Siap Berinvestasi? Ini 4 Pilihan Investasi Jangka Panjang Paling Diminati

Melakukan kegiatan investasi merupakan langkah yang sering dilakukan untuk mengamankan keuangan. Investasi bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di dalam keuangan, sehingga nilai aset yang dimiliki semakin bertambah.

Sebagai calon investor, Anda tentu akan sangat berhati-hati dalam memilih instrumen investasi ini, mengingat setiap instrumen investasi akan memiliki sejumlah resiko di dalamnya. Pemahaman seperti ini sangat penting, agar investor bisa mengelola risiko investasi sebaik mungkin.

Kini, tak sedikit orang bahkan pemula sekalipun langsung mencoba investasi jangka panjang. Bila dilihat, walau butuh waktu lama untuk melihat hasilnya tapi memiliki risiko yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jangka lainnya.

Berikut ini adalah 4 pilihan instrumen investasi jangka panjang yang paling diminati banyak orang dan bisa dijadikan sebagai pilihan:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Emas

emas
Emas

Emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer dan banyak diminati. Bukan hanya oleh para investor yang berpikir modern saja, bahkan menjadi pilihan investasi favorit bagi kebanyakan orang tua yang tinggal jauh dari perkotaan. Pada investasi emas ini bisa dilakukan dalam bentuk batangan atau perhiasan.

Hingga saat ini, investasi dalam bentuk emas masih menjadi primadona, sebab nilainya cenderung mengalami kenaikan. Harganya juga terbilang stabil dan jarang sekali mengalami penurunan. Meskipun ada tentunya hanya dalam nilai yang sangat kecil saja.

Baca Juga: 3 Fakta Mengejutkan Seputar Investasi Emas

2. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

obligasi
Obligasi Ritel Indonesia

Untuk Anda yang lebih modern dan menyukai investasi yang simpel, ORI (Obligasi Ritel Indonesia) bisa menjadi pilihan yang tepat. Obligasi yang dikeluarkan oleh negara ini memiliki pendapatan kupon yang cukup tinggi, yakni hampir mencapai 7% dan dibayarkan setiap bulannya kepada para pemilik. Nilai ini tentu terbilang besar, jika dibandingkan dengan nilai rata-rata bunga tabungan biasa.

Akses ORI juga kini telah semakin mudah, sebab beberapa bank milik pemerintah dan bank swasta ikut serta memasarkannya. Anda bisa memulai investasi ini dari nilai yang cukup ringan, yakni mulai dari Rp 1 juta saja. Untuk masa jatuh temponya, ORI bisa dicairkan setelah 2 atau 3 tahun, tergantung perjanjian awal ketika membelinya. Selain itu, ORI juga dijamin oleh negara, sehingga investor tidak perlu khawatir akan sejumlah dana yang disetorkan. Dengan potensi keuntungan kupon yang dijanjikan instrumen investasi yang satu ini, ORI menjadi salah satu yang layak untuk dipertimbangkan, bukan?

3. Tabungan Berjangka

tabungan berjangka
Tabungan berjangka

Meski tidak sepopuler tabungan biasa, tabungan berjangka ini menjanjikan keuntungan yang cukup menggoda. Sesuai dengan namanya, tabungan ini akan ‘memaksa’ Anda untuk menabung secara rutin dalam jumlah tertentu setiap bulannya. Anda bisa memilih salah satu program tabungan berjangka ini dengan nilai yang tetap yang paling tepat, sebab saat ini ada banyak bank yang menyediakan layanan ini.

Selain bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa, investor yang memilih instrumen ini juga bisa mendapatkan paket perlindungan asuransi jiwa di dalamnya. Tabungan berjangka bisa dicairkan sesuai dengan tempo yang telah Anda tentukan sejak awal.

Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan Anda mencairkan tabungan ini lebih awal, tentunya dengan konsekuensi pinalti yang ditetapkan oleh bank. Bagi yang suka menunda-nunda investasi, tabungan berjangka ini akan menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: 4 Manfaat Menabung dengan Tabungan Berjangka

4. Saham Blue Chip

blue chip
Saham blue chip

Untuk yang berani dan tertarik berinvestasi dalam bentuk saham, Anda bisa mencoba berinvestasi dalam saham blue chip yang merupakan saham-saham yang memiliki nilai kapitalisasi lebih dari 10 triliun.

Di dalam prakteknya, nilai kapitalisasi ini tentu akan mempengaruhi nilai saham tersebut di pasaran, di mana semakin tinggi nilai kapitalisasinya, maka akan semakin tinggi juga harga sahamnya. Pendapatan dari saham blue chip ini terbilang sangat tinggi, jika dibandingkan dengan saham lainnya di pasaran.

Pahami dan Segera Mulai Investasi

Investasi memang mengandung sejumlah resiko di dalamnya. Maka, pahami dengan baik sejak awal menyoal instrumen investasi yang dipilih, sehingga bisa segera memulai dan mengelola investasi maksimal. Namun di saat yang sama, Investasi menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan kondisi keuangan di masa yang akan datang, sebab aktifitas ini menjanjikan keuntungan yang sangat lumayan besar.

Baca Juga: Tips Investasi Pemula Sesuai dengan Usia