Seberapa Pentingkah Manajemen Keuangan? Baca di Sini

Manajemen keuangan dikategorikan sebagai salah satu ilmu di dalam bidang manajemen yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dilakukan individu, organisasi, ataupun perusahaan.

Bila sebelumnya manajemen keuangan hanya berkutat pada penggunaan serta pengalokasian dana secara efisien, seiring dengan berjalannya waktu, manajemen keuangan juga mencakup kegiatan-kegiatan lainnya, seperti cara mendapatkan dana, penggunaan dana, dan pengelolaan aset (aktiva).

Di bawah ini dijelaskan lebih lanjut mengenai pentingnya manajemen keuangan yang dapat dilihat dari definisi, fungsi, hingga tujuan dari manajemen keuangan.

Baca Juga: Manajemen Cash Flow, Inilah yang Perlu Diketahui

Manajemen Keuangan, Apa Itu?

Manajemen Keuangan
Ilustrasi Mengatur Keuangan via shutterstock.com

Setiap ahli punya definisi sendiri-sendiri mengenai manajemen keuangan. Berikut ini adalah sejumlah definisi mengenai manajemen keuangan menurut para ahli.

“Manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aset dengan didasari beberapa tujuan umum.” Definisi ini disampaikan James C. Van Horne dan John M. Wachowicz, Jr. dalam buku Fundamentals of Financial Management.

“Manajemen keuangan adalah keseluruhan aktivitas yang bersangkutan dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menggunakan atau mengalokasikan dana tersebut.” Bambang Riyanto menuliskan definisi tersebut dalam buku Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.

“Manajemen keuangan adalah pengaturan kegiatan keuangan.” Pengertian tersebut disampaikan Suad Husnan dalam buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

“Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang memiliki tujuan untuk digunakan secara bijaksana dan seleksi yang saksama dari sumber-sumber modal untuk memungkinkan adanya unit pengeluaran untuk dapat bergerak ke luar mencapai tujuan.” J.F. Bradley mengemukakan pandangannya tersebut dalam buku Administrative Financial Management.

Secara umum bisa ditarik kesimpulan manajemen keuangan adalah kegiatan-kegiatan perusahaan ataupun organisasi yang berkaitan dengan cara untuk memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan dana tersebut dengan efektif, serta mengelola aset-aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Apa Fungsi dari Manajemen Keuangan?

Cash Flow Perusahaan
Ilustrasi Cash Flow via shutterstock.com

Dalam perusahaan atau organisasi, manajemen keuangan memiliki sejumlah fungsi, yaitu:

  1. Manajemen keuangan dapat digunakan untuk menyusun rencana pemasukan dan pengeluaran serta aktivitas-aktivitas lainnya yang berkaitan dalam suatu periode tertentu.
  2. Membuat penganggaran dana secara detail, baik pada bagian pemasukan maupun pengeluaran.
  3. Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai pengelolaan keuangan. Dengan begitu, penggunaan dana bisa berjalan maksimal dengan berbagai cara yang ada.
  4. Penyimpanan keuangan, yaitu dengan mengumpulkan dana-dana perusahaan dan menyimpannya secara aman.
  5. Dengan adanya manajemen keuangan, perusahaan dapat mencari dan mengeksploitasi sumber-sumber dana yang ada untuk kegiatan operasional perusahaan.
  6. Pengendalian keuangan dengan cara melakukan evaluasi dan perbaikan atas kondisi keuangan perusahaan dan sistem keuangan yang ada di dalam perusahaan tersebut.
  7. Sebagai pemeriksaan keuangan, dengan melakukan audit secara internal mengenai keuangan perusahaan. Dengan begitu, tidak ada penyimpangan dan penyalahgunaan dana di dalam perusahaan.
  8. Manajemen keuangan juga berfungsi untuk menyediakan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan. Manajemen keuangan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan.

Baca Juga: 10 Kesalahan Manajemen Keuangan dalam Usia 30 Tahun

Tujuan Manajemen Keuangan untuk Apa?

Tujuan Manajemen Keuangan
Tempatkan Dana Sesuai Proporsinya: Tabungan dan Investasi via shutterstock.com

Tujuan dari adanya manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Bila suatu saat perusahaan tersebut akan dijual, nilainya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Sudah merupakan tugas dari manajer untuk menekan arus peredaran uang di dalam perusahaan agar terhindar dari risiko-risiko yang bisa saja merugikan perusahaan.

Ruang lingkup dari manajemen keuangan meliputi:

  1. Keputusan pendanaan, yang meliputi kebijakan manajemen pada saat mencari dana perusahaan.
  2. Keputusan investasi, biasanya merupakan kebijakan penanaman modal perusahaan untuk aktiva tetap. Misalnya, gedung, alat-alat, tanah, dan lainnya. Atau bisa berupa aktiva finansial dalam bentuk surat-surat berharga semisal saham dan surat obligasi.
  3. Keputusan pengelolaan aset, merupakan kebijakan untuk mengelola aset yang dimiliki perusahaan tersebut seefisien mungkin untuk mencapai tujuan utama perusahaan tersebut.

Manajemen Keuangan Adalah Kebutuhan

Keberadaan manajemen keuangan adalah hal yang penting dalam perusahaan. Karena itu, manajemen keuangan dibutuhkan setiap perusahaan, apa pun bidang aktivitasnya. Dengan adanya manajemen, perusahaan dapat memaksimalkan bisnisnya sehingga memperoleh keuntungan yang maksimal pula.

Baca Juga: 3 Game Unik Yang Mengajarkan Keuangan Untuk Anak