Sempat Kena Tipu Rekaman Rp100 juta, Kini Siti Badriah Sukses jadi Penyanyi Dangdut Terkenal

Siapa yang tak mengenal Siti Badriah. Si cantik yang dikenal dengan panggilan Sibad ini merupakan salah satu penyanyi dangdut Tanah Air yang memikat hati para penggemarnya. Setelah lagunya yang berjudul Lagi Syantik menjadi hits dan trending di platform YouTube Indonesia, nama Sibad makin dikenal banyak orang.

Lagu Lagi Syantik menjadi viral dan populer di tahun 2018 lalu. Lagi Syantik juga begitu menarik bagi banyak orang. Setelah empat bulan dirilis, lagu yang naik daun tersebut sudah ditonton sekitar 500 juta kali.

Dari situlah, Siti mulai mendapatkan banyak job menyanyi baik di layar kaca atau undangan nyanyi dari panggung ke panggung yang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Selain itu, ia juga menjadikan channel Youtubenya jadi sumber uang dari berbagai video yang diuploadnya.

Hingga akhirnya, kini wanita asli Bekasi, Jawa Barat sudah sukses dan hidup bergelimang harta. Popularitasnya pun disorot sampai ke mancanegara. Lantas, bagaimana awal kisahnya membangun karir hingga bisa sukses seperti sekarang ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini yang telah dilansir Cermati.com dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Berbakat Menyanyi Sejak Kecil

View this post on Instagram

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Sebelum sukses seperti sekarang, dari kecil Siti Badriah sudah bernyanyi dari panggung ke panggung. Sejak usianya masih lima tahun, bakat menyanyi Siti Badriah sudah terlihat. Kala itu Siti yang masih duduk di kelas 2 SD, bergabung dengan orkes dangdut yang dijalani ayah tercintanya. 

Meski ketika itu masih belum mengerti apa-apa, namun jelas Siti tak merasa gugup untuk perform di atas panggung. Putri dari Siti Amanah dan Muhammad Husni ini tampaknya merasa nyaman disorot banyak orang ketika bernyanyi dengan suara merdunya. 

Untuk menambah pengalaman dan mengasah bakatnya, Siti yang pada 11 November 1991 ini juga kerap mengikuti beraneka festival musik. Hobinya tersebut terus berlanjut hingga ia beranjak dewasa. 

Pernah Tertipu Seratus Juta

View this post on Instagram

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Diakui Siti, perjuangan untuk mewujudkan impiannya menjadi kenyataan tentu tidak mudah. Bahkan, ada banyak pengorbanan dan kerja keras yang berkelanjutan selama bertahun-tahun hingga akhirnya dapat menuai hasil sesuai ekspektasi.

Siti bahkan pernah mengalami kemalangan. Saat masih merintis karir dari bawah, ia pernah tertipu hingga ratusan juta Rupiah. Demi membiayai debutnya sebagai penyanyi, aset kekayaan milik keluarganya hampir habis terjual.

Saat itu orang tua Siti sampai rela menjual sawah demi untuk membiayai rekaman pembuatan albumnya. Siti diiming-imingi dan akan dibantu untuk membuatkan album oleh seseorang yang mengaku produser. Namun setelah merogoh kocek hingga Rp100 juta, orang yang berjanji akan memproduseri itu malah menghilang. 

Sempat terpuruk, tapi Sibad masih bersyukur karena ia tidak patah semangat dan bisa segera bangkit kembali. Dan kini, menelan pil pahit hanya tinggal kenangan. Perjuangan Siti akhirnya berbuah manis sekarang.

Kontrak dengan Nagaswara

View this post on Instagram

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Pada tahun 2010, ia mendapat kesempatan untuk dipertemukan dengan Rahayu Kertawiguna yang merupakan pendiri Nagaswara. Bapak Rahayu Kertawiguna inilah yang juga belakangan menciptakan beberapa lagu untuk Siti.

Lagu Berondong Tua dan Bara Bere yang ditulis Kertawiguna pun dibawakan oleh Siti dan berhasil membawanya menapaki tangga kesuksesan. Siti juga dikenal dengan beberapa hits single lainnya seperti Melanggar Hukum, Goyangan Manjur, Terong Dicabein, Senandung Cinta, Suamiku Kawin Lagi hingga Harapan Cinta yang digemari masyarakat penikmat musik dangdut.

Pada tahun 2014, Siti merilis full album dan VCD Karaoke yang bertajuk Satu Sama. Tahun 2014 menjadi moment di mana Siti paling banyak mengeluarkan single. Sejumlah lagu seperti Andilau, Heboh Janger, Keenakan, Selimut Malam, Jakarta Hongkong dan Sama-Sama Selingkuh juga dirilis pada tahun ini.

Siti juga sempat berkolaborasi dengan beberapa musisi kawakan dalam karya musiknya. Ia menggaet Delon dalam lagu Cinta Tak Harus Memiliki yang diperkenalkan pada khalayak tahun 2017. Pada saat yang bersamaan, ia juga menelurkan single Harapan Cinta, Ketemu Mantan, Undangan Mantan dan Nasib Orang Miskin.

Ia juga bekerja sama dengan Mahesa Ofki dan Temon #PawangKuota untuk lagu Bojoku di tahun 2018. Kemudian Siti menggandeng RPH dan DJ Donall dalam lagu Sandiwaramu Luar Biasa dan Lagi Tamvan. Selain itu, di tahun yang sama juga, Siti memperkenalkan lagu Aku Kudu Kuat yang merupakan soundtrack dari Dendang Cinta Wulan. Lagu Harus Rindu Siapa juga dipublikasikan olehnya.

Prestasi Siti di dunia seni juga mendapat apresiasi. Untuk lagu Mama Minta Pulsa, hits ini menjadi Top Sales RBT di tahun 2016. Sedangkan lagu Cinta Tak Harus Memiliki yang dinyanyikan duet bersama Delon mendapat penghargaan dari Ami Awards sebagai Duo Grup Kolaborasi Dangdut Kontemporer 2017.

Baca Juga: Sering Gagal Audisi Nyanyi, Rina Nose Malah Sukses Jadi Komedian

Merambah ke Seni Peran

View this post on Instagram

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Kini Siti Badriah tak hanya dikenal di blantika musik dangdut. Wanita penyuka aksesoris ini juga telah terjun menjajal dunia akting. Aktif di seni peran, awalnya Siti memulai debut aktingnya dengan ikut serta dalam Film Televisi (FTV). 

Dari FTV, jalannya untuk melebarkan sayap ke film menjadi semakin terbuka lebar. Beberapa judul FTV yang pernah dilakoni Siti antara lain yaitu Mimpi Manis Siti (2015), Janji Siti Untuk Ibu (2016), Kala Sinta Berburu Cinta (2017) dan Kuasa Ilahi: Ikan Formalin Pembawa Petaka (2017).

Mulai tahun 2015, Siti yang dikenal dengan goyang maju-mundur itu juga telah membintangi sejumlah film berjudul Palasik (2015), Iseng (2016), dan Yowis Ben 2 (2019).

Setelah menjajal film, Siti Badriah juga terjun ke dunia sinetron. Di antaranya seperti Senandung (2016), Harapan Cinta (2017), Dikejar Rezeki (2017), Nadin (2017) dan Dendang Cinta Wulan (2018).

Dari Honor Rp 25 Ribu Menjadi Miliarder

View this post on Instagram

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Lagu Lagi Syantik berhasil bertengger dalam tangga musik Billboard YouTube dan bahkan masuk rekor MURI tahun 2018. Lagu yang sangat berpengaruh ini telah menduduki posisi paling tinggi di urutan keempat. Siti yang juga penyuka mobil sport ini tak pernah mengira bahwa lagu inilah yang menjadi booming dan membuat namanya makin populer.

Dengan lagu ini juga Siti mengisi panggung besar yang disaksikan banyak orang, yakni pada momen Closing Ceremony Asian Games 2018. Namun dulu, saat dirinya masih merintis karir, lain lagi ceritanya. Hidupnya pernah sangat perih, tinggal di kamar kost kecil dan harus survive dengan keuangan yang pas-pasan. 

Sebelum sukses seperti sekarang, Siti pernah manggung yang hanya dibayar Rp25 ribu sampai Rp50 ribu saja. Ia bahkan pernah mengalami tampil bernyanyi di gerobak dorong dan di berbagai resepsi pernikahan.

Tapi begitulah, roda kehidupan berputar. Melihat kesuksesannya yang sudah mengantongi miliran Rupiah saat ini, Siti mengaku sangat bersyukur. Setelah hampir 10 tahun berkarir di industri hiburan, ada banyak perubahan yang dirasakannya. 

Perubahan besar terutama ia rasakan dalam hal ekonomi. Tak hanya sanggup membeli rumah dan mobil mewah, ia juga sudah membuka usaha sendiri. Sebagai bakti kepada orang tua, Siti juga telah menghadiahkan rumah dan mobil bagi ayah ibunya. 

Tak lupa, istri dari Krisjiana Baharudin ini sudah memberangkatkan umrah kedua orang tua tercinta.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Yuki Kato dari Bullyan Sampai Jadi Entertainer Papan Atas

Punya Koleksi Mobil Mewah

View this post on Instagram

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Apa saja mobil mewah yang dikoleksi Siti? Tak hanya mempunyai Toyota 86 yang harganya berada di kisaran Rp700 juta, ada mobil Toyota Alphard seharga Rp1 miliaran yang terparkir di garasinya. Selain itu, Siti juga memiliki Nissan Grand Livina yang dibanderol Rp221 jutaan di pasaran.

Seakan semua itu belum cukup, Siti pun menambah koleksinya dengan Honda Mobilio yang harganya kurang lebih mulai dari Rp215 jutaan. Ya, semuanya merupakan mobil pabrikan Jepang alih-alih Eropa, yang apabila diuangkan maka harga semua mobil Siti berada di angka Rp2 miliaran. 

Kini, Siti masih bergelut di karir musik dan aktingnya. Masih ada cita-cita membuat film untuk seni peran yang ditekuninya. Demikian juga ia sibuk berkutat dengan bisnis kulinernya yang belum lama dimulai.

Jangan Patah Semangat

Belajar dari perjuangan Siti Badriah, kamu juga bisa sukses berkarir dan menjemput banyak rezeki. Kuncinya jangan cepat menyerah dan harus segera bangkit saat menemui kegagalan. Siti juga pernah terpuruk dan kena tipu.

Ia tidak membiarkan kerugian itu menggerogotinya lebih lama. Sebaliknya, ia melanjutkan hidup dan terus berusaha. Kalau kamu menjumpai kegagalan dalam usahamu, jangan patah semangat ya. Kamu hanya akan benar-benar gagal saat kamu berhenti. 

Yuk coba bangkit lagi dengan cara lain. Siapa tahu kali ini bukan kamu yang menjemput rezeki, tapi malah berkah dan rezeki besar yang balik mengejar dan menangkapmu. Tetaplah semangat demi masa depan yang cerah!

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya