Siapkan Dana Darurat dengan Berbagai Jenis Investasi ini!

Apa yang akan terjadi di masa depan tidak bisa diprediksi. Tak jarang, kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kejadian-kejadian tidak terencana sering kali mendatangkan kerugian ataupun membebani diri di masa yang tidak pernah bisa diketahui kapan datangnya. Karena sifatnya yang tidak terduga, tentunya perlu persiapan untuk menghadapinya.

Dana darurat bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tak diinginkan di masa mendatang. Dana darurat tentunya akan maksimal hasilnya jika dikumpulkan sejak lama.

Semakin awal memulainya, tentunya keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin maksimal. Sehingga, jika ada kepentingan mendadak dan darurat, Anda tak perlu khawatir memikirkannya karena telah memiliki dana dan siap membantu meringankan keadaan sulit yang sedang dihadapi.

Berikut cara menyiapkan dana darurat melalui berbagai jenis instrumen investasi seperti dikutip dari Cermati.com. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

1. Tabungan

Tabungan menjadi media menempatkan dana darurat yang paling umum. Tabungan konvensional dianggap sebagai instrumen yang paling ideal untuk menempatkan dana darurat Anda.

Keunggulannya, dana darurat yang ditempatkan pada tabungan jelaslah dapat ditarik sewaktu-waktu secara langsung ke bank ataupun melalui ATM dan secara online.

Namun, kemudahan ini sebaiknya tidak membuat Anda mudah tergoda menggunakan tabungan untuk hal-hal yang tidak penting atau tidak darurat.

Di balik keunggulannya, tabungan juga memiliki kekurangan, yakni bunganya tidak besar, sekitar di bawah 2 persen per tahun.