Siapa Bilang Pakai Kartu Kredit Bikin Boros? Bisa Hemat dengan Trik Ini

Kartu kredit identik dengan konsumtif dan pemborosan. Benarkah? Ya enggak semua begitu sih. Ada kok pengguna yang bisa memanfaatkan kartu kredit dengan bijak. Walhasil alat pembayaran non-tunai ini justru memberi banyak keuntungan bagi penggunanya.

Pihak bank sebagai penerbit kartu kredit kerap memberikan berbagai diskon, promo, cashback menarik. Tujuannya tentu saja agar pengguna memanfaatkan kartu kredit untuk keperluan belanja, rekreasi, dan sebagainya.

Nah dengan memanfaatkan promo-promo tersebut, sebetulnya kamu bisa lebih berhemat saat menggunakan kartu kredit. Kartu kredit enggak bakal jebol sehingga berdampak ke tagihan bulanan kamu. Bagaimana sih caranya?

Baca Juga: Keuangan Makin Hemat Pakai Kartu Kredit, Cermati Promo Kartu Kredit Terbaru 2019

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Maksimalkan Promo Buat Pengguna Baru

Kartu kredit
Maksimalkan Promo untuk Pengguna Baru

Kalau kamu merupakan pengguna baru, biasanya bank punya treatment khusus agar kamu aktif memakai kartu kredit untuk kebutuhan atau transaksi keuangan. Misalnya saja welcome bonus bagi pemegang kartu baru, welcome cashback, diskon di sejumlah merchant yang bekerja sama, dan promo seru lain yang bisa bikin kamu tergoda. Manfaatkan saja promo atau bonus tersebut. Sayang kan kalau enggak dipakai. Yang penting, jangan sampai khilaf. 

2. Gunakan Reward Point

Kartu kredit
Gunakan Reward Point

Keuntungan menggunakan kartu kredit yang paling umum adalah reward point. Jadi setiap kali pakai kartu kredit untuk bertransaksi, seperti berbelanja, kamu akan mendapatkan poin. Poin-poin yang sudah terkumpul bisa kamu tukar dengan hadiah-hadiah menarik, seperti voucher belanja, miliage penerbangan, free airport lounge, dan lainnya.

Dengan memaksimalkan reward point kartu kredit, kamu dapat berhemat. Misalnya menukar 1.000 reward point dengan tiket nonton bioskop. Lumayan kan, tidak perlu mengeluarkan uang tunai maupun gesek kartu kredit lagi untuk bertransaksi.

3. Cari Kartu Kredit yang Ngasih Banyak Untung

Kartu Kredit
Cari Kartu Kredit yang Ngasih Banyak Untung

Trik lainnya, jika kamu sedang mencari kartu kredit pertama, kedua, atau ketiga, coba deh bandingkan dulu kartu kredit dari beberapa penerbit. Setiap bank penerbit meluncurkan kartu kredit dengan penawaran berbeda. Cek benefit apa saja yang diberikan, fasilitas, sampai yang menyangkut soal biaya dan denda sebelum mengajukan kartu kredit. Ini penting supaya kamu enggak menyesal nantinya.

Kamu juga bisa bertanya kepada teman, atau membaca ulasan orang-orang yang sudah menggunakan kartu kredit tersebut. Mau hemat, bukan cuma tergiur oleh hadiah maupun promo yang deras ditawarkan si bank, tapi juga melihat selain itu, seperti iuran tahunan, biaya tahunan, denda keterlambatan, biaya administrasi, dan lainnya yang bisa mempengaruhi pembayaran tagihanmu setiap bulan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula

4. Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhanmu

Kartu kredit
Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhanmu

Jika sudah melakukan riset kecil-kecilan, tentukan pilihan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi juga memberimu keuntungan. Jangan sampai terjebak pada promo yang bikin kamu susah nantinya. Bila sudah yakin, segera ajukan kartu kredit langsung lewat bank penerbit atau melalui situs marketplace produk keuangan, seperti Cermati.com.

5. Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Kartu kredit
Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Menggunakan kartu kredit sama saja dengan berutang. Jadi pastikan kamu disiplin dalam membayar tagihan setiap bulan. Bayar tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh temponya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan bayar tagihan terlalu mepet waktunya, khawatir saat tanggal jatuh tempo, kamu banyak kerjaan misalnya, sehingga lupa melunasinya. Akhirnya kena denda, tagihan makin bengkak.

Niat hati mau berhemat, justru malah boros. Padahal kalau kamu disiplin membayar tagihan kartu kredit, ada bank yang memberikan kamu reward point tambahan. Skor kredit kamu juga tetap aman, sehingga akan menguntungkanmu saat ingin mengajukan pinjaman lain ke bank. 

Hemat Pangkal Kaya

Mempunyai dan bertransaksi dengan kartu kredit bukanlah sebuah momok. Kartu kredit akan memberikanmu banyak keuntungan dan manfaat bila dipakai dengan bijak. Hemat adalah salah satu tujuan dalam sebuah pengelolaan keuangan. Seperti peribahasa mengatakan hemat pangkal kaya, jadi jangan boros-boros ya. Selagi masih bisa pakai promo, kenapa enggak?

Baca Juga: Lebih Untung Mana, Kartu Kredit atau Kartu Debit?