Sudah Gak Sekolah Lagi, Tapi Masih Ingin Belajar? Begini Cara yang Mudah

Belajar selalu identik dengan bangku sekolah maupun kuliah. Proses belajar mengajar berlangsung formal, ada guru dan anak didik, serta dilakukan secara teratur dan terjadwal.

Banyak orang masih berpikiran seperti itu. Akan tetapi faktanya, belajar tak mengenal batasan ruang dan waktu. Tak ada batasan umur. Belajar saat ini dapat dipraktikkan di mana saja, kapan saja, dan siapa saja. Termasuk kalau kamu sudah meninggalkan bangku sekolah.

Dalam hal ini maksudnya adalah, sudah lulus sekolah atau kuliah, maupun putus sekolah karena suatu keadaan. Walaupun sudah tak sekolah atau tidak menempun pendidikan formal di bangku sekolah, kamu tetap harus belajar, mengasah dan meng-upgrade ilmu.

Berikut ini beberapa cara mudah agar kamu tetap belajar meski sudah tak lagi sekolah:

Baca Juga: Auto Lolos Masuk Universitas Favorit dengan 6 Aplikasi Belajar Online Ini

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Belajar dari pengalaman orangtua atau yang lebih tua

Belajar
Belajar dari pengalaman orangtua atau yang lebih tua

Semakin bertambah usia seseorang, makin banyak pula pengalaman hidup yang sudah dilalui. Sudah makan asam garam kehidupan, itulah kalimat yang sering digunakan. Bergaul tak pandang usia. Bila kamu dikelilingi teman atau sahabat yang lebih tua, kamu dapat menjadikannya panutan.

Berkomunikasi dan menikmati percakapan, berbagi cerita dan pengalaman dengan mereka. Ini adalah kesempatan bagus untuk kamu belajar dan menimba ilmu dari pengalaman hidup mereka. Kamu dapat memetik pelajaran berharga dari mereka, misalnya dalam berkarier, kehidupan berumah tangga, bersosialisasi, dan masih banyak lainnya.

2. Membaca berita dan mencernanya dengan cerdas

Belajar
Membaca berita dan mencernanya dengan cerdas

Meski tak bersekolah lagi, membaca berita harus menjadi rutinitas setiap hari. Pagi, siang, sore, atau malam supaya tidak ketinggalan informasi. Zaman sudah canggih, kamu dapat memanfaatkan ponsel yang terhubung dengan akses internet untuk mencari informasi atau sumber berita.

Selain itu, mendapatkan informasi teranyar dapat dilakukan melalui media televisi, media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sebagainya. Setelah membaca atau menonton, jangan langsung ditelan mentah-mentah informasinya. Cerna dengan baik. Jadilah pembaca atau penonton yang cerdas dengan mencari sumber berita yang dapat dipercaya kebenarannya.

3. Mengikuti perkembangan dunia industri 

Investasi
Mengikuti perkembangan dunia industri

Perkembangan dunia bisnis dan industri menjadi hal menarik untuk diketahui. Seiring perkembangan teknologi, dunia industri dan bisnis pun mengalami perubahan cepat sebagai langkah adaptasi. Kamu dapat memperoleh informasi seputar dunia bisnis dan industri dari manapun.

Tapi sebelumnya, cek dulu kebenaran informasi tersebut. Walaupun sudah tidak mengenyam bangku sekolah, siapa tahu informasi ini dapat mengantarmu menjadi pengusaha yang sukses.

Baca Juga: Belajar Jadi Orang Kaya Dari Ruben Onsu, Pemilik Geprek Bensu

4. Belajar dan membiasakan diri berpikir jangka panjang

Meditasi
Belajar dan membiasakan diri berpikir jangka panjang

Jangan hanya menjejali pikiranmu dengan berbagai informasi dan pelajaran tentang berbagai hal sepanjang waktu, sebab ini akan membuat pikiranmu lelah. Perlu porsi yang seimbang dalam segala hal, termasuk ketika kamu sedang belajar dan mengolah informasi.

Biasakan untuk melakukan meditasi, setidaknya 10-15 menit setiap harinya. Proses ini akan membantu pikiran lebih tenang, di mana kamu mengosongkan sejenak pikiranmu dan memberinya waktu untuk beristirahat. Meditasi akan membuat kamu lebih mampu berpikir jangka panjang. 

5. Kelola dan selesaikan semua hal negatif di dalam pikiranmu

Berpikir positif
Kelola dan selesaikan semua hal negatif di dalam pikiran

Kemarahan, dendam, rasa kecewa, dan berbagai hal negatif lain kerap menyita banyak waktu dan pikiran. Jika kamu sedang merasakan hal tersebut sekarang, ternyata bisa membuatmu sulit untuk belajar.

Kamu akan susah fokus untuk berpikir positif, padahal kamu membutuhkannya agar bisa menikmati hidup. Coba untuk menyelesaikan satu per satu masalah dan hal negatif yang selama ini kamu pendam, sehingga kamu tidak lagi menyimpan beban pikiran yang berat di kepalamu.

6. Belajar menyelesaikan masalahmu

Belajar
Belajar menyelesaikan masalahmu

Hidup tidak akan selalu sejalan dengan keinginan dan pikiranmu. Ada waktunya kamu akan berseberangan dengan orang lain, bahkan dengan orang-orang terdekatmu. Jangan membuang waktu dan pikiranmu untuk masalah-masalah seperti ini, sebab ini akan menyita energimu. Cobalah untuk duduk bersama dan menyelesaikan berbagai masalah, sehingga kamu lebih tenang dan nyaman dengan orang-orang di sekitarmu.

Nikmati Proses Belajar dengan Nyaman 

Meski tak lagi duduk di bangku sekolah, pastikan kamu masih selalu belajar dan mengasah kemampuan otakmu dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara mudah, bahkan yang mungkin selama ini tidak pernah kamu bayangkan. Nikmati proses belajarmu dengan nyaman dan menyenangkan, sehingga hal ini bisa memberikan banyak dampak positif di dalam hidupmu.

Baca Juga: Menghitung Biaya Sekolah Anak dan Pilih Tabungan Pendidikan yang Tepat