Selain BPJS, Asuransi Kesehatan dan Unit Link Bisa Jadi Pilihan Ideal

Penyediaan layanan kesehatan lewat BPJS Kesehatan adalah wujud dari tanggung jawab Negara dalam memberikan jaminan sosial bagi warga negara. Sejak dimunculkan tahun 2014 hingga sekarang, BPJS Kesehatan telah berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Namun, benarkah layanan ini telah memberikan kepuasan untuk semua orang?

Meskipun memberikan pelayanan bagi siapa saja, tidak serta-merta membuat semua orang merasa nyaman dan cocok menggunakan layanan BPJS Kesehatan dibandingkan dengan asuransi. Kebijakan Pemerintah yang mewajibkan semua pekerja menggunakan layanan BPJS Kesehatan menjadi alasan perusahaan menghentikan penggunaan asuransi kesehatan lainnya yang selama ini digunakan. Membayar dua premi sekaligus dianggap membebani pengeluaran perusahaan.

Bagaimanapun juga BPJS Kesehatan berbeda dengan asuransi yang digunakan sebelumnya. Berbagai kekurangan dan kesulitan saat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan harus dipertimbangkan. Sebab setiap orang tentu ingin mendapat jaminan kesehatan yang memadai.

Jika melihat kenyataan ini, memilih layanan asuransi lainnya adalah keputusan yang bijak, terutama bagi sejumlah karyawan yang memang memiliki penghasilan yang mencukupi untuk membeli asuransi. Tidak ada salahnya menggunakan layanan asuransi kesehatan pribadi selama asuransi tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Berniat mengambil asuransi? Dua pilihan produk asuransi di bawah ini patut Anda pertimbangkan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

1. Asuransi Kesehatan Unit Link

Asuransi Unit Link

Unit Link Memberikan Dua Keuntungan: Proteksi dan Investasi via shutterstock.com

 

Asuransi kesehatan unit link bisa dikatakan kini diminati banyak orang. Sebab asuransi ini menawarkan dua keunggulan: proteksi diri dan investasi. Jadi, premi yang dibayarkan nasabah akan ditempatkan di dua alokasi, yaitu untuk proteksi asuransi dan investasi ke beberapa instrumen investasi.

Sebagaimana jenis investasi lainnya, unit link juga memiliki sejumlah risiko. Hal ini yang kurang dipahami dengan baik oleh para nasabah. Nasabah tidak tahu bahwa premi yang disetorkan bisa saja berkurang karena situasi pasar modal yang kurang baik. Jadi, pahami risiko-risiko ini bila ingin membeli unit link.

 

Perhatikan Poin-Poin Berikut Sebelum Membeli Unit Link

Sangat penting untuk memahami secara detail tentang asuransi unit link. Setidaknya, beberapa poin di bawah ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Jumlah Premi yang Dibayar Lebih Besar

Premi yang mesti dibayarkan nasabah asuransi unit link akan jauh lebih besar daripada asuransi kesehatan murni. Sebab sejumlah dana tersebut akan dialokasikan tidak hanya untuk proteksi diri juga sebagai investasi.

2. Manfaat Kesehatan yang Terbatas

Karena berfungsi sebagai proteksi diri dan investasi, unit link masih berada di bawah asuransi kesehatan murni dalam memberikan manfaat. Dalam pengembalian premi, asuransi unit link lebih baik. Premi yang dibayarkan nasabah tidak akan hangus dan bisa dicairkan jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

2. Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Memberikan Perlindungan Kesehatan Menyeluruh via shutterstock.com

 

Lain dengan unit link yang menawarkan manfaat investasi, asuransi kesehatan murni hanya fokus pada pemberian layanan kesehatan. Seperti yang diterangkan sebelumnya, dalam pemberian layanan kesehatan, asuransi kesehatan murni lebih unggul daripada unit link.

Poin-Poin dalam Asuransi Kesehatan Murni yang Layak Dipertimbangkan

Antara asuransi unit link dan kesehatan murni terdapat perbedaan, baik dari kelebihan maupun kekurangannya. Berikut ini adalah poin-poin mengenai kelebihan asuransi kesehatan murni yang layak jadi pertimbangan.

1. Jaminan Perlindungan yang Memadai

Asuransi kesehatan murni memiliki layanan yang sangat baik. Untuk rawat jalan atau rawat gigi, asuransi kesehatan murni memberi tanggungan, sedangkan unit link tidak memberikan tanggungan tersebut. Selain itu, masa berlaku polisnya dalam hitungan tahun. Anda bebas dalam memutuskan apakah ingin memperpanjang atau tidak.

2. Layanan Kesehatan yang Lebih Luas

Asuransi kesehatan murni juga memiliki cakupan layanan kesehatan yang sangat luas dan menyeluruh. Hal ini tidak dimiliki layanan asuransi unit link.

3. Premi yang Rendah

Asuransi ini juga menawarkan premi yang ringan karena tidak ada manfaat investasi di dalamnya. Hal ini memungkinkan asuransi kesehatan murni untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang prima bagi para nasabahnya.

Baca Juga: Asuransi Umum vs Asuransi Jiwa, Apa Perbedaannya?

Kenali Kebutuhan dan Pilih sesuai Kebutuhan

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Kewajiban perusahaan untuk menggunakan layanan BPJS berdampak pada penghentian layanan asuransi lainnya oleh sejumlah perusahaan. Namun, tidak semua karyawan puas dengan hanya menggunakan layanan BPJS. Karena itu, membeli layanan asuransi semisal unit link dan asuransi kesehatan murni menjadi pertimbangan yang tepat. Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan keuangan yang memberikan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: Pengertian Asuransi Syariah dan Perbedaannya dengan Asuransi Konvensional