Sibuk Kerja Bukan Alasan untuk Gak Hidup Sehat. Pakai Cara Mudah Ini

Memiliki tubuh yang sehat dan selalu fit memang sangat menyenangkan. Bisa pergi ke manapun dan melakukan aktivitas apapun tanpa ada keluhan. Namun bagi beberapa orang, menjaga kesehatan tubuh bukanlah hal mudah.

Kalau mau punya badan sehat, bugar, mau tidak mau Anda harus menerapkan pola hidup sehat. Baik dari konsumsi makanan dan minuman sampai gaya hidup Anda. Melakukannya butuh perjuangan, usaha keras, dan tekad serta komitmen.

Menjalani hidup sehat lebih terasa berat bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan. Jadwal kerja nine to five tak jarang dijadikan alasan sulitnya menerapkan hidup sehat. Apalagi kalau lagi lembur.

Padatnya jadwal meeting, survei lapangan, serta banyaknya proyek yang harus segera selesai memaksa Anda untuk mencurahkan pikiran dan tenaga demi pekerjaan. Walhasil, mengonsumsi makanan sembarangan. Cari yang praktis, seperti makanan cepat saji atau junk food.

Ditambah terlalu banyak kafein supaya mata tetap melek begadang mengerjakan setumpuk pekerjaan deadline. Gegara terlalu sibuk, akhirnya melupakan olahraga. Ya, menerapkan pola hidup sehat memang butuh komitmen. Tanpa hal itu, rencana hidup sehat hanya sekadar angin lalu.

Padahal sebetulnya mudah loh menerapkan pola hidup sehat. Bisa Anda mulai dengan beberapa cara sederhana berikut ini:

Baca Juga: Sanksi Bagi Penunggak Iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Catat Nih

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Konsumsi Air Putih

Air Putih
Konsumsi air putih yang cukup

Kandungan air dalam tubuh manusia lebih dari 50%. Jadi tak heran jika air memegang peran penting dalam tubuh agar organ dapat bekerja dengan baik. Jam kerja yang sibuk ditambah overtime pastinya menyita banyak energi. Tak jarang para pekerja lebih sering menenggak kopi agar mata tidak merasakan kantuk.

Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang baik. Mengonsumsi air sebanyak dua liter setiap hari pastinya lebih baik daripada meminum kopi hingga bergelas-gelas. 

Bagi beberapa orang, mengonsumsi dua liter air adalah hal yang sulit. Sebenarnya, hal tersebut mudah untuk diatasi. Misalnya dengan selalu membawa sebotol air saat bpergi dan pulang bekerja, menyiapkan segelas air di meja, atau dengan membuat alarm untuk pengingat. 

2. Menjaga Asupan Makanan

Makan
Menjaga asupan makanan

Makanan sehat biasanya identik dengan makanan yang dimasak sendiri. Inilah yang akan menjadi momok bagi beberapa orang super sibuk. Berangkat kerja pagi hari, jalanan yang macet akan membuat perasaan malas untuk menyiapkan makanan sehat. Maka sebagai jalan pintas, junk food adalah pilihan terbaik. 

Namun, hal tersebut tidak berlaku sekarang. Saat ini, banyak sekali rumah makan atau resto yang menyediakan paket makanan sehat. Dengan memanfaatkan teknologi, akan mudah mendapatkan makanan sehat, baik melalui aplikasi penyedia jasa antar atau dengan berlangganan katering sehat. Mudah bukan?

3. Istirahat yang Cukup

Tidur
Istirahat yang cukup

Problem terbesar orang yang sibuk bekerja adalah kurangnya waktu istirahat. Pekerjaan tiada hentinya, plus lembur berjam-jam, hingga pulang larut malam menjadi salah satu penghambat waktu istirahat. Ada juga orang yang masih terus bekerja meskipun saat hari libur dan cuti.

Padatnya rutinitas tersebut, harus diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup agar tubuh tidak tumbang. Tak ada salahnya mencari waktu untuk istirahat walaupun hanya sebentar. Misalnya saat jam makan siang, ataupun saat weekend. Bisa saja tetap bekerja saat weekend, asal dengan menetapkan batas waktu yang digunakan untuk bekerja dan beristirahat. 

Baca Juga: Bukan Sehat yang Mahal, Kamunya Saja yang Gengsi Lakukan 5 Hal Ini

4. Olahraga Ringan

Olahraga
Olahraga ringan

Selain konsumsi makanan sehat, olahraga juga merupakan kunci untuk hidup sehat. Sibuknya jam kerja seringkali menjadi alasan tidak melakukan olahraga.

Sebenarnya, siapapun bisa melakukan olahraga di sela waktu sibuk mereka. Misalnya dengan jogging selama 30 menit di depan rumah sebelum berangkat bekerja, atau dengan memanfaatkan tangga di tempat kerja sebagai alternatif lainnya. 

Jika masih memiliki waktu di malam hari, tak ada salahnya untuk mengikuti kelas senam atau zumba yang biasanya ada di gym center. Tak perlu dilakukan setiap hari, tiga kali dalam seminggu rasanya cukup. 

5. Memakai Kacamata Anti-Radiasi

Kacamata
Menggunakan kacamata anti-radiasi

Bekerja selama 8 jam di depan komputer akan mengakibatkan mata perih dan kering. Radiasi yang dipantulkan oleh layar komputer tentu sangat berbahaya untuk kesehatan mata. 

Karena itu, ada baiknya untuk selalu mawas diri terhadap kesehatan mata. Misalnya dengan menurunkan tingkat brightness pada layar komputer, meneteskan eye drops jika merasa mata kering, serta selalu memakai kacamata anti-radiasi. 

Menerapkan Pola Hidup Sehat = Kebiasaan Baik

Tidak sulit kan menerapkan pola hidup sehat? Sebetulnya cuma butuh komitmen, kemauan, dan usaha untuk melakukannya. Karena tanpa disadari, banyak sekali hal-hal kecil yang dapat dijalankan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Menerapkan pola hidup sehat adalah salah satu kebiasaan baik yang harus dipertahankan. Dimulai sejak dini. Kebiasaan baik ini tentu saja dapat menghindari Anda dari berbagai macam risiko penyakit. Walaupun untuk berjaga-jaga, Anda dapat mengajukan asuransi kesehatan untuk menjamin risiko penyakit.

Baca Juga: Tanya-Jawab BPJS Kesehatan, Ini Fakta Penting Layanan BPJS yang Perlu Diketahui