Selain Tarot, ada 4 Teori Ramalan Jodoh Lainnya yang Terkenal di Korea Selatan

Ramalan merupakan sesuatu hal yang biasanya dilakukan sang ahli ramal atau peramal utuk mengetahui masa depan melalui caranya sendiri. Biasanya peramal ini akan melakukan tugasnya bila ada seseorang yang penasaran dan bertanya mengenai kehidupan di masa depannya. Salah satu ramalan yang sering diutarakan seseorang kepada peramal adalah menyoal jodoh.

Meskipun kebenarannya belum tentu pasti, masih banyak orang yang percaya dengan prediksi tersebut. Mereka beranggapan, setidaknya sudah ada gambaran mengenai jodohya, sehingga tak ada lagi muncul rasa penasaran. 

Ramalan mengenai jodoh ini tak hanya ada di Indonesia saja. Nyatanya setiap negara juga memiliki ramalan dengan nama dan cara yang berbeda pula, salah satunya ada ramalan jodoh yang terkenal di Korea Selatan.

Bagi yang penasaran, berikut ini ada beberapa teori ramalan jodoh di Korea Selatan yang telah dilansir Cermati.com dari berbagai sumber, di antaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gunghap

kalender
Gunghap: ramalan berdasarkan tanggal kelahiran

Gunghap merupakan teori ramalan yang membahas prediksi mengenai jodoh. Warga Korea Selatan percaya jika Gunghap mampu meramal dan memperkirakan jika kedua individu menikah dan bersatu apakah hal itu baik untuk kedepannya atau tidak. 

Istilah lainnya yaitu tersudut pada keharmonisan keluarga yang akan dijalankan. Dalam teori ini berpendapat jika jalannya kehidupan saat berumah tangga ditentukan oleh suju yang merupakan sebuah data kelahiran yang meliputi hari, tanggal, bulan, dan tahun serta jam kelahiran. 

Kemudian, peramal akan menganalisa melalui teori Yin dan Yang atau bayangan dan juga cahaya. Manakala Wu Xing mengacu pada kayu, api, tanah, logam, serta air. Setelah semuanya selesai maka peramal akan menjelaskan penggambaran sifat, karakter, dan juga nasib seseorang.

Mengingat warga Korea sangat memperhatikan keharmonisan keluarga, maka setiap orang yang ingin melangsungkan pernikahan pasti akan datang ke peramal untuk memastikan gambaran gunghap pasangan masing- masing. Setelah meramal gunghap, peramal akan memberikan tanggal pernikahan yang terbaik. 

Bukan hanya yang ingin menikah saja, tapi hingga sekarang ini banyak juga pasangan muda-mudi yang masih berstatus pacaran sering memeriksa gunghap pasangannya masing-masing. Tujuannya, untuk ketenangan dan kesenangan saja. 

2. Saju

Saju adalah  ramalan kuno tentang analisa mengenai energi kosmik pada hitungan lahir seseorang. Bisa diketahui lewat jam, hari, bulan, dan juga tahun. Menurut teori ini mengatakan bahwa takdir seseorang itu melekat dan tidak dapat diubah. 

Dan takdir tersebut ditentukan hanya dengan kondisi kelahiran seseorang. Saju sangat berkaitan erat dengan ramalan gunghap. Data yang diperoleh dari saju digunakan untuk mengaitkan setiap pasangan di Korea untuk memeriksa gunghap mereka. Memeriksa dalam hal ini dapat dikatakan sebagai harmoni perkawinan mereka, baik tidaknya kelancaran hubungan pernikahan.

Baca Juga: Diramal Banyak Kesulitan, Inilah Cara Mengatur Keuangan di Tahun Babi Tanah

3. Gwansang

wajah
Gwansang: ramalan berdasarkan membaca wajah

Gwansang adalah nama lain dari wajah membaca. Ramalan kuno ini digunakan untuk meramal karakter dan kepribadian seseorang. Teori ramalan dijalankan melalui fitur wajah mereka. Mengapa harus wajah? Korea meyakini bahwa wajah merupakan penggambaran kehidupan seseorang dimulai dari ketika dia di dalam rahim. 

Untuk itu, wajah dapat dijadikan ramalan peraduan nasib seseorang. Karakteristik wajah mempunyai banyak resolusi di dalamnya. Hal ini dapat diketahui melalui bahasa tubuh, nada suara, dan juga raut wajah ketika menilai seseorang. 

Seperti contohnya yang digambarkan oleh ramalan gwansang adalah pemilik tanda lahir di bawah mata, garis vertikal di bibir, dan hidung dengan lubang yang sedikit lebar adalah ciri seseorang yang sulit dalam mempertahankan hubungan. 

Namun sayangnya, akhir- akhir ini teori gwansang sudah mulai ditinggalkan karena banyak orang yang sudah melakukan operasi plastik di sekitar wajahnya, sehingga peramal merasa sulit untuk mengetahui fitur wajah aslinya dan akhirnya tidak bisa digambarkan prediksinya.

4. Tarot

Berbeda dengan ramalan- ramalan lainnya, tarot menggunakan kartu sebagai media kerjanya. Ramalan tarot hanya digunakan beberapa dekade saja. Selama ramalan kartu tarot berlangsung, orang yang diramal dapat menanyakan apapun yang ingin ditanyakan. 

Bukan hanya jodoh saja, tapi juga bisa bertanya soal keuangan, karier, bisnis dan sebagainya. Pembaca kartu akan memformulasikan berdasarkan jumlah yang telah diambil dari dek yang masing- masing memiliki arti yang khusus.

Baca Juga: Ramalan Shio yang Beruntung di Tahun Babi Tanah, Cek Di Sini!

5. Palm Reading

palm reading
Palm reading: ramalan membaca garis tangan

Palm reading atau biasa disebut dengan palmistry. Palm reading awalnya berasal dari India, tapi berjalannya waktu menyebar ke seluruh daerah China dan juga Korea. Pengikut palm reading mendukung adanya gagasan bahwa garis dari tangan seseorang menggambarkan kehidupan dan takdir seseorang. 

Di belahan dunia lain selain Korea pun juga banyak yang mempercayai ramalan palm reading. Jika Anda datang ke palmist dan ingin diramal, maka peramal akan memeriksa tangan Anda yang paling aktif yang biasanya digunakan untuk beraktivitas seperti menulis. 

Tangan aktif menunjukkan ramalan masa depan dan tangan pasif menunjukkan masa lalu Anda. Setiap tangan memiliki jalur- jalur, antara lain the fate, life, heart, and head line yang dapat menggambarkan kehidupan Anda.

Kehidupan Masa Depan Ada di Tangan Sendiri

Sebenarnya, setiap orang tidak harus menjadikan ramalan menjadi pondasi hidupnya. Sebab, banyak pro dan kontra yang nantinya muncul mengenai hasil ramalan tersebut. Lagipula setiap kehidupan dari sekarang hingga masa depan baik kondisi keuangan, karir, sukses berbisnis, jodoh dan sebagainya sudah ada di tangan sendiri. Artinya, diri sendirilah yang menentukan kehidupan mau dibawa ke masa depan yang cerah atau buruk. Jika ingin masa depan cerah tentunya harus berusaha keras untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Boleh Percaya atau Tidak, Cek Ramalan Zodiak Karir dan Keuangan di Tahun 2019