Sah! Hari Ini Bunga Kartu Kredit Turun, Inilah Keuntungannya

Bunga kartu kredit kembali diturunkan. Kabar ini menjadi angin segar bagi pengguna kartu kredit. Terlebih penurunan bunga kartu kredit mulai berlaku per 1 Juni 2017 dan bertepatan pula saat bulan Ramadan. Dengan turunnya suku bunga ini, belanja kebutuhan untuk berpuasa dan Lebaran pun tak lagi dipusingkan dengan beban bunga.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) sudah memastikan kebijakan penurunan bunga kartu kredit. Rencana tersebut sudah disosialisasikan sebelum pergantian tahun. Terkait hal ini, bank-bank penerbit kartu kredit juga turut serta dalam mensosialisasikan kebijakan tersebut ke para nasabahnya.

Bagi Anda yang ingin membayar tagihan minimum kartu kredit, perubahan ini tentu menjadi kabar gembira. Setidaknya, bunga yang harus dibayarkan menjadi lebih kecil daripada sebelumnya.

Baca Juga: Kartu Kredit Cashback: Ini Untung dan Ruginya

Bunga Kartu Kredit Turun Menjadi 2,25%

Bunga Kartu Kredit Turun

Ilustrasi Kartu Kredit via shutterstock.com

 

Suku bunga kartu kredit lama: 2,95% per bulan atau 35,4% per tahun

Suku bunga kartu kredit per Juni 2017: 2,25% per bulan atau 26,95% per tahun

Lalu, apa alasan BI menurunkan bunga kartu kredit?

Keputusan kebijakan BI tentang penurunan suku bunga kartu kredit resmi disampaikan melalui Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/33/DKSP atas Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/10/DASP. Dari surat tertanggal 2 Desember 2016 tersebut, BI menyampaikan alasan memotong capping bunga kartu kredit.

  • Penyesuaian terhadap batas maksimum suku bunga kartu kredit guna menyelaraskan kondisi perekonomian terkini
  • BI memandang perlunya mendorong efisiensi dan akseptasi (penerimaan) masyarakat terhadap penggunaan kartu kredit
  • Guna peningkatan penerapan prinsip perlindungan konsumen terhadap pemegang kartu kredit

Adanya penurunan suku bunga kartu kredit ini berpotensi positif mendorong jumlah nasabah baru pengguna kartu kredit dibandingkan sebelumnya. Adapun dari data Bank Indonesia, jumlah pengguna kartu kredit tercatat sebesar 17.661.935 kartu per April 2017.

Bagi masyarakat yang belum memiliki kartu kredit, tentu suku bunga baru ini sangat menguntungkan. Kartu kredit memiliki beragam manfaat baik sebagai alat pembayaran atau transaksi belanja non tunai. Jadi, selagi bunga sedang turun, jadikan momen ini untuk mendapatkan kartu kredit pilihan Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Menaikan Limit pada Kartu Kredit

Apa Saja Keuntungan dari Turunnya Bunga Kartu Kredit?

Bunga Kartu Kredit Turun

Keuntungan Memakai Kartu Kredit Saat Makan di Resto via shutterstock.com

 

Bagi pengguna kartu kredit, ada beberapa dampak positif yang akan dirasakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang terdampak dari turunnya bunga kartu kredit.

1. Bayar Minimum Kartu Kredit Tak Seberat Dulu

Fitur pembayaran tunai kartu kredit menjadi cara alternatif pengguna kartu kredit yang tidak ingin membayar penuh tagihan kartu kreditnya. Rata-rata bank menetapkan pembayaran minimum sebesar Rp500.000 atau 10% dari total tagihan kartu kredit.

Sisa tagihan yang belum dibayarkan kemudian ditambahkan bunga yang berlaku pada kartu kredit. Nah, dengan penurunan bunga kartu kredit, sisa tagihan yang harus dibayarkan menjadi sedikit lebih ringan.

2. Bunga Tarik Tunai Jadi Lebih Ringan

Selain menggunakan kartu ATM untuk melakukan tarik tunai, kartu kredit juga bisa dipakai untuk melakukan tarik tunai. Bedanya, tarik tunai dengan kartu kredit akan dibebankan dengan biaya dan bunga. Biaya yang diberlakukan berbeda-beda antara bank yang satu dan bank lainnya. Biayanya sekitar Rp50.000-Rp150.000 atau 4-6% dari uang yang ditarik.

Aturan baru bunga yang berlaku hari ini tentu saja meringankan beban biaya yang mesti dibayarkan karena tarik tunai kartu kredit. Anda bisa saja terhindar dari beban bunga kartu kredit dan cukup membayar biaya penarikan asalkan tidak melakukan pembayaran minimum.

3. Bayar Cicilan Pakai Kartu Kredit Jadi Lebih Hemat

Adanya kemudahan membayar belanjaan online dengan mencicilnya pakai kartu kredit adalah keuntungan tersendiri bagi yang suka belanja online. Hampir semua ecommerce dan merchants menawarkan metode pembayaran dengan mencicilnya pakai kartu kredit. Bahkan, ada yang memberikan cicilan bunga 0% dengan syarat tertentu. Nah, bayar cicilan menjadi lebih hemat pastinya karena bunganya diturunkan.

Belum Tahu Kartu Kredit yang Diinginkan, Coba Cari secara Online

Bunga Kartu Kredit Turun

Pilih dan Ajukan Kartu Kredit Pilihan di cermati.com via cermati.com

 

Masalah yang dihadapi bagi yang ingin mengajukan kartu kredit adalah belum didapatkannya kartu kredit yang cocok. Baik dari segi biaya tahunan (annual fee) maupun kemudahan syarat yang diberikan. Apalagi jika infonya dicari dari bank ke bank, berapa lama waktu yang terbuang.

Fenomena startup yang bergerak di bidang financial technology (fintech) membawa angin perubahan dalam dunia finansial. Sekarang mencari-cari dan mendapatkan produk finansial menjadi lebih praktis, mudah dan aman. Cukup membuka situs cermati.com, beragam produk finansial dari kartu kredit, pinjaman, simpanan, hingga asuransi mobil tersaji di hadapan Anda.

Apa pun kebutuhan yang Anda cari dari produk finansial semisal kartu kredit bisa ditemukan di cermati.com. Pilihan kartu kredit dari berbagai bank ditampilkan dalam daftar yang urutannya dapat disesuaikan dari gratis annual fee, tawaran bonus, reward, diskon, hingga cashback.

Tunggu apa lagi. Temukan kartu kredit pilihan Anda di cermati.com. Rasakan kemudahan pengajuannya dan nikmati keuntungannya.

Penuhi Kebutuhan dengan Memanfaatkan Turunnya Bunga Kartu Kredit

Penurunan bunga kartu kredit saat ini kebetulan bertepatan dengan momen Ramadan. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memenuhi kebutuhan Anda selama Ramadan tanpa perlu khawatir dengan beban bunga kartu kredit. Belum lagi promo-promo kartu kredit yang diberikan semakin memaksimalkan keuntungan dari turunnya bunga kartu kredit. Jadi, dapatkan kartu kredit pilihan Anda segera.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Kartu Kredit Retail