karena Indigo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roy Kiyoshi (@roykiyoshi) pada

Penderitaan Roy tidak sampai di situ. Selain hidup dalam keterbatasan ekonomi, masa kecil dan remaja Roy juga dipenuhi dengan perilaku perundungan (bullying) dari teman-temannya. Itu karena kemampuan indigo atau supranatural tang dimilikinya.

Ia dan keluarga baru mengetahui Roy dikaruniai indigo saat Roy duduk di bangku SMP. Ketika itu, bungsu dari dua bersaudara ini memberitahu ibunya jika ia memiliki firasat bahwa sang kakek di Surabaya akan meninggal. Si ibu tentu saja tidak percaya dan justru menegurnya. Tetapi kurang dari sepekan, firasat itu benar-benar terjadi.

Di situlah, ia dan keluarga mulai menyadari bahwa ia diberi kelebihan seperti indra keenam sehingga bisa melihat masa depan. Untuk lebih meyakinkan, Roy dibawa ke psikiater dan menjalani berbagai tes, foto aura, dan tes IQ. Hasilnya menunjukkan Roy adalah anak indigo.

Mengulik pengalaman mistis, Roy seringkali melihat penampakan makhlus halus di sekolahnya. Saat tiba di sekolah lebih awal, banyak makhluk tak kasat mata dijumpai. Ia bisa melihat bentuknya sangat jelas. Sosok-sosok hantu berwajah menyeramkan. Hal ini sempat membuat Roy takut, akan tetapi ia berusaha menerima keadaan.

Mungkin karena itulah, lambat laun secara tidak sadar, Roy menjadi sosok penyendiri. Ia selalu memilih kursi di bagian belakang, sehingga kerap menemui makhluk halus yang mengajaknya ngobrol. Di mata orang awam, tentu saja memandang Roy sangat aneh, ngobrol sendirian.

Nah mulai lah, perlakuan tidak menyenangkan muncul dari teman-temannya. Diledekin, jadi sasaran bully, bahkan paling parah Roy pernah disebut anak setan dan anak iblis. Hal ini membuat Roy sedih. Bersyukur, Roy punya keluarga yang selalu memberi dukungan penuh. Ia tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan lebih dewasa.

Mantap Berkarier sebagai Paranormal

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roy Kiyoshi (@roykiyoshi) pada

Roy menganggap kemampuan indigo ini adalah anugerah dari Tuhan yang tidak dimiliki semua orang. Hingga ia mantap memiliki karier menjadi paranormal di tahun 2006. Keputusan tersebut sempat membuat orangtua syok dan kecewa. Tapi akhirnya mereka berusaha menerima dan mendukung keputusan itu.

Ia membuka jasa layanan konsultasi spiritual. Berkarier sebagai paranormal bukan tanpa tujuan. Roy ingin menggunakan kelebihanya untuk membantu orang lain. Demi panggilan hati ini, Roy rela meninggalkan kuliah kedokterannya di Beijing China. Memulai profesi sebagai konsultan spiritual, sepi peminat. Namun berkat satu dua klien yang pernah menggunakan jasanya, nama Roy Kiyoshi semakin menyebar.

Apa sih biasanya yang ditanyakan klien? Ya tentu saja seputar ramalan masa depan bisnisnya, atau sekadar konsultasi karyawan mana yang patut dipertahankan dan tidak karena ini menyangkut kelangsungan bisnis mereka. Dalam hal ini, Roy memberitahukan jawaban dengan jujur. Karena itulah prinsipnya, apapun baik buruk apa yang ia lihat ke depan, disampaikan secara jujur. Tapi tenang saja, Roy selalu menawarkan jalan keluar juga atas permasalahan tersebut.

Bukan melulu soal bisnis kliennya. Roy pun menerawang Indonesia. Beberapa peristiwa besar di Tanah Air yang pernah diramalnya, antara lain bom Bali, pesawat hilang di tahun 2014, meletusnya Gunung Sinabung dan Gunung Kelud beberapa waktu lalu sampai ramalah tentang kecelakaan pesawat di tahun 2018 yang dikaitkan dengan jatuhnya Lion Air JT 610 pada Oktober lalu.

Mulai Tenar di Program Acara Karma

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roy Kiyoshi (@roykiyoshi) pada

Meski sudah menjadi paranormal cukup lama, nama Roy Kiyoshi baru melejit saat dirinya membawakan acara Karma di sebuah stasiun televisi swasta. Padahal sebenarnya Roy sudah sering wara-wiri menjadi bintang tamu di beberapa acara. Paling banyak tawaran datang menjelang akhir tahun.

Sejak tahun 2012, Roy sudah membua konten YouTube, acara off-air, dan lainnya untuk menarik perhatian publik. Tetapi itu masih belum membuahkan hasil sesuai harapan. Stres, sedih, dan tertekan sudah pasti karena penolakan tersebut, namun tidak sampai membuatnya putus asa.

Perjuangan dan kerja kerasnya mengantarkan Roy pada kesuksesan. Apalagi setelah bergabung sebagai host di acara Karma. Namanya langsung melejit, program acara meraih rating tinggi. Selain karena konsep acara, Roy mengerahkan kemampuan indigo untuk membongkar problem yang tengah dihadapi peserta.

Keberuntungan Roy berlanjut. Roy kembali ditawari program lain, seperti Karma The Series, serial Roy Kiyoshi Anak Indigo, Menembus Mata Batin, Indra Ketujuh, dan Menembus Mata Batin The Series. Roy juga merilis buku INDIGO: The Story of Roy Kiyoshi. Menariknya, kisah hidup Roy Kiyoshi diangkat ke layar lebar dengan judul “Roy Kiyoshi (The Untold Story)” yang tayang 21 Maret 2019.

Roy Kiyoshi tenar bukan hanya karena kemampuan menerawang masa depan, tapi juga karena penampilannya yang selalu modis, mirip artis Korea. Dengan penampian tersebut, ia mematahkan pandangan orang kalau paranormal selalu identik gaya rambut gondrong, raut wajah serius, cincin batu akik, kalung tengkorak, dan sebagainya.

Baca Juga: Nella Kharisma, Dari Pantura hingga Jadi Biduan Dangdut Kaya Raya

Dihujani Kritik dan Hujatan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roy Kiyoshi (@roykiyoshi) pada

Seperti peribahasa mengatakan, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menerpa. Itulah yang dialami Roy Kiyoshi. Program acara Karma dituding hanya settingan yang menjual sensasi dan masalah pribadi peserta. Kritikan pedas dari masyarakat, termasuk Netizen pun mengarah ke Roy, saat berita perseteruan antara Roy dan pembawa acara Karma lain Robby Purba.

Apalagi saat Roy dikabarkan operasi wajah. Hujatan, nyinyiran, komentar pedas bertubi-tubi menyerangnya meski ia sudah mengklarifikasi jika itu hanya sebatas perawatan. Tidak sampai di situ, Roy jadi bulan-bulanan Netizen saat Roy salah memprediksi juara Piala Dunia 2018. Walaupun sering dihujat, Roy tetap kalem.

Punya Rumah Mewah, Isinya Bikin Merinding

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roy Kiyoshi (@roykiyoshi) pada

Biarlah nyinyiran orang, yang penting Roy kini sudah sukses. Memiliki penghasilan dan rumah mewah dengan gaya modern minimalis. Itu tampak dari luar, tapi begitu masuk ke dalam, hawa mistis mulai terasa. Sebuah patung dewa dan cermin menyambut saat masuk ke ruang tamu. Konon kabarnya, cermin itu bisa mencegah orang-orang yang berniat jahat masuk ke rumahnya.

Menyusuri lebih dalam rumah, Roy punya banyak koleksi boneka. Yang bikin merinding, boneka itu sudah diberi nyawa dan bisa diajak ngobrol. Ia memberi nama boneka gumanthong. Gumanthong merupakan sosok boneka yang sudah diisi arwah bayi. Koleksinya ini diperoleh dari berbagai negara dan ia kumpulkan sejak 2010. Selain ruang khusus boneka, Roy juga punya satu ruang khusus bernama kamar Nyi Roro Kidul. Dibuat dibuat menyerupai kamar hotel 308 di kawasan Pelabuhan Ratu. Dalam kamar tersebut, ada juga lukisan Ratu Pantai Selatan itu.

Saat Hidup Terasa Sulit, Jangan Menyerah  

Itulah kehidupan Roy Kiyoshi yang sangat lekat dengan dunia mistis dan supranatural. Tetapi di balik itu semua, kisah tersebut dapat menjadi sebuah pelajaran bagi orang-orang yang tidak menyerah pada kerasnya hidup untuk meraih kesuksesan. Meski hidup susah, jangan sampai menghambat kamu untuk maju, menggapai cita-cita, sehingga kamu bisa bermanfaat bagi orang lain. Percayalah, karma ada. Jika menanam kebaikan, maka akan menuai hasil baik pula.

Baca Juga: Sah Menikah, Kekayaan Syahrini dan Reino Barack Nggak Bakal Habis 7 Turunan