Salah Pilih Bikin Boros, Begini Tips Cari Kartu Kredit Buat Anda yang Sudah Berkeluarga

Kebutuhan anak muda status single dengan yang sudah menikah atau berkeluarga jelas berbeda. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap cara seseorang mengatur keuangan.

Kalau Anda masih lajang, pasti hanya perlu memikirkan kebutuhan diri sendiri. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga, ada istri atau suami, dan anak-anak yang harus dipenuhi kebutuhannya.

Perbedaan kebutuhan tersebut berdampak pada urusan keuangan masing-masing personal. Salah satunya dalam memilih kartu kredit.

Kamu yang sudah berkeluarga tentu perlu memilih kartu kredit dengan banyak keunggulan atau keuntungan, sehingga kebutuhan keluarga terpenuhi secara maksimal.

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih kartu kredit yang pas untuk kebutuhan keluarga tercinta yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, antara lain:

Baca Juga: Kumpulan Lengkap Promo Kartu Kredit Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Syarat Pengajuan Kartu Kredit yang Mudah

Kartu Kredit
Pengajuan kartu kredit yang mudah

Tingkat kesibukan orang yang sudah berkeluarga pasti lebih tinggi daripada yang masih lajang. Sebab, jumlah anggota yang mesti diurus lebih banyak, mulai dari diri sendiri, pasangan hingga anak. Belum lagi menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Jadi, untuk urusan apply atau pengajuan kartu kredit, Anda dapat memilih bank penerbit yang menawarkan syarat dan proses pengajuan yang mudah agar waktu dan tenaga tidak habis untuk mengantre pembuatan kartu kredit. 

Syarat yang dibutuhkan bisa langsung dilihat pada brosur bank, sosial media, atau website bank yang bersangkutan. Cobalah melakukan perbandingan syarat-syarat pengajuan kartu kredit pada beberapa bank sekaligus untuk menemukan satu bank yang syaratnya lebih mudah dipenuhi.

Alternatif lain, mengajukan kartu kredit lebih mudah lewat marketplace produk keuangan, seperti Cermati.com. Bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit, pengajuannya dapat dilakukan secara online via website maupun aplikasi Cermati.com.

2. Banyak Promo Belanja Kebutuhan Sehari-hari 

Kartu Kredit
Promo belanja kebutuhan sehari-hari

Kebutuhan yang semakin bertambah tentu akan meningkatkan pengeluaran. Agar tetap hemat, maka andalkan kartu kredit saat berbelanja kebutuhan pokok di supermarket, karena ada banyak promo diskon, cashback, reward point yang bisa dinikmati sekaligus. 

Untuk urusan promo belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket, sebenarnya hampir semua bank memberikan diskon semacam ini kepada pemegang kartu kredit.

Akan tetapi, intensitas dan jenis diskon yang diberikan tentu saja berbeda-beda. Pilihlah bank penerbit kartu kredit yang sering memberi promo belanja tersebut, supaya lebih hemat.  

3. Promo Arena Bermain

  Taman Bermain
Ada promo di taman bermain anak

Ketika sudah menikah dan punya anak, keluarga menjadi prioritas. Tentunya Anda ingin mengajak anak jalan-jalan atau refreshing di akhir pekan. Tapi biasanya begitu menikmati libur bersama keluarga ke wahana bermain misalnya, pengeluaran jadi membengkak.

Untungnya, sekarang ini sudah banyak bank penerbit yang menarik pengguna kartu kredit dengan tawaran promo menarik untuk aktivitas anak. Jadi memilih kartu kredit pun harus teliti, apalagi kalau anak sering diajak ke arena atau wahana bermain. Kan promonya lumayan untuk menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Review Kartu Kredit: CIMB Niaga MasterCard Gold

4. Diskon atau Tukar Reward Point Tiket Pesawat dan Hotel

Kartu Kredit
Diskon atau tukar reward point tiket pesawat dan hotel

Bekerja dan mengurus keluarga pasti menyita waktu dan tenaga Anda. Kesibukan makin meningkat. Tapi jangan lupakan liburan. Traveling ke tempat-tempat wisata menarik di dalam atau luar negeri, sesuai dengan bujet Anda.

Biasanya dalam setahun, ada anggaran khusus liburan panjang bersama keluarga. Semua itu harus direncanakan agar bisa menghitung anggarannya. Salah satu biaya traveling adalah tiket pesawat dan penginapan. Kalau ada kartu kredit, membeli kebutuhan ini lebih mudah.

Jadi pilih kartu kredit yang juga memberikan promo diskon atau tukar poin untuk gratis tiket pesawat dan hotel. Kalau beli di aplikasi travel online, promonya bisa dobel. Syaratnya pakai kode promo, sehingga harga tiket akan berkurang banyak.

5. Suku Bunga Rendah

Kartu Kredit
Suku bunga rendah

Selain melirik berbagai promo sebelum memilih kartu kredit, pemohon juga biasanya mencari kartu kredit yang menawarkan tingkat bunga rendah. Agar cicilan kartu kredit jadi lebih ringan per bulannya. Percuma kan hemat banyak, tapi Anda kena bunga tinggi, ujung-ujungnya gak jadi hemat pengeluaran.

Kalau suku bunga rendah, banjir promo, pengguna dapat meningkatkan transaksinya. Tapi ingat ya, bijak menggunakan kartu kredit meski tingkat bunganya rendah.

6. Bekerja Sama dengan Merchant Perabot

Kartu Kredit
Bekerja sama dengan merchant perabot

Harga perabotan rumah bisa dikatakan mahal, apalagi untuk perabotan yang berkualitas. Jangankan sofa atau meja makan, harga meja rias saja sudah menguras gaji. Meskipun mahal, perabotan rumah menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi untuk mengisi rumah. Misalnya tempat tidur, lemari pakaian, kulkas, televisi, dan lainnya.

Untuk menekan biaya membeli perabotan rumah, sebaiknya gunakan kartu kredit untuk pembayaran. Kan lumayan kalau sendainya masing-masing perabot didiskon 5%. Jadi pastikan pilah pilih kartu kredit yang ada promo di merchant perabot rumah ya.

7. Menyediakan Cicilan 0%

Kartu Kredit
Menyediakan cicilan 0%

Bagi yang sudah berkeluarga, pilihlah kartu kredit yang menawarkan cicilan 0%. Promo cicilan 0% berpotensi besar untuk menjaga kestabilan cash flow keluarga, sehingga pengeluaran tidak membengkak setelah membeli suatu barang.

Tapi perlu diperhatikan, cicilan 0% ini memiliki jangka waktu pembayaran, yaitu antara 6, 12, 18, dan 24 bulan setelah transaksi berhasil. Di luar dari jangka waktu yang ditetapkan oleh bank penerbit, maka pengguna tidak bisa memanfaatkan cicilan 0% ini.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Begitu sudah memilih dan mengajukan kartu kredit, lalu tembus, manfaatkan keuntungan kartu sakti ini dengan baik. Bijak dalam menggunakannya. Anda tetap harus mengukur kemampuan finansial sesuai batas aman utang maksimal 30% dari penghasilan per bulan. Jika lebih dari itu, gaji Anda hanya akan habis untuk membayar cicilan.

Baca Juga: Review Kartu Kredit: Mandiri Visa Signature