Sukses Bangun Personal Branding Lewat Sosial Media dengan Cara Ini

Di era digital seperti sekarang ini banyak sekali sosial media (sosmed) bermunculan. Dengan sosmed, Anda dapat berbagi status, foto, video, maupun konten-konten menarik lain. Sosmed bisa jadi media tepat untuk menjalankan bisnis online karena lebih tepat sasaran, praktis, dan murah. 

Salah satu dampak positif dari penggunaan sosial media untuk membangun sebuah personal branding. Personal branding memiliki arti sebuah cara memasarkan diri atau imej Anda secara individu. Personal branding seringkali dikaitkan dengan suksesnya karier seseorang.

Untuk itu, bagaimana cara membangun personal branding lewat sosial media? Berikut tipsnya:

Baca Juga: Ini Dampak Buruk Terlalu Serius Main ‘Medsos’

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Tuliskan Siapa Diri Anda secara Menarik dan Jelas

  Menulis Biografi Diri di Sosial Media
Informasikan Diri Anda dengan Jelas dan Menarik

Jika ingin membangun personal branding di sosial media, pertama kali yang bisa dilakukan adalah mengenali diri lebih jauh. Kemudian deskripsikan diri dengan cara yang menarik di profil Facebook, bio Twitter, Instagram, maupun LinkedIn. 

Tulis personal interest di sosmed yang Anda punya. Hal ini berguna agar orang lain bisa mengetahui apa yang Anda sukai serta minati. Jika memiliki sosmed, seperti LinkedIn yang terkesan lebih formal, jangan lupa untuk mencantumkan keahlian dan kemampuan Anda.

2. Gunakan sebagai Media untuk Memperluas Jaringan Anda

  Memperluas Jaringan Sosial
Sosmed untuk Memperluas Jaringan

Jika Anda serius ingin mengembangkan karier dengan memanfaatkan sosmed, jangan sampai menggunakannya hanya untuk sekedar mengunduh foto selfie. Ketika menggunakan sosmed tentu ingin bersosialisasi dengan teman atau orang yang sudah dikenal. Bahkan ada dari mereka atau teman yang tidak Anda kenal.

Di sosial media Anda bisa saling membagi ide, berkolaborasi dalam menciptakan kreasi, berdebat, menemukan teman, rekan bisnis, pasangan, hingga membangun sebuah komunitas. Jaringan atau network pertemanan yang luas akan sangat membantu Anda, entah itu mengenai pekerjaan atau bisnis. 

3. Membuat Konten yang Berkualitas dan Bermanfaat

Konten Berkualitas
Bikin Konten yang Berkualitas

Ketika mempunya sosmed, coba untuk menulis atau membagikan konten-konten yang layak untuk dibaca, dinikmati, berkualitas, menarik, dan tidak mengandung SARA, pornografi, atau lainnya. Mengapa? Karena jika Anda pikirkan, siapa sih orang yang ingin melihat update status yang tidak penting.

Maka dari itu, ketika bermain sosmed, coba untuk menjadi seseorang yang memiliki opini tentang sebuah topik, berbagi pengetahuan tentang apapun. Sebarkan tulisan atau konten yang berguna dan yang bisa menjadi rujukan. Intinya, buatlah konten yang bisa bermanfaat di circle Anda.

Baca Juga: Manfaat Sosial Media untuk Mengembangkan Bisnis Sendiri

4. Gunakan Etika yang Baik

  Etika dalam Menggunakan Sosial Media
Gunakan Etika yang Baik

Sama seperti bergaul dengan orang di dunia nyata, ketika berinteraksi di dunia maya melalui sosmed pun Anda juga harus memiliki etiket yang sama. Cobalah untuk bersikap santun ketika menyapa, bahkan sampai berdebat dengan seseorang. Jangan lupa untuk tetap menghormati siapapun yang sedang berkomunikasi dengan Anda. Dengan adanya sikap positif ini, bisa membuat orang lain menjadi percaya pada Anda.

5. Manfaatkan Sosmed sesuai dengan Karakteristik dan Fungsinya

  sosial media
Manfaat Sosmed Sesuai Karakter dan Fungsinya

Di zaman modern seperti ini, ada banyak jenis sosmed. Namun masing-masing sosmed bisa dibedakan dari karakteristik dan bagaimana Anda memaksimalkan penggunaannya. Misalnya, karakteristik dari Twitter dan LinkedIn tentu saja berbeda. Jika bermain di Twitter, mungkin di sana Anda bisa menunjukkan identitas sebagai seseorang yang muda, gaul, dan humoris.

Namun di LinkedIn, personal branding Anda bisa berubah sebagai seseorang yang serius, profesional, dan kompeten. Selain itu, dari segi pemasangan foto avatar di LinkedIn, sebaiknya upload foto formal. Lain halnya di Twitter, Anda bisa tampil dengan foto yang lebih santai. Intinya, harus pandai dalam mempelajari ciri khas followers atau audiens dari media sosial tersebut guna membangun personal branding.

Cara Membangun Personal Branding Diri Sendiri

Poin pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding adalah menjadi pribadi yang jujur. Sebab jujur merupakan hal yang harus dimiliki setiap orang. Kedua, konsisten yaitu Anda harus memiliki sikap yang tegas terhadap pilihan yang Anda pilih dan menjalankannya dengan penuh tanggungjawab.

Ketiga, kritis yaitu jadilah orang yang kritis dengan memahami situasi dan kenali lawan bicara. Keempat, kreatif, dengan menjadi orang yang kreatif dengan memiliki percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang Anda punya di dalam diri. Kelima, stay humble, yaitu tetap rendah hati meskipun banyak orang yang berpikiran negatif mengenai hal ini.

Baca Juga: Pakai Tools Kekinian ini biar Jualan di Instagram Makin Laku