Sambut Harbolnas 12.12 dengan Tips-Tips Hemat Belanja Online Ini

Seakan menjadi tradisi setiap tahun, Harbolnas pun seiring pergantian tahun menjadi yang paling ditunggu-tunggu banyak orang layaknya menyambut hari libur nasional. Menyambut Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang akan jatuh pada tanggal 11-12 Desember 2018 nanti dapat dipastikan akan ada banyak situs online shop yang turut serta dalam memeriahkan Harbolnas tersebut dengan memberi diskon dan promo besar-besaran.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Fakta Menarik Harbolnas Indonesia 2018

fakta harbolnas

Untuk Harbolnas tahun ini, tidak hanya disertai oleh berbagai diskon dan promo tapi juga berbagai fakta menarik berikut ini:

1. Memiliki Lebih dari 300 E-commerce yang Ikut Berpartisipasi

Hari belanja online nasional telah diadakan sejak tahun 2012 ketika belanja online belum menjadi tren seperti sekarang dan saat itu baru 6 situs e-commerce saja yang terlibat. Seiring konsep belanja online semakin dikenal dan semakin banyaknya situs belanja online baru bermunculan dan sampai tahun ini harbolnas sukses di melibatkan lebih dari 300 e-commerce dari berbagai kategori baik itu kecantikan, elektronik, makanan dan minuman hingga travel, otomotif dan masih banyak lagi.

2. Pertama Kali Diadakan selama 2 Hari

Harbolnas tahun ini pun akan semakin menarik karena akan diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut untuk pertama kalinya dengan edisi yang berbeda di masing-masing tanggalnya. Pada tanggal 11 Desember adalah diskon besar-besaran untuk khusus produk lokal Indonesia, yang akan disusul kemudian untuk seluruh jenis dan kategori produk pada tanggal 12 Desember.

3. Total Diskon dan Cashback yang Lebih Banyak dari Tahun Sebelumnya

Lebih heboh dan hemat dari sebelumnya, diskon hingga 95% dan cashback 120% dari ShopBack. Tidak hanya itu, ada keuntungan lain untuk para pemegang kartu kredit dan debit bank Mandiri yang berkesempatan mendapatkan potongan 93% di setiap e-commerce peserta Harbolnas, kesempatan mendapatkan cashback sebesar Rp1.212.000,- (1,212 juta rupiah).

4. Harbolnas Kali ini Tidak Melulu Soal Barang

Di Harbolnas kali ini pun tidak hanya barang saja yang kena diskon besar-besaran. Tapi juga ada diskon produk asuransi, tiket perjalanan, hotel sampai tempat makan. Jadi untuk kamu yang hobinya berbeda-beda bisa dijamin akan puas dengan kelengkapan kategori promo di Harbolnas tahun ini.

5. Mendapatkan Dukungan Langsung dari Pemerintah

Harbolnas tahun ini pemerintah secara langsung dengan memberikan dukungan dan bantuannya melalui 3 kantor kementrian yaitu Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan dan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga: 25 Situs Populer untuk Anda yang Gemar Belanja Online

Tips Sukses Belanja Hemat dan Aman saat Harbolnas

Tips Belanja di Harbolnas

Untuk kamu yang akan melakukan belanja pada Harbolnas yang mengusung tema "Belanja untuk Bangsa" tahun ini pasti telah berencana membeli beberapa produk secara langsung karena tergiur oleh berbagai diskon yang ditawarkan oleh berbagai situs online shop.

Boleh saja beli barang sekaligus banyak mumpung waktunya sedang tepat, tapi tetap harus bijak dan jangan sampai kelewat boros walaupun godaan diskon ada dimana-mana dan harus diingat juga untuk selalu waspada terhadap ancaman penipuan dan tindak kejahatan yang akan merugikan dan juga ikut ambil kesempatan dikemeriahan Harbolnas tahun ini.

Ini dia beberapa tips hemat dan aman belanja online pada saat harbolnas:

1. Pilih Website E-commerce yang Terpercaya

Untuk alasan keamanan dan kenyamanan kamu saat berbelanja terutama ketika kamu sudah berencana membeli barang mahal, biar tidak was-was pastikan kamu memilih website e-commerce yang memang sudah punya nama sehingga bisa dijamin kualitas barang dan keamanannya.

Selain itu, review dan rating pedagang pada situs e-commerce juga harus kamu baca dan perhatikan dengan baik agar kamu tidak kecolongan dengan salah membeli barang dengan kualitas jelek.

2. Jangan Lupa Manfaatkan Point Reward Kartu Kredit

Kamu yang gemar berbelanja online menggunakan kartu kredit inilah waktu yang tepat untuk memanfaatkan point reward yang sudah kamu kumpulkan. Point reward dapat digunakan sebagai voucher diskon tambahan. Semakin besar point yang dimiliki, maka semakin besar juga potongan harga yang akan didapatkan. Jadi makin hemat deh berbelanja onlinenya.

3. Usahakan Membeli Berbagai Barang yang Diinginkan di Satu Seller atau Toko Online

Rencanakan baik-baik barang-barang apa saja yang kamu akan beli saat harbolnas nanti dan cari toko online atau seller situs e-commerce mana yang dikira lengkap memiliki semua barang yang kamu inginkan guna menghemat pengeluaran ongkos kirim. Biasanya situs e-commerce saat ini akan memberikan fasilitas ongkir gratis untuk harga pembelian minimum asal membeli di satu seller atau toko.

4. Utamakan Kebutuhan Primer

Buatlah daftar prioritas barang yang akan kamu beli pada saat harbolnas nanti. Ini bertujuan agar kamu terhindar dari sikap menggebu-gebu ketika berbelanja. Pilih barang yang memang paling kamu butuhkan saat ini terlebih dahulu agar tidak kehabisan dan budget yang disiapkan pun menjadi lebih jelas.

5. Siapkan Budget yang Sesuai

Untuk menghindari sikap kalap dalam berbelanja. Lebih baik kamu rencanakan dulu berapa total budget yang akan kamu keluarkan untuk Harbolnas nanti. Buatlah perkiraan budget dengan tepat jika perlu lakukan research terlebih dahulu dengan melihat dan membandingkan harga asli barang yang diinginkan di berbagai toko online sebelum Harbolnas tiba.

Baca Juga: 4 Tips Psikologis untuk Menghindari Godaan Belanja Online

Bijak Manfaatkan Harbolnas sebagai Ajang Belanja Hemat dan Tidak Berlebihan

Jangan sampai kamu terbuai dengan berbagai serangan diskon yang ditawarkan setiap e-commerce pada saat Harbolnas nanti hingga membuat kamu menjadi berlebihan dalam belanja demi alasan memaksimalkan diskon besar-besaran sehingga kamu melupakan kebutuhan lain yang lebih penting. Ingat Harbolnas itu biar untung bukan buntung. Jadi manfaatkan dengan baik dan bijak juga hindari kalap berbelanja yang justru bikin boros pengeluaran.

Agar kegiatan belanja online nanti bisa lebih lancar, cari tau informasi lebih lengkapnya dengan langsung mengunjungi website https://harbolnas.com/ untuk info lebih lengkap seputar produk dan e-commerce apa saja yang jadi peserta Harbolnas tahun ini.

Baca Juga: Cara Aman dan Mudah Transaksi Via Online