Serba Serbi Tren Pernikahan 2021: Dari Konsep, Gaun, hingga Makeup Pengantin

Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat, termasuk dalam acara pernikahan. Menjadi lebih sederhana, namun tetap sakral dan khidmat.

Perubahan tersebut dimulai tahun lalu. Tak ada lagi hajatan ramai, mengundang ratusan bahkan ribuan tamu undangan.

Apalagi hiburan dangdutan maupun layar tancap. Dan kegiatan itu masih dilarang sampai saat ini. Sebab corona belum hilang.

Konsep pernikahan sekarang lebih minimalis. Hanya dihadiri keluarga dan kerabat dekat pasangan. Tamu boleh menyaksikan, tetapi secara virtual. Lewat channel Youtube maupun IG Live mempelai atau wedding organizer.

Pengantin serta hadirin yang datang kini wajib memakai masker. Boleh juga menggunakan sarung tangan.

Di rumah atau gedung, tempat penyelenggaraan acara harus dilengkapi hand sanitizer atau tempat cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan.

Itu gaya pernikahan di tahun 2020. Bagaimana dengan tren pernikahan 2021? Simak ulasannnya berikut ini:

Baca Juga: Cara Daftar Nikah Online dan Prosedur Ijab Kabul di KUA saat Darurat Corona

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Konsep Minimalis Masih Jadi Tren di 2021

Pernikahan
Konsep pernikahan sederhana masih yang diinginkan calon pengantin di 2021

Walaupun vaksin sudah datang, dan tinggal tunggu waktu disuntikkan, namun tatanan kehidupan baru dalam menghelat acara pernikahan ini akan lebih digandrungi di 2021.

Karena itu tadi, virus Covid-19 masih ‘bergentayangan.’ Protokol kesehatan gak boleh kendor. Konsep pernikahan yang minimalis diprediksi masih akan jadi pilihan calon pengantin.

Daripada bikin pesta besar, tetapi nanti dibubarkan petugas, lebih baik cari aman. Gak usah mewah, yang penting sakral.

Lagipula banyak orang semakin sadar, resepsi gede-gedean cuma buang-buang uang. Inti dari proses pernikahan kan saat akad nikah. Jadi lebih intim.

Ada penghulu, saksi, wali orangtua sebetulnya sudah cukup. Yang bikin rumit biasanya tradisi maupun gengsi.

Senangnya wah, disanjung orang lain kalau berhasil menggelar pesta pernikahan mahal dengan ribuan tamu undangan.

Inilah momen yang tepat kalau kamu dan pasangan ingin mewujudkan konsep simpel, sederhana, minimalis, tanpa menghilangkan makna dari pernikahan itu sendiri.

Venue Bertema Outdoor 

Pernikahan
Konsep menikah di luar ruangan atau outdoor akan menjadi pilihan di 2021

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), risiko penularan virus corona lebih tinggi di ruangan tertutup dan dipadati banyak orang. Jadi, konsep menikah di luar ruangan atau outdoor akan menjadi pilihan di tahun ini.

Alasannya, karena kalau outdoor, punya kapasitas lebih luas sehingga sangat disarankan untuk menerapkan social distancing. Dengan begitu, tamu yang hadir dapat menjaga jarak aman sesuai imbauan.

Anda dapat menyewa pelataran gedung atau masjid untuk menggelar pernikahan. Atau jika ingin diadakan di rumah, buat tenda di halaman depan.

Meski di tempat terbuka, tamu yang datang tetap dibatasi. Aturan dari Kementerian Agama, boleh diikuti maksimal 20% dari kapasitas dan tidak boleh lebih dari 30 orang.

Baca Juga: Nikah Yuk! Ini 11 Rincian Biaya Nikah yang Perlu Disiapkan Milenial

Gaun Pengantin Sederhana dengan Warna Pastel Lebih Disukai

Pernikahan
Busana pengantin pun bakal booming dengan desain sederhana

Konsep pernikahan minimalis di era pandemi, lebih pas ditunjang dengan busana pengantin yang tidak berlebihan. Namun tetap bagus dan elegan.

Untuk pemilihan kebaya maupun gaun pengantin, diperkirakan bakal booming di 2021 dengan desain sederhana. Tidak terlalu ramai atau banyak renda dan payet, sehingga terkesan anggun dan nyaman dipakai.

Pasangan pengantin di tahun ini juga lebih melirik warna-warna dasar, seperti nuansa putih untuk akad nikah dan resepsi.

Selain itu, warna-warna pastel pun bakal menjadi pilihan, seperti abu-abu, dusty pink, hijau mint, mocca, peach, lavender, biru toska, coral, orange pastel, kuning pastel, dan lainnya.

Baca Juga: Menikah Tanpa Wedding Organizer Lebih Menyenangkan dan Hemat

Tren Makeup dan Rambut Pengantin 2021

Pernikahan Tren makeup dan rambut pengantin 2021

Untuk makeup wedding tahun 2021, diprediksi lebih menyukai warna earth tone atau unsur bumi, seperti hijau, biru, putih, oranye, coklat, hitam.

Warna-warna ini dipadupadankan untuk riasan mata, pipi, dan bibir sehingga memberi penampilan klasik nan elegan si pengantin wanita. Gak terlihat menor, tetapi tetap terlihat segar.

Sementara gaya rambut di tahun ini cenderung masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Simpel, namun memancarkan keanggunan.

Di antaranya sanggul kecil di posisi belakang dan agak ke bawah, serta hair do kepang yang dimodif. Contohnya sanggul dikepang, kepang atas dikombinasi efek gelombang di bagian bawah (waterfall braid), atau crown braid, yakni model kepang yang mengelilingi kepala.

Aneka bentuk tata rambut tersebut ditambahkan aksesoris seperti bunga atau pin rambut bisa jadi pilihan tepat di hari spesialmu.

Bila menggunakan hijab, trennya juga mengarah style simpel. Hijab dimodel tidak menumpuk, dan dihias dengan mahkota kecil agar semakin memesona.

Lebih Hemat, Gak Perlu Utang

Pernikahan dengan konsep serba minimalis atau intimate dapat menghemat bujet. Selain itu, kamu dan pasangan tidak perlu sampai harus berutang demi menggelar resepsi ala sultan.

Uang dari penghematan pesta nikah, bisa kamu gunakan untuk DP rumah biar gak melulu tinggal di pondok mertua indah. Atau dipakai membeli perabotan rumah tangga yang dibutuhkan.

Buang jauh gengsi. Yuk, wujudkan pernikahan sederhana, namun tetap berkesan dan terbebas dari masalah finansial.

Baca Juga: Tata Cara dan Biaya Nikah di KUA