Sewa Gedung Pernikahan Mahal? Coba Di 4 Lokasi Ini

Menikah memang merupakan suatu fase yang terjadi pada setiap kehidupan manusia. Demi memenuhinya tuntutan yang ada, menikah selalu menjadi seremonial yang umum dan berlaku untuk siapa pun yang sudah menginjak dewasa dan telah memenuhi persayaratan. Jadi  bagi siapapun yang memang sudah merasa siap secara lahir dan batin maka menikah akan menjadi anjuran. Dalam prosesi pernikahan memang akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dikerjakan. Dari persiapan fisik hingga pendanaan merupakan hal yang tak akan terhindarkan dari persiapan sebuah pernikahan. Terkadang tidak sedikit dari mereka yang sedang mempersiapkan pernikahannya ini terganggu dan dibuat pusing dengan masalah pendanaan terutama sewa gedung pernikahan. Masalahnya biayanya tidaklah murah.

Biayan pernikahaan memang selalu menjadi fokus dan perhatian utama dari mereka yang akan melangsungkan pernikahan. Bagaimana tidak beragam hal dari masalah tempat, sajian, baju, dokumentasi, undangan hingga souvenir pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Salah satu anggaran yang membutuhkan uang yang besar dalam persiapan pernikahan ini adalah tempat atau venue. Tempat memang akan selalu menjadi perhatian karena ia akan memberikan pengeluaran yang cukup besar. Apalagi di kota-kota besar, dengan lahan yang sempit, maka seringkali mereka para penduduk kota tak punya pilihan lain selain harus menggelar pernikahannya di gedung yang notabene membutuhkan dana yang besar.

Namun meski demikian akan selalu ada jalan menuju Roma, kata peribahasa. Saat ini dengan beragam corak dan konsep pernikahan yang ada, acara resepsi pernikahan bisa dilangsungkan dibeberapa tempat yang tetap menarik dan unik meski berbiaya murah. Dengan kreativitas yang ada tempat-tempat yang murah dan mungkin tak terbayangkan sebelumnya bisa Anda sulap menjadi tempat yang unik dan menarik sebagai pergelaran pernikahan Anda. Lalu apa saja tempat atau venue yang bisa dijadikan lokasi resepsi yang unik dan sekaligus hemat biaya?

1. Rumah Sendiri

Home Wedding

Home Wedding via wilsonmcsheffrey.co.uk

 

Alternatif tempat hemat pertama yang bisa Anda jadikan sebagai venue resepsi pernikahan adalah rumah sendiri. Jika Anda memiliki rumah yang cukup besar, Anda bisa menggelar resepsi pernikahan tersebut di rumah Anda. Tentunya karena rumah sendiri , Anda pastinya tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk biaya tempat. Namun yang harus Anda ingat jika Anda menggelar resepsi pernikahan di rumah, Anda harus memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar. Ini dikarenakan ada beberapa pergelaran  resepsi yang dilakukan sambil menutup jalan. Jika Anda memang harus menggunakan jalan di depan rumah, sebaiknya Anda membicarakan dulu pada tetangga serta RT/RW setempat.

Satu hal lagi yang peru Anda perhatikan jika menyelenggarakan pesta atau resepsi pernikahan di rumah adalah keberadaan perabot dan cat dinding rumah yang bisa menjadi sasaran kerusakan. Dengan hadirnya banyak tamu, Anda memang tidak bisa menghindari diri dari kemungkinan kerusakan pada perabot dan cat dinding rumah Anda. Untuk mengatasinya tentu Anda harus mengamankan beberapa perabot rumah yang penting dan berharga ke dalam kamar. Untuk cat dinding, jauh-jauh hari sebelum acara digelar, pastikan Anda mengecat dinding rumah dengan cat yang nati noda yang mudah dibersihkan saat terkena noda.

Baca Juga : Budget Pernikahan Tidak Sampai 50 Juta? Ini Cara Mengaturnya

2. Halaman atau Taman

 Pesta Kebun

Pesta kebun via furamaxclusive.com

 

Jika Anda tak memiliki rumah yang besar, tapi mempunyai halaman atau taman yang luas, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat resepsi. Dengan konsep outdoor, tentunya Anda bisa menciptakan suasana resepsi pernikahan yang unik dan menarik. Suasana outdoor juga akan membuat resepsi pernikahan akan jauh lebih bersahabat dan menenangkan. Luasnya halaman atau taman juga akan membuat Anda lebih leluasa untuk berkreasi melakukan pengaturan dekorasi sesuai tema pernikahan yang Anda inginkan. Dan yang jelas, dengan halaman dan taman yang luas, Anda bisa menghemat dana resepsi, karena Anda tak perlu mengeluarkan dana sedikit pun.

3. Pantai Atau Lapangan

Nikah Di Pantai

Nikah Dipantai Menjadi Salah Satu Alternatif via creativeeventsasia.com

 

Harga sewa lahan terbuka (outdoor) memang cenderung lebih terjangkau di banding sewa gedung. Anda bisa bekerja sama dengan teman-teman Anda dari Jurusan Seni atau yang hobi menghias kamar untuk dekorasinya. Beberapa tempat outdoor yang bisa Anda gunakan untuk tempat resepsi adalah pantai, danau, lapangan bola dan lainnya. Selain harga sewa yang murah, yang membuat hemat dari pesta resepsi outdoor itu adalah Anda yang tak perlu dekorasi yang heboh. Ini dikarenakan lingkungan outdoor sudah menyajikan pemandangan tersendiri yang memanjakan mata daripada lingkungan indoor.

Dengan konsep hasil kreasi sendiri dan menghadirkan properti yang unik, pesta resepsi pernikahan Anda akan dikenang. Keuntungan lain dari konsep pesta outdoor semacam ini adalah tamu akan menjadi lebih akrab satu sama lain. Untuk menjadikannya lebih nyaman, Anda bisa memasang tenda di beberapa titik seperti tempat antrian makanan dan ucapan selamat agar para tamu tidak kepanasan. Dengan beberapa hal yang Anda lakukan ini maka bisa dipastikan aura pesta pernikahan Anda akan lebih friendly dan sejuk dengan pemandangan yang menarik.

4. Hotel

Hotel

Mengadakan Pernikahan Di Hotel Menjadi Alternatif Venue via jwestwedding.com

 

Terakhir, alternatif tempat hemat pertama yang bisa Anda jadikan sebagai venue resepsi pernikahan adalah hotel. Jangan dulu berpikiran dan membayangkan bahwa pernikahan di hotel itu membutuhkan biaya yang mahal. Hal ini dikarenakan sekarang hotel sedang berlomba-lomba menarik tamu untuk menyelenggarakan wedding di hotel mereka. Dengan adanya persaingan antar hotel ini maka harga yang ada juga akan ikut mengalami persaingan. Perlombaan hotel mencari acara ditempat mereka disebabkan adanya upaya hotel untuk menutup biaya operasional di sepanjang masa non-peak season (masa di mana tamu hotel paling banyak, misal waktu liburan).

Jika Anda memang menyelenggarakan resepsi pernikahan dengan jumlah undangan antara 100-250 orang atau bahkan kurang dari itu, maka wedding package di hotel bisa jadi pilihan. Selain praktis, resepsi pernikahan di hotel akan memudahkan tamu mencari venue. Selain biaya sewa hotel yang lebih kompetitif dibanding gedung, beberapa biaya tambahan seperti dekorasi, MC, hiburan, make-up, sampai kamar untuk malam pengantin bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Biaya Nikah Hemat dengan Hiasan Kreasi Sendiri

Berhemat Dengan Kreativitas

Saat dana pernikahan Anda tidak mencukupi untuk membuat pernikahan yang megah dengan cara sewa gedung, dengan kreativitas bukan tidak mungkin Anda menciptakan prosesi pernikahan yang meriah dan unik dengan beberapa pilihan venue dengan harga terjangkau.  Buat pesta Anda berkesan dan tidak terlupakan teman cermat.

Baca Juga : Biaya Nikah: 12 Cara Unik Untuk Menghematnya