Sudah Punya BPJS, Apa Masih Perlu Asuransi Kesehatan?

Hadirnya BPJS kini dianggap sebagai alternatif proteksi diri yang cukup terjangkau dan melindungi masyarakat Indonesia hampir secara keseluruhan. Dengan premi yang cukup murah, BPJS merupakan kartu sakti bagi setiap pemegangnya untuk mengklaim secara mudah karena kini banyak instansi yang sudah bekerja sama dengan BPJS dalam hal klaim dan pembayaran sehingga ini memudahkan masyarakat. Tentu ini berlawanan dengan produk asuransi kesehatan yang selama ini dianggap preminya sangat mahal, dan hanya untuk kalangan tertentu saja.

BPJS sendiri melayani dua hal utama yaitu proteksi terhadap kesehatan masyarakat dan proteksi terhadap karyawan dalam hal ketenagakerjaan (mencakup kesehatan dan keselamatan kerja). Kesehatan merupakan kebutuhan utama yang dirasa paling perlu mendapatkan perlindungan lebih karena tidak semua orang bisa mendapatkan penanganan tepat mengenai kesehatan mereka yang terganggu akibat kendala biaya. Sementara ketenagakerjaan sangat memerlukan proteksi karena kecelakaan kerja juga merupakan hal yang tidak bisa diprediksi (dan jelas bukan merupakan hal yang diharapkan oleh perusahaan) dan bisa saja menimbulkan pembengkakan biaya operasional perusahaan.

Manfaat BPJS Untuk Masyarakat

Dengan kehadiran BPJS seolah menjadi jawaban kebanyakan masyarakat yang menginginkan proteksi bagi diri mereka maupun oleh perusahaan untuk melindungi karyawan mereka sebagai aset terbaik untuk jalannya roda bisnis perusahaan selain menggunakan asuransi. Dengan biaya yang relatif murah, penanganan dan jaminan yang diberikan pun cukup memberikan kepuasan bagi para pemegang polis. Saat ini, BJPS dianggap telah menjadi jalan terbaik bagi banyak pihak untuk mendapatkan kepastian mengenai (setidaknya) dua hal kritis tersebut.

BPJS ini banyak dinikmati tidak hanya oleh masyarakat menengah ke bawah namun juga masyarakat yang tergolong cukup mampu bahkan elit. Hal ini dikarenakan premi yang cukup murah. Meskipun begitu, bila Anda merasa mampu, pernahkah terlintas di pikiran Anda bahwa apakah Anda membutuhkan proteksi tambahan dari asuransi lain? Mengingat BPJS tidak menanggung segala jenis kebutuhan yang dirasa perlu Anda berikan proteksi lebih.

Keputusan menggunakan asuransi lain atau tidak merupakan keputusan pribadi setiap orang. Rasa cukup merupakan kata relatif dan akan berbeda pengukurannya untuk setiap orang. Beberapa orang mungkin sudah merasa cukup dengan memiliki BJPS sebagai jaminan proteksi diri. Namun tak jarang juga yang merasa bahwa BJPS tidak cukup memberikan jaminan proteksi terhadap diri pemegang polis maupun aset lain yang dianggap berharga atau bernilai tinggi.

Pertimbangan Sebelum Mengambil Asuransi

Bila Anda menginginkan adanya proteksi tambahan dari asuransi lain,  berikut beberapa saran yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum mengambil asuransi tambahan :

1. Besarnya Premi yang Harus Anda Bayar

Besarnya Premi Yang Harus Anda Bayar

Besarnya Premi Yang Harus Anda Bayar via media.propertycasualty360.com

 

Perhatikan hal ini sebagai poin utama bagi Anda untuk pertimbangan menggunakan asuransi tambahan. Bila Anda masih lajang atau tidak menikah, keputusan ini mungkin akan sangat mudah karena Anda hanya mematok kebutuhan pribadi, tidak ada kebutuhan tambahan seperti tanggungan anak maupun orang tua yang harus Anda rawat. Keputusan menggunakan asuransi tambahan berkaitan dengan jumlah premi yang harus Anda bayarkan untuk Anda yang masih lajang atau tidak menikah mungkin bisa hanya dengan mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran pribadi yang secara rutin Anda alami. Tidak ada orang lain yang bisa mengintervensi Anda karena ini merupakan keputusan independen. Anda pun bebas menentukan jenis asuransi tambahan apakah itu merupakan proteksi terhadap jiwa maupun aset Anda yang dinilai memiliki nilai tinggi sehingga perlu mendapatkan proteksi lebih.

Namun perlu Anda perhatikan bila Anda memiliki keluarga inti dengan anggotanya yang cukup banyak yang Anda merupakan pihak yang menanggung kebutuhan hidup dari anggota keluarga. Hal ini akan berpengaruh pada keputusan Anda apakah akan menggunakan asuransi tambahan atau tidak. Selain itu Anda juga akan membuat skala prioritas bila benar-benar harus menggunakan asuransi tambahan mengenai berapa banyak orang yang membutuhkan asuransi tambahan di keluarga, jenis asuransi tambahan apakah yang harus dipilih, dan bagaimana cara Anda mengelola pendapatan Anda untuk membayar premi yang jelas lebih tinggi daripada ketika Anda hanya menggunakan asuransi BPJS atau hanya menanggung biaya premi asuransi diri Anda sendiri.

2. Cakupan Perlindungan Asuransi

cakuoan Perlindungan Asuransi

Cakupan Perlindungan Asuransi via blogs-images.forbes.com

 

Teliti dalam memilih dan menentukan asuransi tambahan apa yang Anda rasa perlu tambah. Beberapa perusahaan asuransi swasta tidak menyediakan proteksi secara menyeluruh terhadap diri Anda maupun aset yang Anda miliki. Membaca kontrak atau aturan yang telah disebutkan dalam perjanjian dengan perusahaan asuransi mengenai apa saja yang bisa Anda klaim bisa membantu Anda dalam membuat pertimbangan yang matang. Tidak semua perusahaan asuransi bersedia membayarkan secara penuh perihal klaim Anda. Bisa jadi hal ini tertulis dalam kontrak tersebut sehingga bila Anda tidak mengetahuinya Anda harus membayar sisa tagihan yang mungkin ada.

3. Beberapa Kebijakan yang Berbeda

Pelajari Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku

Pelajari Syarat dan Ketentuan Berlaku via ihmoga.org

 

Perhatikan bahwa tidak semua perusahaan asuransi memiliki tata cara yang sama dalam melakukan penerimaan pembayaran premi dan aturan klaim yang bisa Anda peroleh. Beberapa perusahaan asuransi swasta menetapkan aturan yang mengharuskan pemegang polis melakukan pembayaran tagihan lebih dulu (misalnya untuk kasus di rumah sakit). Nanti, nasabah bisa mengajukan penggantian di kemudian hari. Namun beberapa rumah sakit telah melakukan kerja sama dengan perusahaan asuransi swasta yang tidak mengharuskan para pemegang polis untuk membayar deposit atau membayar tagihan mereka terlebih dahulu lalu mengajukan penggantian di perusahaan asuransi.

4. Adanya Fasilitas Tambahan

  Adanya Asuransi Tambahan

Adanya Asuransi Tambahan via raiznerlaw.com

 

Tren yang terjadi dalam bisnis asuransi kini adalah mempaketkan beberapa kebutuhan umum masyarakat dalam sebuah paket asuransi. Misalkan saja asuransi pendidikan anak yang kebanyakan sudah dilengkapi dengan asuransi kesehatan atau kebutuhan asuransi lainnya. Hal ini jelas akan berpengaruh kepada seberapa besar premi yang harus Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi yang Anda jadikan tempat untuk mendapatkan asuransi tambahan. Semakin banyak fasilitas lain yang terangkum dalam satu paket asuransi akan semakin tinggi pula premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

5. Kemudahan dalam Mengajukan Klaim

Kemudahan Dalam Mengajukan Klaim

kemudahan Dalam Mengajukan Klaim via squarespace.com

 

Poin terakhir merupakan hal yang harus Anda perhatikan cukup penting. Kemudahan dalam melakukan klaim terhadap polis yang Anda miliki merupakan poin pertimbangan Anda untuk menentukan perusahaan asuransi mana yang terbaik bagi Anda dari sisi memberikan kemudahan dalam pengajuan klaim. Bahkan sebuah peusahaan asuransi di Indonesia kini ada yang menyediakan layanan pengajuan klaim selesai dalam waktu hitungan menit. Semakin baik reputasi perusahaan tersebut biasanya menyediakan pelayanan pengajuan klaim yang cepat dan mudah sehingga Anda lebih mendapatkan kepastian mengenai pembayaran yang sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Kita tidak pernah tahu apakah saat keadaan mendesak kita masih bisa melakukan transaksi tarik tunai, tanpa harus meminjam uang untuk membayar tagihan kesehatan di rumah sakit. Di sinilah peran perusahaan asuransi dalam menjalankan layanannya.

Jenis Asuransi yang Anda Dapat Pilih

Selain membahas poin-poin mengenai pertimbangan untuk menambah asuransi lain, ada satu jenis asuransi yang cukup penting namun tidak semua orang menyadari pentingnya asuransi ini. Jenis asuransi yang dimaksud merupakan asuransi jiwa. Asuransi ini menjamin dan memberikan perlindungan dalam bentuk dukungan finansial yang mungkin akan Anda butuhkan pada saat tertentu, misalnya ketika seseorang mulai memasuki masa pensiun. Pentingnya asuransi jiwa tidak hanya berhenti pada kehidupan pemegang polis namun juga orang-orang yang dicintai. Asuransi jiwa menjamin ketersediaan dana bagi anak atau famili yang membutuhkan bantuan dana Anda dan ini bisa diklaim ketika Anda meninggal.

Selain asuransi kesehatan, ketenagakerjaan, dan asuransi jiwa, masih banyak jenis asuransi lain yang sebaiknya Anda tahu untuk dapat memberikan proteksi terhadap Anda, keluarga, maupun aset. Misalnya ada yang namanya asuransi perjalanan. Premi yang dibayarkan tidak cukup mahal, sekitar Rp 25.000 untuk sekali perjalanan biasanya yang menawarkan fasilitas ini kepada para pengguna jasanya adalah jasa penerbangan. Kemudian ada juga yang namanya asuransi aset yang berfungsi melindungi aset yang Anda rasa memiliki nilai yang cukup tinggi dan perlu mendapatkan proteksi lebih misalnya untuk melindungi nilainya dari penurunan nilai mata uang nasional yang sedang terjadi.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tambah Asuransi Jika Memang Dibutuhkan 

Pentingnya kepemilikan asuransi merupakan hal yang harus disadari oleh masyarakat untuk mendapatkan jaminan bahwa kehidupan mereka turut dilindungi. Meski sudah memiliki BJPS tidak ada salahnya bila Anda ingin menambah asuransi untuk kebutuhan atau kepentingan yang Anda rasa cukup krusial. Namun pemilihan asuransi kesehatan dan lainnya juga tidak bisa sembarangan dan akan lebih baik bila mempertimbangkan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas sehingga mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi yang dimiliki.

asuransi-kesehatan-banner