Siapkan Dana Pendidikan Anak Bisa dengan Berbagai Jenis Investasi ini

Bukan rahasia lagi bila biaya pendidikan dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Tak heran bila biaya pendidikan tidak bisa dibilang murah.

Bahkan kenaikan biaya pendidikan tiap tahunnya lebih besar dari jumlah inflasi yang terjadi di Indonesia per tahunnya. Sehingga sudah seharusnya Anda sebagai orangtua mulai mempersiapkan dana pendidikannya.

Meskipun beberapa orang yang kritis sudah menyiapkan tabungan di bank dan juga deposito, ternyata jika dihitung dengan teliti, uang ini belum tentu cukup untuk dana pendidikan anak. Coba hitung lagi rumus ini.

Jika diteliti lagi, jumlah inflasi yang ada di Indonesia rata-rata sekitar 3-4 persen per tahunnya. Imbal hasil dari jumlah tabungan adalah 1-2 persen saja per tahunnya. Sementara itu, untuk deposito hanya sekitar 5-6 persen per tahunnya.

Jadi sudah bisa dipastikan jumlah ini tidak akan cukup untuk dana pendidikan anak, karena rata-rata kenaikan biaya pendidikan per tahunnya lebih dari itu. Tak usah bingung, berikut cara dan jenis investasi untuk menyiapkan tabungan pendidikan anak.

Jenis-Jenis Investasi untuk Tabungan Pendidikan Anak

Investasi sangat banyak pilihannya, masing-masing jenis investasi memiliki potensi imbal hasil yang berbeda per tahunnya. Sudah seharusnya seorang investor mengetahui jenis investasi dan potensi imbal hasil.

Ini tentu saja akan meningkatkan pertumbuhan investasi yang sedang dijalankan oleh seorang investor. Selain itu juga mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi ketidakseimbangan jumlah investasi dan juga imbal hasil yang harusnya di dapat.

Meskipun, awalnya semua orang akan merasakan takut untuk berinvestasi karena belum banyak khususnya masyarakat Indonesia yang melakukan investasi. Namun, setelah tahu manfaat yang diperoleh pasti semua akan berbondong-bondong mengantre menjadi seorang investor pemula.

Sebaiknya jika ingin mencoba berinvestasi, Anda bisa mencoba dengan investasi yang ini.

Jenis Investasi Potensi Imbal Hasil Per Tahun

- Deposito 6-7 persen

- Obligasi 7-9 persen

- Emas 6-7 persen

- Reksadana 5-20 persen

- Properti 7-14 persen

- P2P Lending 11,75-30 persen

Tips Investasi untuk Dana Pendidikan Anak

Setelah mengetahui jenis-jenis investasi apa saja yang cocok untuk menyiapkan dana pendidikan anak, kini saatnya Anda memahami tips investasinya. Sehingga hasilnya bisa sesuai dengan harapan menghadapi biaya pendidikan anak nantinya.

1. Lakukan Investasi Mulai Sejak Dini

Investasi yang dilakukan sedini mungkin akan membuat jumlah investasi semakin banyak. Selain itu, dengan berinvestasi, potensi untuk mendapat imbal hasil menjadi semakin tinggi.

Jika menggunakan deposito, Anda hanya mendapat 5-6 persen per tahun, dengan berinvestasi keuntungan yang didapat bisa rata-rata 10-20 persen per tahunnya. Tentu sangat jauh berbeda bukan?