Sejuta Manfaat Baik Kartu Kredit untuk Generasi Millenial

Zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal dan mengetahui kartu pembayaran yang satu ini? Ya, kartu kredit adalah salah satu alat transaksi pembayaran nontunai alias kredit yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan segudang manfaat dan fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit membuat produk bank satu ini menjadi barang yang paling cocok jika disandingkan dengan gaya hidup masyarakat jaman sekarang, terutama gaya hidup para generasi millenial.

Praktis dan mudah adalah kelebihan dari kartu kredit yang dinilai cocok dengan karakteristik para generasi millenial yang ingin semua serba cepat dan serba gampang menjadi alasan kenapa kartu kredit menjadi alat pembayaran cashless favorit generasi ini.

Lantas kenapa kartu kredit bisa dibilang sebagai alat pembayaran yang dapat menyeimbangkan mobilitas dan dinamika dari gaya hidup sehari-hari para generasi millenial? Jawabannya, ini dia 3 alasan utama kenapa kartu kredit adalah alat pembayaran paling cocok untuk para millenial:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Efisiensi Level Maksimal

Hanya dengan satu kartu segala kebutuhan bisa terpenuhi! Cukup sekali gesek atau klik semua jenis pembayaran bisa langsung beres dengan kartu kredit. Berdasarkan hasil survei dari JakPat Mobile Survey (Januari, 2018) sebanyak 38% dari para millenial beralasan menggunakan kartu kredit untuk keadaan darurat dan 16% demi kemudahan pembayaran dan bertransaksi.

Dengan kata lain, kartu kredit bisa menjadi dana cadangan paling cepat disaat genting dan memudahkan kegiatan pembayaran setiap bulan baik tagihan atau cicilan bisa dengan mudah dan selesai tepat waktu.

2. Jadi Lebih Hemat karena Segudang Program Promo dan Cashback

Masih dari hasil survei JakPat Mobile Survey, sebanyak 44% para millenial menggunakan kartu kredit karena program cicilan dan diskon yang ditawarkan oleh kartu kredit. Generasi millenial yang selalu ingin bisa mengikuti arus tren tentu akan sangat puas dengan kelebihan kartu kredit yang satu ini.

Bagaimana tidak? Hampir seluruh website e-commerce menawarkan program cicilan 0% untuk para pengguna kartu kredit, program cashback untuk pembelian produk tertentu, merchandise gratis untuk nasabah kartu kredit tertentu dan masih banyak lagi jenis diskon lainnya yang sangat pro ke para konsumen yang menggunakan kartu kredit.

Belum lagi dengan ratusan merchant yang berkerja sama dengan produk kartu kredit ikut potongan-potongan harga spesial yang hanya bisa didapatkan untuk para pemegang kartu kredit. Generasi millenial yang memiliki karakteristik sedikit konsumtif ini tentu sangat terbantu dengan adanya kartu ajaib ini.

3. Solusi Utama untuk Menyiasati Gaya Hidup yang Murah tapi Kekinian

JakPat Mobile Survey pun menyatakan bahwan sebanya 27% dari generasi millenial menggunakan kartu kredit untuk membeli produk eletronik, 25% untuk makan dan minum, 23% untuk berwisata, 15% untuk fashion, dan 5% untuk pembayaran tagihan biaya internet. Ini membuktikan bahwa segala kemudahan dan kecanggihan dari kartu kredit memang alasan utama kenapa generasi ini doyan transaksi dengan produk bank ini.

Tidak hanya praktis, jika ditarik lagi ke poin nomor 2, kamu bisa simpulkan bahwa program promo, diskon dan cashback oleh kartu kredit adalah alasan utama kenapa kartu ini menjadi alat penting untuk mendukung gaya hidup para generasi millenial.

Kartu Kredit Penyelamat Keuangan Pribadi Generasi Millenial

Kartu Kredit

Banyak orang beranggapan menggunakan kartu kredit hanya akan menambah beban biaya dan membuat seseorang menjadi konsumtif. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika saja tidak banyak orang yang tidak bisa memanfaatkan kartu kredit dengan baik dan sesuai fungsinya.

Nah, untuk generasi millenial sendiri kartu kredit bisa saja menjadi alat yang tepat untuk lebih meyehatkan keuangan pribadi. Banyak orang berasal dari generasi ini dinilai cenderung hidup dengan boros karena mobilitas dan kebutuhan sosialisasi yang tinggi.

Selain ‘bikin murah’ semua kegiatan bayar-beli ternyata kartu kredit memiliki kelebihan lain berikut yang bisa bikin siapa saja jadi lebih pintar mengatur keuangan:

  • Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan

Dengan kartu kredit kamu seperti memiliki jurnal untuk transaksi keuangan sendiri. Setiap akan membayar tagihan kartu kredit kamu pasti akan mendapat berbagai macam detail dari setiap transaksi apa saja yang telah kamu lakukan menggunakan kartu kredit. Dari setiap laporan itu, kamu bisa menilai bagaimana kondisi keuangan pribadi kamu sendiri.

  • Pengeluaran Lebih Terlacak

Dengan mendapatkan catatan transaksi dari setiap lembar tagihan kartu kredit yang kamu terima, kamu bisa mengetahui jejak transaksi kamu dengan baik. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam merapihkan manajemen keuangan kamu karena catatan pengeluaran yang lengkap dan rapih.

  • Transaksi Pembayaran yang Lebih Aman

Tidak seperti uang tunai jika dicuri belum tentu bisa kembali dengan nominal yang sama atau hilang sama sekali. Jika kartu kredit kamu hilang kamu cukup memblokirnya langsung sebelum disalah gunakan. Jadi tidak perlu repot-repot lagi bawa uang tunai berlebihan ketikan berbelanja yang bisa memancing tindak kejahatan.

  • Bisa Digunakan Hampir di Seluruh Dunia

Kartu kredit yang berlogo visa dan mastercard adalah jenis kartu kredit yang bisa digunakan hampir dimana saja. Jadi ketika kamu berlibur dan apes kecurian uang tunai, kartu kredit bisa jadi dana darurat.

Cara Memanfaatkan Kartu Kredit secara Maksimal untuk Para Millenial

Menggunakan kartu kredit

Kartu kredit diciptakan untuk mempermudah kegiatan transaksi keuangan dengan berbagai manfaat tambahan, bukan membuat penggunanya menjadi boros dan konsumtif. Untuk itu biar tidak salah lagi dalam menggunakan kartu kredit, ini dia kiat-kiat mudah menggunakan kartu kredit dengan baik untuk generasi millenial:

1. Penggunaan Promo, Diskon dan Cashback sesuai dengan Kemampuan dan Kebutuhan

Banyak dari kamu yang lihat produk kena promo dan diskon sedikit, langsung kalap untuk beli. Padahal tidak terlalu bermanfaat. Begitu juga dengan promo dan diskon dari kartu kredit terkadang bikin kita gelap mata dan merasa wajib untuk mencicipi semua programnya. Padahal manfaat tambahan itu ada untuk lebih menghemat pengeluaran bukan sebaliknya.

Jadi ingat gunakan promo dan diskon sesuai dengan kebutuhan kamu saja. Seperti belanja bulanan di supermarket yang bekerja sama dengan kartu kredit yang digunakan jadi kamu bisa mendapatkan point reward atau cashback setiap kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, bukan memaksakan membeli kebutuhan yang tidak penting hanya untuk mendapatkan cashback.

2. Jangan Pernah Tarik Tunai Kartu Kredit

Kartu kredit itu alat pembayaran cashless, jadi gunakan sesuai dengan fungsi sebenarnya. Jika sudah terdesak lebih baik tarik uang tunai dengan kartu debit saja, kebanyakan bank akan mengenakan biaya sebesar 4% atau minimal Rp50 ribu untuk setiap transaksi yang kamu lakukan. Biaya yang jumlahnya berkali-kali lipat kan dibandingkan tarik uang tunai dengan kartu debit biasa?

3. Cukup 1 Kartu yang Cocok dengan Kebutuhan

Mencari kartu kredit yang sesuai kebutuhan memang susah-susah gampang, jadi sebelum apply kartu kredit selalu lakukan riset terlebih dahulu. Jika kamu memang selalu belanja bulanan, maka cari kartu kredit yang memang memberikan banyak diskon dan promo atau kartu kredit yang bekerja sama dengan ratusan tempat belanja aja dan supermarket.

Beda lagi dengan orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, berarti harus mencari kartu kredit khusus yang menawarkan cashback untuk setiap transaksi pembelian bahan bakar atau yang banyak bekerja sama dengan banyak cafe atau tempat makan.

Hindari menggunakan lebih dari 1 kartu kredit jika memang tidak mendesak. Kartu kredit itu disesuaikan dengan prioritas kebutuhan bukan hobi!

4. Limit yang Sesuai

Selain itu, jumlah limit juga harus jadi perhatian. Pilih kartu kredit dengan jumlah limit yang tidak jauh dari penghasilan kamu agar tidak berat membayar setiap tagihannya. Dengan memilih limit yang tidak jauh berbeda dengan pendapatan akan menghindari kamu dari ‘besar pasak daripada tiang’ .

5. Membayar Tagihan sesuai Tanggal Jatuh Tempo

Usahakan untuk tidak membayar tagihan kartu kredit melewati tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Jika telat makan kamu harus membayar rata-rata Rp150.000 atau 3% dari setiap total transaksi yang ditagih sebagai bentuk denda keterlambatan, lumayan besar kan? Punya kartu kredit bukan artinya kamu semena-mena menggunakan saja tapi juga harus disiplin dalam pembayarannya.

6. Bisa Jadi Modal Usaha

Salah satu fungsi lain dari kartu kredit adalah sebagai modal usaha dadakan. Jika kamu membutuhkan dana untuk usaha tapi susah cari modal yang cepat dan tidak repot. Maka kartu kredit adalah solusi terbaik. Tinggal gesek dan kamu berhasil jadi wirausaha.

Walaupun tidak sebanyak dari yang bisa kamu dapatkan dari sumber alternatif modal usaha yang lain seperti KTA atau KMG. Setidaknya untuk bisnis kecil awal, kartu kredit bisa memberikan dana yang cukup besar. Jadi kartu kredit tidak hanya bisa jadi ‘utang’ belanjaan saja tapi juga bisa menjadi utang produktif yang menghasilkan.

Miliki dan Gunakan Kartu Kredit secara Bijak dan Cerdas

Kartu kredit bukan cuman sekedar ‘kartu utang’. Dengan segudang manfaat yang ditawarkan kartu kredit bisa dikatakan sebagai alat penting dalam mengatur keuangan dan membantu mengurangi pengeluaran bukan sebaliknya. Jadi jika memang ingin merasakan manfaat kartu kredit secara maksimal, maka gunakan secara bijak dan cerdas,

Nah, untuk para millenial yang ingin punya kartu kredit tapi tidak punya waktu mampir ke bank untuk mengajukan. Jangan khawatir, sekarang pengajuan kartu kredit bisa dilakukan secara online. Bahkan dengan mengajukan secara online kamu bisa sekaligus mencari informasi dan membandingkan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu tinggal isi dan upload segala persyaratannya, menunggu approval dari bank terkait dan kartu kredit miliki sendiri pun sudah ditangan.