Sukses Berkat Coding, CEO CoderBunnyz Samaira Mehta Berbagi Resep Sukses

Samaira Mehta merupakan gadis cilik yang masih berusia 10 tahun yang berbeda dengan kebanyakan anak pada umumnya. Kecerdasan yang dimilikinya mampu memukau banyak orang di dunia. Usianya yang masih sangat belia, tapi gadis yang sering disapa Mehta ini sudah mendapat julukan sebagai coder dan programmer.

Dimulai sejak usianya masih enam tahun, gadis cantik kelahiran Silicon Valley ini sudah belajar tentang coding. Kesungguhannya dalam coding tersebut membuktikan dirinya mampu menciptakan sebuah board game atau papan permainan yang diberi nama CoderBunnyz di usianya yang menginjak delapan tahun.

Dari situlah, Mehta mulai sering mengenalkan coding kepada teman-teman seumurannya, sering diundang menjadi pembicara di sejumlah pertemuan di Silicon Valley dan menjual board game buatanya di Amazon. Bukan hanya itu saja, dirinya semakin dikenal banyak orang juga dikarenakan banyak media yang meliput hingga pada akhirnya muncul di salah satu stasiun TV dengan program ‘Powerpuff Girls” di dunia nyata.

Sukses dalam penjualan CoderBunnyz yang mencapai seribu kotak dengan hasil Rp531 juta, membuat CEO CoderBunnyz ini ingin menciptakan hal yang baru lagi. Kali ini, Mehta menggandeng sang adik yang berusia enam tahun untuk menciptakan papan permainan coding yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang diberi nama CoderMindz.

CoderMindz sendiri, mampu membuat anak-anak belajar membentuk pemikiran dasar AI, mulai dari melatih model, inferensi dan adaptive learning, sehingga nantinya akan terbentuk sebuah keterampilan anak untuk membuat sebuah robot.

Kehebatannya itu mampu melirik perhatian Google dengan menawarkan Mehta secara langsung untuk bergabung dan bekerja di perusahaan besar tersebut setelah lulus kuliah nanti. Tawaran yang diberikan oleh Chief Culture Officer Stacy Sullivan itu tidak langsung disetujuinya begitu saja melainkan, Mehta lebih suka menjadi pengusaha.

Resep Sukses Membangun Karir

Kesuksesan yang sudah diraih Mehta sejak kecil memang menjadi hal yang sangat mengagumkan untuk usia sepantarannya. Mehta pun ingin semua teman-temannya berhasil seperti dirinya. Untuk itu, Mehta membagi resep sukses membangun karirnya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Berani Coba

Mehta merupakan gadis cilik yang dibilang sangat teguh pada pendiriannya, termasuk pada moto hidupnya, yaitu tidak boleh takut pada kegagalan, tapi takutlah pada kesempatan yang tidak sempat dicoba.

Baginya, terus memiliki keinginan untuk mencoba hal baru merupakan sesuatu hal yang sangat bagus daripada tidak mencoba sama sekali yang justru bisa saja di kemudian hari akan muncul rasa penyesalan terdalam. Ya, memang benar yang namanya baru mencoba, pastinya hasil belum diketahui pasti. Tapi dari situlah kamu bisa terus belajar memperbaiki yang salah.

2. Kegagalan Kunci Kesuksesan

game
Kegagalan kunci kesuksesan via coderbunnyz.com

Mehta sendiri termotivasi dari Thomas Alva Edison yang mengalami kegagalan 300 kali sebelum ilmuan tersebut menemukan bola lampu.

Kesuksesan tidak bisa digapai dengan cara yang instan. Dalam prosesnya pasti pernah mengalami kegagalan yang jumlahnya lebih dari sekali. Tapi, Mehta sangat yakin dengan terus mau mencoba, belajar dari kesalahan sebelumnya, dan tetap semangat, kesuksesan akan semakin dekat.

Baca Juga: 10 Generasi Millenial Indonesia Masuk daftar 30 under 30 Asia Forbes 2018

3. Temukan Mentor Terbaik

Dalam menjajaki karir cemerlangnya, Mehta tidak berjalan sendirian. Ada empat orang mentor yang selalu berada di sekelilingnya. Selain ayah dan ibu tercintanya yang selalu mendampinginya, adapula dua sosok lain yang selalu membimbing Mehta dalam urusan bisnisnya, yaitu Lorin Wilson dan Karthi Gopalan.

Mehta beranggapan, mentor meruapakan kunci yang paling penting dalam menggapai kesuksesannya. Dengan adanya mentor, kamu akan dibantu sepenuhnya dalam menemukan jalan yang terbaik, walau jalan tersebut melewati terowongan gelap sekalipun.

Artinya, mentor akan terus memberitahu mana yang benar dan mana yang salah. Jika ada kesalahan dalam menyelesaikan prosesnya, pasti langsung diperbaiki hingga hasilnya benar.

4. Selalu Menyempatkan Waktu

game
Selalu menyempatkan waktu via coderbunnyz.com

Awalnya Mehta memiliki keraguan, apakah dirinya bisa menjalani kegiatan semuanya, lalu bagaimana caranya mengatur waktu antara sekolah, ekstrakurikuler dan bisnisnya?

Tapi Mehta yakin kalau dirinya pasti bisa menjalankan semuanya. Nyatanya, setelah menjalani pada waktu beberapa hari di awal, Mehta bisa mengerjakan kegiatannya. Saat pagi, dia menjalani sekolah dan dilanjutkan dengan ekstrakurikuler. Setelah itu, barulah dia fokus menjalani bisnisnya.

Mehta mengungkapkan, semua ini dilakukannya karena merasa senang dengan semua kegiatan tersebut. Maka tanpa disadari selalu ada waktu untuk semua kegiatannya yang padat.

Baca Juga: Bisnis Permen ‘Zollipops’ Antarkan Alina Morse jadi Remaja Kaya Raya

5. Lakukan yang Disuka

Setiap pelaku bisnis pastinya menjalankan bisnisnya sesuai dengan bidang yang digemarinya. Artinya, bisnis yang dipilih sesuai dengan passion. Misalnya saja kamu suka kulineran, maka tak ada salahnya mencoba bisnis kuliner. Dengan begitu, setiap proses dalam membangun bisnisnya akan dilakukan sepenuh hati.

Hal ini juga diungkapkan Mehta, kalau bisnis kamu menghasilkan keuntungan yang banyak tapi dalam menjalankannya karena terpaksa, lebih baik jangan dilanjutkan sebaiknya dihentikan saja. Sebab, bisnis yang dijalankan tidak sesuai dengan passion, mungkin saja bisnis yang dijalankan mengalami kemunduran.

Bimbing Si Kecil Sejak Dini

Milihat Samaira Mehta yang sudah meraih sukses sejak kecil, tentu membuat para orang tua lain menginkan hal yang serupa terhadap anak tercintanya. Namun, ingatlah tidak ada kesuksesan seorang anak yang diraih dengan secara instan. Butuh proses dan perjaungan yang panjang. Untuk itu, mulailah sejak dini kenali bakat anak, berikan pelatihan secara rutin, sehingga bakatnya terus diasah. Selain itu, jangan lupa untuk terus berikan semangat dan dorongan penuh kepada anak hingga menggapai suksesnya kelak.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari 5 CEO Brand Terkenal yang Tak Populer