Simak 5 Cara Menabung untuk Masa Tua bagi Pekerja Kantoran

Menabung sebaiknya dilakukan sejak dini, saat kita masih memiliki penghasilan setiap bulannya. Menabung bertujuan untuk rencana masa depan yang lebih baik, termasuk menabung untuk hari tua. Saat ini mungkin kita masih bisa produktif untuk bekerja dan berpenghasilan, namun seiring bertambahnya usia, masa tua kita akan segera datang dan hal tersebut tentu harus dipersiapkan.

Menyiapkan masa tua yang lebih baik dapat dilakukan dengan menabung khusus untuk hari tua. Menjelang masa pensiun nanti, kebutuhan kita tentu tidak akan berhenti, oleh sebab itu perlu perencanaan keuangan yang baik untuk mengatasinya. Tanamkan dalam diri Anda, bahwa semakin dini mempersiapkan tabungan pensiun, semakin besar kesempatan untuk menjalani masa tua yang lebih sejahtera.

Lalu bagaimana cara menabung untuk masa tua, berikut ulasan lengkapnya :

Baca Juga: Seberapa Mahalkah Biaya Hidup Di Jakarta Tahun 2017? Ini Perkiraannya

1. Menyisihkan Gaji untuk Menabung

tabungan untuk masa tua
Tabungan untuk Masa Tua

Jika memang sudah berniat ingin menabung untuk masa tua, mengapa harus ditunda lagi, mulai hari ini juga. Cobalah untuk lebih fokus dalam menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk menabung setiap bulannya. Setidaknya Anda bisa menyisihkan 20% dari penghasilan untuk tabungan masa tua. Cobalah lakukan dengan teratur setiap bulannya.

2. Menekan Biaya Pengeluaran harian

menekan biaya pengeluaran
Menekan Biaya Pengeluaran Harian

Memang cukup sulit untuk menabung, jika kita masih memiliki banyak kebutuhan yang dirasa belum bisa terpenuhi. Namun, hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak menabung. Cara lain yang bisa digunakan agar bisa tetap menabung adalah dengan menekan biaya pengeluaran sehari-hari agar tidak terlalu besar.

Biaya sehari-hari tersebut adalah pengeluaran sederhana yang biasa dilakukan seperti terlalu sering makan di restoran, sebaiknya itu dikurangi agar tidak ada pengeluaran berlebih untuk makan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Miliki Tujuan Untuk Menabung

tujuan menabung
Tujuan untuk Menabung

Untuk apa kita menabung? Tentunya kita harus memiliki tujuan khusus mengapa kita harus menyisihkan sebagian uang kita dalam bentuk tabungan. Ada berbagai macam tujuan yang biasanya orang jadikan alasan untuk menabung, seperti hendak mendirikan usaha di masa depan nanti, hendak pergi Umrah atau bisa juga untuk Investasi.

4. Jangan Lupakan Asuransi

asuransi
Asuransi

Soal menabung, mungkin sudah tidak ada masalah untuk memulainya, karena tujuanya jelas untuk kepentingan masa depan. Lalu bagaimana dengan Asuransi, yang akan mengharuskan Anda untuk membayar iuran setiap bulanya? Perlu diketahui bahwa Asuransi akan bertindak sebagai penjamin hidup. Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan” maka Asuransi sebaiknya juga Anda ikuti agar kehidupan Anda jauh lebih nyaman dan aman, terlebih menjelang masa tua nanti.

5. Mulai Investasi

investasi
Investasi

Setelah mulai terbiasa dengan menabung, membayar Asuransi, saatnya untuk mencoba berinvestasi. Tujuan Investasi tentunya untuk mendapatkan keuntungan juga. Investasi bisa dilakukan lewat berbagai cara seperti Investasi emas, saham, atau reksadana. Sebaiknya Anda pilih jenis investasi yang memang berpeluang mendatangkan keuntungan  maksimal, dan aman pastinya.

Baca Juga: Hidup di Jakarta dengan 2 Juta Rupiah, Apa Bisa?

Cukup Menabung, Asuransi dan Investasi

Ada 3 unsur yang bisa membuat keadaan keuangan Anda lebih terjamin di masa depan nanti, yaitu menabung, asuransi dan berinvestasi. Ketiga unsur tersebut mungkin cukup memberatkan di awal, tapi apakah Anda menunggu hasilnya nanti? lakukan secara teratur dan terus-menerus dan lihat hasilnya nanti.

Baca Juga: 10 Kota yang Jadi Pilihan Tepat untuk Nikmati Masa Pensiun