Siapkan Dana Darurat dan Investasi Sekaligus: Ini Caranya!

Ada banyak hal yang wajib dicermati di dalam keuangan, terutama terkait dengan pengadaan pos-pos penting di dalam keuangan itu sendiri. Selain pengeluaran rutin dan tabungan, pengadaan dana darurat dan juga investasi merupakan hal yang tak kalah pentingnya di dalam keuangan.

Kedua pos ini menjadi sumber dana untuk mengatasi berbagai hal tak terduga yang mungkin saja terjadi di dalam keuangan, baik di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang. Namun kendati terbilang sangat penting, pengadaan kedua pos ini justru kerap terlupakan.

Bukan hanya salah satu diantaranya saja, oleh sebagian besar orang, keduanya bahkan sering tidak diadakan di dalam keuangan. Di sisi lain, berbagai risiko bisa saja terjadi di dalam keuangan kita, dan dapat menimbulkan masalah-masalah serius dalam keuangan serta kehidupan secara keseluruhan.

Lalu, siapkah kita menghadapi berbagai masalah keuangan yang bisa datang setiap saat ini? Untuk itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai penyiapan dana darurat dan investasi sekaligus. Bagaimana cara menyiapkannya?

Baca Juga: Kesalahan dalam Melakukan Investasi dan Cara Memilih Investasi yang Tepat

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pahami Dengan Baik Fungsi Dana Darurat dan Investasi

Jobless
Ilustrasi PHK

Pengadaan dana darurat dan juga investasi akan membantu kondisi keuangan lebih kokok dan aman. Dana darurat akan menjadi dana yang bisa dialokasikan untuk mengatasi berbagai kondisi  darurat yang terjadi di dalam kehidupan, di mana kita tidak memiliki sejumlah uang yang cukup untuk mengatasi kondisi tersebut.

Kondisi seperti itu bisa saja terjadi  setiap saat dan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang cukup besar, misalnya kecelakaan, sakit, pemutusan hubungan kerja (PHK), perbaikan rumah di luar rencana (akibat gempa, banjir, dan lainnya).

Berbagai kondisi darurat itu tentu wajib diantisipasi dengan baik sejak awal, agar berbagai kebutuhan selama menghadapi keadaan tersebut bisa terpenuhi dengan baik dan kehidupan kita berjalan dengan normal.

Investasi juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya dalam keuangan kita. Sebab kegiatan ini akan mempermudah mencapai berbagai tujuan di dalam keuangan itu sendiri. Ada banyak hal yang ingin kita capai di dalam kehidupan kita, di mana berbagai hal ini akan membutuhkan sejumlah dana yang bisa saja cukup besar, seperti rumah, kendaraan pribadi, tabungan pendidikan, dan lainnya.

Berbagai hal tersebut tentu tidak mudah untuk dicapai dalam waktu singkat, sehingga kita membutuhkan sejumlah dana investasi agar lebih mudah untuk mencapainya.

Lebih Penting Mana, Dana Darurat atau Dana Investasi?

Menabung untuk Masa Depan
Siapkan masa dengan yang lebih baik

Jika melihat fungsinya, maka baik dana darurat maupun dana investasi adalah hal yang sama pentingnya dalam keuangan kita. Bukan hanya untuk mas yang akan datang saja, tapi keduanya juga bisa menjadi “penyelamat” keuangan jika sewaktu-sewaktu mengalami risiko di dalam keuangan.

Mempersiapkan dana darurat dan juga investasi tentu bukan hal mudah, terutama jika selama ini belum pernah melakukannya. Namun jika melihat manfaatnya yang begitu besar, maka tidak ada alasan bagi kita untuk menunda pengadaan dana darurat dan investasi ini, bukan?

Baca Juga: Apa Saja Produk Tabungan dan Investasi yang Paling Menguntungkan?

Berapa Jumlah yang Tepat?

Uang
Ilustrasi mengatur pos anggaran

Sebelum mempersiapkan dana darurat dan investasi, kita tentu harus mengetahui jumlah yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan keuangan terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu, agar kita bisa mendapatkan manfaat yang paling maksimal atas pengadaan pos tersebut di dalam keuangan.

Untuk dana darurat, masing-masing orang akan membutuhkan jumlah yang berbeda-beda, tergantung pada jumlah pengeluaran bulanan. Bagi yang masih lajang dan belum memiliki tanggungan, maka besaran dana darurat ini adalah 6 kali jumlah pengeluaran bulanan.

Bagi yang sudah menikah dan belum memiliki anak, maka besaran dana darurat yang harus dipersiapan adalah sebesar 9 kali jumlah pengeluaran rumah tangga. Sedangkan untuk orang yang telah menikah dan memiliki anak, maka besaran dana darurat yang dibutuhkan adalah 12 kali jumlah pengeluaran bulanan rumah tangga.

Jika dana darurat dihitung berdasarkan jumlah kebutuhan bulanan, maka berbeda hanya dengan dana investasi. Untuk jumlah dana investasi yang diadakan di dalam keuangan, harus disesuaikan dengan tujuan investasi itu sendiri.

Setiap investasi yang ingin kita lakukan di dalam keuangan tentu akan memiliki tujuan yang berbeda-beda, begitu juga dengan jumlah dana yang akan dibutuhkan untuk kegiatan tersebut.

Misalnya, dana pendidikan anak untuk 15 tahun yang akan datang, tentu akan berbeda jumlahnya dengan kebutuhan dana untuk membeli kendaraan (mobil) yang akan dilakukan 2 tahun ke depan.

Penting untuk mengetahui tujuan investasi yang akan kita lakukan sejak awal, agar kita bisa mempersiapkan dananya dengan tepat.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan  Cara Memilihnya

Hitung dan Siapkan Secara Bersamaan

Menghitung Pos Anggaran
Ilustrasi menghitung pos anggaran

Guna mempersiapkan dana darurat dan juga investasi, maka sangat penting untuk melakukan perhitungan yang baik sejak awal. Hal ini akan sangat membantu kita agar lebih mudah dalam mengelola keuangan dan mengalokasikan sejumlah dana yang dibutuhkan untuk kedua pos tersebut.

Bukan hanya jumlahnya saja, namun hitung juga jangka waktu yang akan dibutuhkan untuk mencapai jumlah yang dibutuhkan tersebut. Meski terbilang sangat besar, dana darurat dan dana investasi bisa saja dipersiapkan secara bersamaan di dalam keuangan.

Alokasikan sejumlah penghasilan tetap setiap bulannya untuk kebutuhan ini, misalnya dengan menyisihkan 20% dari gaji setiap bulannya (masing-masing 10%). Ini akan membantu untuk lebih mudah dan terarah dalam mempersiapkan keduanya dengan baik.

Jangan lupa untuk menerapkan kebijakan khusus di dalam keuangan, seperti penghematan dan yang lainnya, agar kebutuhan dana darurat  dan investasi ini bisa lebih cepat dipenuhi.

Hitung dan Persiapkan Dana Darurat serta Investasi dari Sekarang

Tak dipungkiri, kendati penting dan sangat dibutuhkan keberadaannya, pengalokasian dana darurat dan dana investasi memang kerap terlupakan dan terlewatkan begitu saja di perencanaan keuangan setiap bulannya.

Jangan tunda lagi untuk mempersiapkannya dengan baik, agar berbagai risiko keuangan bisa dihindari. Hitung dan siapkan dana darurat serta dana investasi Anda dari sekarang. Amankan keuangan dan masa depan dengan baik.

Baca Juga: Cara Agar KTA Cepat Disetujui dan Cara Menghitung Cicilannya