Selamat Hari Sumpah Pemuda: Inilah Sosok Inspiratif yang Berkarya untuk Negeri

“Kami putra dan putri Indonesia,mengaku bertumpah darah satu,tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia”

– Ikrar Sumpah Pemudah 28 Oktober 1928

Selamat Hari Sumpah Pemuda~

28 Oktober adalah salah satu tanggal paling bersejarah di Indonesia, di tanggal ini lah para pemuda Indonesia mengikrarkan sumpah mereka pada masa penjajahan untuk berjuang demi kemerdekaan Indonesia sampai titik darah penghabisan.

Para pemuda-pemuda yang ikut turut ikut berperang untuk kemerdekaan di Indonesia kala itu tidak hanya dikenal sebagai pemberani tapi juga pintar dan intelektual. Banyak dari pemuda Indonesia kala itu rela memutuskan pendidikan mereka di negara orang dan kembali ke Indonesia demi ikut membantu tanah air lepas dari para penjajah.

Beda jaman beda juga perjuangannya. Jika jaman penjajahan para pahlawan muda berjuang dengan senjata beserta strategi politik dan perang mereka. Jaman sekarang jenis perjuangan yang dilakukan para pemuda Indonesia adalah dengan mengharumkan nama bangsa melalui berbagai bidang.

Para pemuda-pemudi ini menyumbang berbagai prestasi melalu berbagai sektor mulai dari budaya, olahraga, pendidikan, bisnis, dan teknologi. Ini dia daftar para pemuda Indonesia yang berhasil memajukan dan mengharumkan nama bangsa melalui budaya, olahraga, pendidikan, dan teknologi:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sektor Seni dan Hiburan:

Rich Brian dan Joey Alexander
Rich Brian dan Joey Alexander via GQ.com dan berkshireeagle.com

Rich Brian

Rapper muda bernama asli Brian Imanuel ini merupakan musisi rapper termuda dari Indonesia yang berkarir secara profesional di industri musik Amerika Serikat. Dikenal sebagai rumah dari para rapper populer dunia, tentu bukan hal yang mudah untuk berhasil menembus pasar musik negara dengan julukan paman sam ini.

Tapi pemuda Indonesia berusia 19 tahun ini bahkan berasil mengeluarkan album dan bernyanyi dengan musisi dan rapper terkenal lainnya di Amerika dan mengukir sejarah sebagai rapper termuda dan pertama dari Indonesia yang berhasil debut sebagai rapper dan musisi di Amerika Serikat.

Prestasi Rich Brian sebagai musisi muda dari Indonesia bahkan mengantarkannya ke daftar Forbes untuk kategori ’30 under 30 Asia’ tahun 2018 membuatnya semakin terkenal bahkan sampai ke benua Eropa dan berhasil masuk ke chart musik paling top di dunia Billboard untul album official pertamanya ‘Amen’.

Joey Alexander

Joey adalah musisi termuda dan pertama dari Indonesia yang pernah masuk sebagai salah satu nominasi di ajang penghargaan tertinggi musik di dunia Grammy Award, tidak hanya itu dia juga merupakan pemain piano jazz termuda dari Asia pertama yang pernah tampil di panggung Ajang Penghargaan musik bergengi tersebut dan saat itu dia masih berusia 12 tahun.

Pemuda kelahiran Denpasar Bali ini pertama kali melebarkan karirnya sebagai pianis musik Jazz Rose Theater pada usia 11 tahun bersama para musisi Jazz dunia yang merupakan highlight pertama dalam karir musiknya diikuti dengan berbagai undangan tampil di berbagai panggung musik populer lain hingga mengeluarkan album debut resmi pertamanya yang juga bekerja sama dengan musisi ternama musik jazz dan klasik Richard DeRosa dan sukses memenangkan penghargaan musik tertinggi di Indonesia AMI pada tahun 2018.

Pianis dengan nama asli Josiah Alexander Sila ini sosoknya semakin di kenal karena terpilih sebagai salah satu musisi yang ikut tampil di acara pembukaan Asian Games bersama musisi papan atas dunia lain seperti Raisa, Tulus, Rossa, Edo Kondolongit dan masih banyak lagi.

Sektor Pendidikan

Ayu Kartika Dewi dan Iman Usman
Ayu Kartika Dewi dan Iman Usman via wanitaindonesia.co.id dan goodnewsfromindonesia.id

Ayu Kartika Dewi

Bagi yang kurang mengenal sosok perempuan cantik ini. Ayu Kartika Dewi adalah penemu organisasi SabangMerauke yang merupakan singkatan dari Seribu Anak Bangsa Merantu untuk Kembali. SabangMerauke bisa dikatakan adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan kemanusiaan.

Ayu yang menghabiskan pendidikan tinggi di luar negeri bertujuan mendirikan organisasi ini untuk membuka cakrawala anak-anak Indonesia untuk memahami pentingnya pendidikan dan menanamkan nilai ke-bhineka-an. Melalui SabangMerauke, ia berharap bisa menghapus intoleransi yang bisa saja muncul pada generasi muda bangsa.

Organisasi ini memiliki program pertukaran pelajar dan pengajar ke seluruh pelosok Indonesia. Melalui program ini diharapkan kekuatan toleransi terhadap sesama bangsa dan antar umat beragama yang ditanamkan sejak dini kepada generasi muda Indonesia dapat meningkatkan persatuan bangsa di masa depan.

Atas kiprahnya ini, Ayu mendapat penghargaan dari produk kosmetik ternama di Indonesia sebagai salah satu dari 10 wanita inspiratif di bidang pendidikan. Ayu juga termasuk ke dalam daftar 13 anak muda inspiratif dalam Tempo Media Week 2017.

Iman Usman

Lahir di Padang, 21 Desember 1991, pria dengan nama lengkap Muhammad Iman Usman ini merupakan CPO (Chief Product Officer) dari Ruangguru.com, sebelumnya Iman merupakan CEO dari e-commerce pendidikan ini hingga Juli 2016 sebelum akhirnya di ganti oleh partnernya Belva Devara.

Sebelum berangkat sebagai founder Ruangguru.com, Iman juga merupakan pendiri dari organisasi Indonesia Future Leader organisasi pemuda yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial pada tahun 2006. Selain itu, dia pun  terpilih sebagai Duta Muda ASEAN dan mewakili Indonesia untuk G-20 My Summit di Toronto, Kanada pada tahun 2010.

Berbagai prestasi dibidang pendidikan, budaya, sosial dan kemanusiaan telah di raih oleh Iman. Karena sosoknya yang sempurna baik di bidang akademik dan non-akademik. Tahun ini pun dia berhasil mengukir prestasi lagi dengan masuk daftar Forbes untuk kategori 30 Under 30 bersama sahabatnya Belva untuk kesuksesan Ruangguru.com yang telah mencapai 1,6 juta user dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Keren, Ini 7 Anak Muda Indonesia Berprestasi dan Bisa Jadi Inspirasi Kamu

Sektor Olahraga

Lalu Muhammad Zohri dan Puspa Arumsari
Lalu Muhammad Zohri dan Puspa Arumsari via asumsi.co dan taufiqurokhman.com

Lalu Muhammad Zohri

Zohri menjadi sosok sensasional setelah berita tentang dirinya yang memenangkan medali emas di perlombaan lari jarak pendek di Finlandia. Dia disorot merayakan sendiri kemenangannya, bahkan harus meminjam bendera negara lain karena tidak ada yang memberikannya ketika dia akan merayakan kemenangan di podium sebagai juara pertama.

Lahir dari keluarga sederhana, Zohri yang sudah jatuh cinta dengan dunia olahraga lari ini mengaku sering berlari di pinggir pantai baik dipagi hari sebelum bekerja sebagai nelayan dan sore hari ketika sudah kembali lagi dari bernelayan.

Berkat berita prestasinya yang dihiraukan oleh pemerintah menjadikan kisahnya ini mengharukan dan inspiratif, cerita ini pun berhasil viral diseluruh media berita baik televisi dan sosial media. Zohri pun kebanjiran hadiah berupa uang tunai, renovasi rumah, masuk TNI tanpa tes dan makan malam bersama Presiden Jokowi di istana negara berkat ketulusannya berjuang memberikan prestasi untuk bangsa.

Prestasi terbaru yang dicetak oleh Zohri adalah dia sekali lagi berhasil membawa harum nama Indonesia karena berhasil merebut medali perak untuk kategori lomba lari jarak pendek di  Asian Games 2018.

Puspa Arumsari

Pemenang medali emas Asian Games 2018 ini berhasil mengharumkan nama Indonesia untuk pertandingan Pencak Silat Nomor Seni Tunggal Putri. Gadis ini keluar sebagai pemenang setelah berhasil mengumpulkan poin hingga 467 poin mengalahkan pesaing-pesaingnya Nurzuhairah Mohammad Yazid, dari Singapura yang mengemas 445 poin dan Cherry May Regalado dari Filipina yang meraih 444 poin.

Puspa Arumsari mulai berlatih pencak silat sejak usia 11 tahun, dia mengaku jatuh cinta kepada seni olahraga asli Indonesia itu karena diajak berlatih oleh abangnya sendiri. Prestasi lainnya yang pernah dia raih sebelum Asian Games adalah Juara 1 Pra Kualifikasi PON di Gorontalo, juara 2 Pencak Silat World Championship di Thailand, juara 1 Asean University Games, Indonesia di Palembang, juara 2 Malaysia Open di Ipoh Malaysia, juara 2 Asean University Games di Laos, Juara 3 SEA Games 2017.

Pencak silat sendiri adalah seni bela diri asli Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari dunia sebagai salah satu cabang olahraga yang dianggap indah dan unik. Seni bela diri ini telah diminati di lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Berhasil membawa pulang medali emas untuk cabang olahraga asli dari negara sendiri tentu menjadi kebanggaan luar biasa bagi Puspa Arumsari.

Baca Juga: Kisah Para Tokoh-Tokoh Bangsa Modern yang Rela Melepas Gaji Tinggi Demi Membangun Bangsa

Sektor Teknologi

Andhy Koesnandar dan Veronika Linardi
Andhy Koesnandar dan Veronika Linardi via kolom.kompas.com dan kejorahq.com

Andhy Koesnandar

Andhy Koesnandar adalah Founder dari website pembanding produk keuangan Cermati.com sejak tahun 2015. Sekarang bersama dengan 2 rekan lainnya Oby Sumapow dan Carlo Gandasubrata bersama membangun PT Dwi Cermat Indonesia hingga saat ini menjadi salah satu perusahaan fintech populer di Indonesia dengan nama website cermati.com.

Sebelum menjadi CEO dan Founder dari Cermati.com, pria kelahiran 11 November 1983 ini merupakan lulusan S1 University of Washington lalu S2 University of Nebraska dan pernah bekerja di Microsoft selama 7 tahun di bagian pengembangan teknologi.

Setelah memantapkan karirnya dibidang teknologi Andhy memutuskan hengkang dari negara pama sam dan kembali lagi ke tanah air untuk membangun bisnisnya sendiri bersama rekannya Oby Sumapow. Memiliki visi mengembangkan bangsa dan negara yang sama dengan cara membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan produk finansial yang ideal dengan mencermati semua layanan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dengan teknologi internet.

Veronika Linardi

Mencari lowongan kerja di Internet merupakan hal yang sudah sangat umum saat ini. Dari tren ini Veronika Linardi pun akhirnya menciptakan situs lowongan kerja yang lebih canggih, praktis dan lebih memudahkan para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Berawal dari dirinya yang sering membantu kandidat yang berkualitas untuk perusahaan temannya, lama-kelamaan hobinya ini pun semakin membuatnya semakin bersemangat untuk membantu lebih terutama kepada pihak pencari pekerjaan untuk bisa lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Akhirnya dia pun membangun bisnisnya sendiri sesuai keahlian sebagai konsultan rekrutmen.

Menjadi sosok yang penting dari 2 situ lowongan kerja paling populer saat ini Qerja.com dan Jobs.id. Wanita yang sedang menjabat sebagai Co-Founder dan CEO dari Qerja.com ini adalah sosok sebenarnya yang menggambarkan kehebatan sebuah julukan womanpreneur.

Banggakan Tanah Air dengan Caramu Sendiri

Seseorang punya batasan, keahlian dan porsi suksesnya masing-masing. Berjuanglah dengan cara kamu sendiri dalam membanggangkan nama bangsa. Baik itu sebagai seorang pegawai atau pengusaha. Setiap kerja keras pasti akan menghasilkan hal yang baik, jadi jangan pantang menyerah dalam mencapai cita-cita dan impian kamu.

Baca Juga: 5 Komikus Instagram Paling Populer dan Kaya di Indonesia